Tabiang Takuruang Agam - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Alam Indonesia itu luar biasa indah di sekujur bagian. Laut, pulau, pantai, serta pegunungan, semuanya tersedia. Di Sumatera Barat misalnya. Mulai dari Pantai Carocok, Wisata Mandeh, hingga Lembah Harau, semua menawan. Tabiang Takuruang pun demikian, ini adalah ikon dari Ngarai Sianok yang menakjubkan.

Tabiang Takuruang Ngarai Sianok Sumbar
credit: Fedofathuur, CC BY-SA 4.0

Jadi, sekali waktu, Anda perlu merencanakan wisata ke Sumatra Barat. Jelajahi dan kagumi molek alamnya. Jangan lupa kunjungi juga Tabiang Takuruang. Lokasinya di Sianok Anam Suku, lv Koto, Agam, Sumbar. Sebagai bekal informasi mengenai daya tarik, fasilitas, rute, serta harga tiket, baca ulasannya berikut ini.

Daya Tarik Wisata Tabiang Takuruang

Tabiang berarti tebing, sedangkan Takaruang bisa berarti terkurung. Nama ini merujuk pada lokasi tebing yang terletak di antara dua aliran sungai serta terapit oleh benteng tebing di kanan kirinya. Begitulah kira-kira sejarah penamaan tebing ini, namun sekarang sungai yang mengalir di bawahnya hanya tinggal satu.

Perubahan banyak terjadi sejak terjadi gempa bumi. Termasuk pada bentuk fisik tebing ini yang konon puncaknya cukup luas dan pernah didiami oleh sekelompok orang dari persukuan Chaniago. Kini, tebing setinggi 100 meter ini bentuknya meruncing, tidak bisa didaki. Hanya tersisa satu pohon di puncaknya.

Satu hal yang tak berubah adalah daya tarik alam yang selalu menakjubkan dari masa ke masa. Bahkan, menjadi salah satu destinasi wisata utama di kawasan Ngarai Sianok. Pemandangan alamnya sangatlah indah, lebih cenderung eksotis. Terutama dari ketinggian, lanskap lembah nan hijau begitu sedap di mata.

Fasilitas Wisata di Tabiang Takuruang Agam Sumbar
credit: instagram.com/bangkiteng_

Suasananya sejuk menenangkan, rimbun oleh berbagai jenis pepohonan. Bagi pecinta fotografi, Kawasan Wisata Tabiang Takuruang mempunyai banyak sudut eksotik. Pun demikian untuk traveler kekinian yang gemar swafoto atau selfie. Latar pemandangan alam nan cantik bisa menjadi spot foto yang instagenic.

Waktu terbaik ke Tabiang Takuruang adalah pagi. Selain sejuk, lanskap pagi di sini bisa memicu semangat tersendiri. Atau, bisa juga sore, menjelang malam, seiring senja perlahan datang, pemandangan matahari terbenam atau sunset di Tabiang Takuruang pastinya sangat mengagumkan di sejauh mata memandang.

Banyak aktivitas menarik di kawasan ini. Selain mengagumi alam sembari tenggelam dalam suasananya yang nyaman menenangkan, pengunjung bisa berwisata kuliner mencicipi makanan khas. Pical ayang, pical sikai, itiak lado ijau, dan lubang japang adalah beberapa makanan tradisional yang wajib Anda cicipi.

Bagi para petualang, melebar menjelajahi alam juga merupakan kegiatan menarik. Trekking menyusuri tepi sungai adalah ide bagus. Atau, bisa juga mencoba sensasi off road. Bagi traveler milenial yang suka spot foto instagramable, terdapat beberapa spot di ketinggian berlatarkan moleknya Tabiang Takuruang.

Harga Tiket Masuk Tabiang Takuruang Sianok Agam
credit: Fedofathuur, CC BY-SA 4.0

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Kawasan Wisata Tabiang Takuruang memiliki beberapa fasilitas penunjang. Di antaranya adalah sejumlah tempat kuliner, salah satunya bernama Taruko Cafe & Resto yang cukup ikonik di kompleks wisata ini. Kafe ini memungkinkan Anda bersantai sambil ngopi mencicipi kuliner di dasar lembah di tepian sungai.

Selain itu, bisa mencoba ke Kapatoman Cafe yang juga unik dengan bangunan berbentuk kapal. Di sini juga ada kolam renang dan opsi wahana outbound serta camping ground. Bagi pecinta alam, camping di kawasan ini tentunya menyenangkan. Berapa harga tiket masuk Tabiang Takuruang? sejauh ini gratis tanpa biaya.

Rute Lokasi Tabiang Takuruang Agam

Secara administratif, kawasan wisata alam ini terletak di Jorong Jambak, Sianok Anam Suku, Kec. Iv Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Lokasinya cukup dekat dengan Kota Bukittinggi, kira-kira 7 kilometer atau 15 menit berkendara. Rutenya mudah, namun sedikit berkelok-kelok dan berbatu. Lihat Peta Lokasi.