Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Perawan Sidoasri Malang - Daya Tarik Wisata dan Rute

Pantai Perawan Sidoasri Malang. Sebagai salah satu surga wisata pantai di Jawa Timur, hampir selalu saja ada wisata pantai baru di Kabupaten Malang. Hanya sebagian kecil saja yang ramai dan populer, sementara sebagian besar yang lainnya masih jarang orang ketahui.

Misalnya Pantai Tambak Asri yang terkenal juga dengan nama Pantai Perawan Sidoasri. Saking tersembunyinya, bahkan masyarakat Malang sendiri jarang yang mengetahuinya. Berminat datang? Kunjungi pantai ini di Desa Sidoasri, Sumbermanjing Wetan, Malang, Jawa Timur.

Daya Tarik Pantai Perawan Sidoasri

Perihal namanya, penamaan Tambak Asri karena pada awalnya pantai ini berlokasi atau menjadi bagian dari Desa Tambakasri. Selanjutnya, terjadilah pemekaran wilayah sehingga Pantai Tambak Asri kini berada di Desa Sidoasri dengan nama baru Pantai Perawan Sidoasri.

Adapun sebutan Pantai Perawan mewakili kondisi alamnya yang masih alami dan jarang terjamah oleh para pelancong yang umumnya menyerbu Pantai Terkenal di Malang. Selain Pantai Tambakasri, di Desa Sidoari juga ada beberapa pantai, salah satunya adalah Pantai Klatakan.

Perihal keindahannya, bahkan keindahan alamnya akan memanjakan setiap pengunjung sejak mereka dalam perjalanan. Hamparan perkebunan cengkeh, kopi, coklat dan kelapa terhampar luas dan berpadu dengan lanskap berlatarbelakang moleknya jajaran pegunungan.

Meski kondisi jalan cukup memprihatinkan, namun tidak menanjak, setidaknya sejak kurang lebih satu kilometer sebelum masuk pantai. Dari sini, pengunjung akan melihat pohon bakau dan pohon kelapa yang berjajar sebagai pintu masuk alam Pantai Perawan Sidoasri Malang.

Pantai Tambak Asri atau Pantai Perawan memiliki bentuk seperti cekungan yang terapit oleh dua buah teluk. Hamparan pasir pantainya yang cenderung kecoklatan terhampar luas sejauh kurang lebih dua kilometer. Pasirnya berkarakter lembut dan bersih jauh dari kesan sampah.

Tersebutlah satu pulau bernama Pulau Yangke, sebagai pulau karang besar yang melengkapi pemandangannya. Warna laut yang membiru, perbukitan yang menghijau, bebatuan karang yang elegan, serta warna pasir kecoklatan yang khas turut mendefinisikan keeksotikan Pantai Perawan.

Nuansa menenangkan cukup terasa. Karena selain kondisi pantai yang sepi, semilir angin beserta harmoni suara alam yang ada mampu membuat siapapun tenang dalam balutan rasa manja. Tidak jarang, para penyu singgah untuk bertelur dan lumba-lumba juga kadang memasukinya.

{next}

Rute ke Pantai Tambak Asri Malang

Pantai ini terletak kurang lebih 70 kilometer dari pusat Kota Malang dan membutuhkan sekitar 3 jam perjalanan dengan berkendara. Dari Malang, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Kecamatan Turen. Dari Turen, akan ada dua opsi rute yang bisa sobat pilih untuk melanjutkan.

Pertama, mengambil arah ke Pantai Sendangbiru hingga di pertigaan beloklah ke kiri ke arah Klepu hingga menemukan jalan ke Desa Sidoasri. Rute kedua, dari Turen lanjut ke arah Dampit lalu terus ke selatan melalui Tirtoyudo. Dari Tirtoyudo, teruskan ke selatan menuju Desa Sidoasri.

Di desa Sidoasri, temukanlah petunjuk jalan menuju Pantai Tambak Asri Malang yang terkadang juga tertulis dengan nama Pantai Perawan Sidoasri Malang. Demi kemudahan, rekomendasi terbaiknya adalah Anda bisa menyempatkan diri untuk bertanya ke warga setempat.

Karena akses jalan cukup terjal dan sulit lagi sempit, gunakan kendaraan roda dua saja setelah sebelumnya juga memastikan benar kondisinya. Pantai ini sepi dan jauh dari pemukiman, jadi bawalah bekal karena minimnya fasilitas wisata. Untuk mempermudah, gunakanlah Peta Rute.