Beranda
Destinasi Wisata
Lampung
Pantai
Pesawaran
Pulau
Pulau Pahawang Lampung - Daya Tarik dan Cara Mencapainya

Pulau Pahawang Lampung. Bagi traveler penggila wisata bahari, Indonesia laksana surga yang tak akan pernah habis untuk dijelajahi. Ribuan pulau tersebar dan menawarkan daya tarik tersendiri. Di dalam pulau-pulaunya yang indah, selalu tersaji pantai-pantai yang menawan.

Sementara itu, laut yang membiru terbentang tidak hanya melengkapi panoramanya, namun juga menyimpan kerajaan bawah laut yang mempesona. Bahkan, semua wujud keindahan tersebut sudah bisa terwakili oleh satu pulau saja, salah satunya adalah Pulau Pahawang.

Daya Tarik Pulau Pahawang

Pahawang merujuk pada gugusan pulau yang menghiasi laut di selatan Lampung. Lokasi tepatnya berada di daerah Marga Punduh, Kabupaten Pesawaran. Area pulau ini terbagi menjadi dua, yakni Pahawang Besar dan Pahawang Kecil.

Sebagai pulau utama, Pahawang Besar memiliki luas kurang lebih 1.000 ha dan berpenghuni sekitar 900 kepala keluarga. Adapun Pahawang Kecil luasnya hanya sekitar 13 ha dengan beberapa villa dan cottage yang sifatnya private resort milik warga negara asing.

Dulu, wisata Pahawang sebagai salah satu surga wisata bahari Indonesia jaranglah terdengar. Namun, seiring banyaknya promosi paket wisata Pulau Pahawang Lampung oleh biro perjalanan wisata, pulau ini dan sekitarnya menjadi populer di kalangan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Jika sobat tertarik liburan di Pahawang, sebenarnya pulau ini bisa Anda kunjungi sepanjang tahun, namun waktu paling ideal biasanya pada kisaran bulan Mei hingga Agustus.

Aktivitas di Pahawang Island

Sesuai dengan potensinya, snorkeling di Pahawang merupakan aktivitas utama. Meskipun area pulau ini hanya terbagi menjadi dua, namun dalam wisata Pulau Pahawang, setidaknya terdapat empat pulau utama yang biasanya menjadi tujuan wisata.

Selain Pahawang Besar dan Pahawang Kecil, ada juga pulau Kelagian Besar dan Kelagian Kecil. Spot-spot snorkeling banyak tersebar di keempat pulau tersebut, yang paling populer adalah Wisata Taman Nemo sebagai tempat untuk menikmati habitat alam ikan nemo.

Oleh karena itu, island hopping atau menjelajah pulau menjadi aktivitas yang wajib dilakukan untuk melengkapi pengalaman wisata. Selain untuk menikmati spot snorkeling yang berbeda, tiap pulau tentunya menawarkan panorama alam tersendiri.

Selain menawarkan keindahan bawah laut, pantai di Pahawang beserta pantai lain di pulau sekitarnya cenderung asri yang pastinya layak dijelajahi. Memungkinkan Anda menikmati indahnya sunrise dan sunset, serta melihat flora dan fauna khas hutan mangrove.

{next}

Fasilitas dan Biaya Liburan

Semua fasilitas umumnya tersedia di Pulau Pahawang Besar. Di pulau ini belum mendapat pasokan listrik. Penduduk setempat umumnya menggunakan genset. Terdapat beberapa fasilitas dan penginapan. Beberapa villa dan puluhan homestay tersebar di tiga dusun, yakni Pagetahan, Jelarangan, dan Cukuh Nyai.

Untuk perjalanan mandiri, ajaklah setidaknya 4 orang agar biaya lebih murah. Dari Bakauheni ke Ketapang membayar sekitar Rp 50.000 untuk naik bus dari Bakauheni ke Terminal Rajabasa, naik angkot ke Tanjung Karang, serta naik angkutan pick up ke Dermaga Ketapang. Bisa juga menyewa mobil sekitar Rp 200.000 - 250.000

Biaya sewa perahu ke Pulau Pahawang sekitar Rp 400.000 - 500.000 yang mampu menampung hingga 25 orang. Opsi lain bisa menyewa perahu harian agar bisa digunakan Island Hopping. Sementara itu, untuk homestay biasanya di tarif sekitar Rp 200.000 - 500.000 yang mampu menampung hingga 4 orang.

Biaya wisata Pahawang bervariasi dan bergantung bagaimana cara pergi ke sana. Jika memakai jasa paket wisata Pahawang, harganya berkisar Rp 250.000 - 450.000 per orang. Untuk kemudahan, saran terbaik memang memanfaatkan agen travel. Pastikan jeli dalam memilih layanan tour & travel atau gabungan open trip.

Rute Lokasi Pulau Pahawang

Semua rute ke Pulau Pahawang Lampung akan selalu melalui Pelabuhan Ketapang. Dari Pelabuhan Bakauheni dibutuhkan sekitar 3 jam perjalanan berkendara untuk sampai di pelabuhan tersebut. Selanjutnya, Anda bisa menyeberang menggunakan speed boat selama kurang lebih 20-30 menit untuk sampai di Pahawang Besar. Lihat Peta.