Wisata Mandeh Sumatera Barat - Daya Tarik, Fasilitas Wisata, Lokasi

Dengan luas daratan yang setara 2,17% luas Indonesia, alam Sumatera Barat (Sumbar) demikian kaya. Beragam objek wisata alam tersedia di wilayahnya. Anda, sebagai traveler pecinta keindahan wajib mengunjunginya. Jika bingung mulai dari mana, Kawasan Wisata Mandeh adalah opsi sempurna.

Kawasan Wisata Mandeh Sumatera Barat
credit: Fandi Yogari Saputra, CC BY-SA 4.0

Mandeh merupakan teluk sebagai bagian dari garis pantai Sumbar yang amat panjang, sejauh 2.420.357 km. Meski berbatasan dengan Padang, luas kawasan wisata ini ± 18.000 ha dan butuh sekitar 1,5 jam berkendara untuk mencapainya. Lokasinya berada di Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Mandeh Resort adalah destinasi wisata bahari Indonesia yang keindahannya sudah terkenal ke mancanegara. Bersama Biak dan Taman Nasional Bunaken, Mandeh masuk dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS). Jadi, apa yang Anda tunggu? jauhilah rumah untuk beberapa waktu.

Daya Tarik Wisata Mandeh Sumbar

Karena luas, Kawasan Wisata Mandeh Sumbar menawarkan keindahan yang sangatlah kaya. Bahkan jika Anda berangkat dari Kota Padang melalui Sungai Pinang, sepanjang jalan hanyalah kemolekan alam yang memanjakan mata. Meskipun berliku, namun akses jalannya bagus dan beraspal mulus.

Kawasan ini mencakup 3 nagari dengan 7 kampung di dalamnya, termasuk Kampung Mandeh atau yang bernama Mandeh Resort. Kampung ini berada di tengah Teluk Carocok Tarusan. Memiliki pantai yang landai dengan laut yang seolah tak berombak karena terhalang banyak pulau kecil di lepas pantainya.

Pulau Traju, Pulau Setan Besar dan Kecil, Pulau Sironjong Besar dan Kecil adalah beberapa pulau di sekitarnya. Termasuk juga Pulau Cubadak sebagai yang terbesar dan paling terkenal. Namun, pulau Mandeh Sumatera Barat tidak hanya itu. Pulau-pulau kecil lainnya berjajar melingkar di sisi utara.

Pulau Setan di Kawasan Mandeh Sumbar
credit: picryl.com

Spot terbaik untuk menikmati lanskap alam adalah di Puncak Mandeh. Jajaran pulau kecil yang tertata acak di tengah laut benar-benar memanjakan mata. Keindahan inilah yang membuat Kawasan Wisata Mandeh Sumatera Barat mendapat julukan Raja Ampat-nya Ranah Minang. Benar-benar menakjubkan.

Sementara itu di sisi selatan Kampung Mandeh, wisatawan bisa menikmati keeksotikan alam Kampung Carocok. Kampung ini menempati sebuah tanjung yang melengkung, menyerupai danau yang tenang dengan air yang sedikit bergelombang. Tidak ada yang perlu Anda lakukan, kecuali mengaguminya.

Pesisirnya yang landai bersambung dengan pesisir pantai Kampung Sungai Pisang. Menawarkan hamparan pasir putih yang teduh di beberapa bagian karena rindang pepohonan. Kedamaian dan kemolekan tidaklah berhenti, sebab 7 kampung di Mandeh yang dikembangkan untuk pariwisata.

Selain digambarkan mirip Raja Ampat Papua, Wisata Mandeh juga dijuluki The Paradise in the South (surga di selatan). Ini memang surga, setidaknya secuil mengingat betapa luasnya wilayah Sumatra Barat. Wisata Kepulauan Mentawai di Sumbar juga merupakan destinasi wisata yang mendunia.

Fasilitas Wisata Pulau Mandeh Sumatera Barat
credit: Ikhvan, CC BY 2.0

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Sebagai salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang diunggulkan, Kawasan Wisata Mandeh telah dilengkapi fasilitas yang memadai. Untuk konsumsi, tersedia warung-warung penjual makanan dan minuman yang bisa dengan mudah ditemukan di sepanjang jalan. Akses jalannya pun sangat bagus.

Untuk akomodasi, mudah juga menemukan tempat menginap di kawasan Mandeh. Sebagian besar penginapan di Mandeh berupa homestay yang dikelola masyarakat setempat. Harga permalamnya sekitar seratus ribu rupiah. Hanya saja, umumnya homestay di ssana hanya bisa dipesan secara offline.

Sejauh ini yang menerima booking secara online hanyalah resort, Cubadak Paradiso Village salah satunya. Resor di Pulau Cubadak tersebut, tarif permalamnya berkisar 1,5-2,5 juta rupiah. Selebihnya, Sumatera Barat memiliki beragam tempat wisata bertema alam yang semunaya menarik untuk dijelajahi.

Sebuah ide bagus jika wisata Pulau Mandeh Anda jadikan satu paket dengan menjelajahi tempat wisata di Painan. Atau, bisa juga menjelajahi Kota Padang. Jika memiliki durasi wisata berlebih dan ingin puas menjelajahi objek wisata di Sumatera Barat, saran terbaik mencari penginapan di Kota Padang.

Daya Tarik Wisata Puncak Mandeh Sumbar
credit: Ikhvan, CC BY 2.0

Rute Lokasi Kawasan Wisata Mandeh

Kawasan Wisata Mandeh Sumatera Barat berlokasi di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Jika berangkat dari Kota Padang, Anda bisa berkendara sejauh kurang lebih 56 km atau sekitar 1,5 jam. Akses jalannya bagus dan sudah beraspal hingga di lokasi, namun berliku naik dan turun.

Sedangkan jika berangkat dari arah Jambi atau Bengkulu, Anda bisa melalui Painan, ibu kota Kabupaten Pesisir Selatan. Dari Kota Painan, kawasan wisata ini berjarak kurang dari 30 km atau setara dengan 40an menit perjalanan berkendara. Untuk mempermudah perjalanan, silahkan melihat Peta Lokasi.

0 Comments

Posting Komentar