Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Coban Ringin Gantung Malang - Fasilitas, Harga Tiket dan Rute

Coban Ringin Gantung. Tumpang merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Malang yang turut serta mewarnai geliat wisata di Malang Raya. Selain sebagai satu-satunya pintu masuk wisata Bromo Semeru dari arah barat, wilayahnya juga mengoleksi sejumlah objek wisata alam lain berupa air terjun.

Bagi traveler penggemar sejuknya lereng pegunungan, datanglah ke Malang dan fokus ke daerah Tumpang. Beberapa wanawisata air terjun telah siap dan menanti dikunjungi. Jika sebelumnya telah terpublis perihal Coban Pelangi dan Coban Sumber Pitu. Artikel ini akan membahas air terjun Ringin Gantung.

Air Terjun (Coban) Ringin Gantung menghiasi keindahan lereng pegunungan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Berjarak dekat dengan Coban Sumber Pitu Tumpang karena terletak di satu desa yang sama, yakni Desa Duwet Krajan. Adalah ide bagus jika keduanya Anda jadikan satu paket petualangan.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

Perihal namanya, air terjun Coban Ringin Gantung merujuk pada pohon beringin (Jawa; ringin) yang tumbuh subur di sekitar tebing. Pohon tersebut menggantung di atas ketinggian dan turut menyempurnakan keeksotikan alam yang mengkombinasikan hijaunya tetumbuhan dan tebing cadasnya yang elegan.

Menikmati pesona ketenangan dan keindahan alam yang tersaji menjadi kegiatan utama yang mencakup keseluruhan kegiatan lain di wanawisata ini. Mencoba meresapi sejuk dan segarnya udara di sini pastinya mampu mengikis habis rasa penat yang sebelumnya mendominasi hari-hari Anda.

Selebihnya, dengan tetap menjaga etika seorang traveler budiman, lakukan aktivitas apa saja yang bisa menggembirakan petualangan Anda. Mungkin, mencoba lebih jauh menjelajah setiap sudut alam yang membentuk air terjun ini. Atau, bisa juga mencari spot terbaik untuk mengabadikan diri, selfie.

Seperti telah tersebut di awal, Coban Ringin Gantung Malang berlokasi cukup dekat dengan Air Terjun Sumber Pitu. Apabila durasi wisata kali ini berlebih, ada baiknya kedua objek wisata ini Anda jadikan satu tujuan. Meski sama-sama air terjun, pastinya masing-masing menawarkan citarasa yang berbeda.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Air terjun Ringin Gantung termasuk air terjun tersembunyi di Malang. Karena belum banyak yang mengetahui keberadaannya, otomatis masih minim fasilitas yang tersedia. Belum ada penetapan tarif masuk, namun beberapa warga biasanya meminta sumbangan seikhlasnya untuk perbaikan jalan.

Rute Lokasi Coban Ringin Gantung

Dari pusat kota Malang, untuk menuju air terjun ini sobat traveler bisa menggunakan arah ke Tumpang menuju kompleks wisata Gunung Bromo. Dari pasar Tumpang ke arah Gubuk Klakah hingga tiba di balai desa Duwet Krajan. Di balai desa tersebutlah tempat Anda memarkir kendaraan.

Lalu, perjalanan berlanjut dengan jalan kaki dengan rute yang cukup melelahkan. Ada beberapa petunjuk jalan yang mengarah ke Coban Ringin Gantung. Ada dua rute dengan jarak tempuh sekitar 2 km. Awalnya, temukan pertigaan dekat balai desa, bisa memilih arah ke kanan atau ke kiri.

Arah ke kanan cenderung lebih aman karena jika memilih ke kiri akan melewati tangga darurat dari bambu. Tangga menjadi lebih licin dan berbahaya di musim penghujan. Secara administratif, lokasinya berada di Dusun Krajan, Desa Duwet Krajan, Tumpang, Malang, Jawa Timur. Peta Lokasi.