Pantai Nipah Lombok - Daya Tarik, Fasilitas Wisata, dan Rute Lokasi

Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat memiliki banyak pantai indah yang layak dikagumi. Begitulah adanya hingga rumah bagi suku Sasak ini banyak menarik kunjungan wisatawan, tak terkecuali traveler dunia. Dari sekian pantai indah di Lombok, tersebutlah Pantai Nipah sebagai satu yang mempesona.

Pantai Nipah Lombok
credit: instagram.com/adycandraa

Pantai ini melengkapi koleksi keindahan bahari yang ada di wilayah Lombok Utara. Berada di Pemenang, lokasinya tidak terlalu jauh dari tempat penyeberangan ke Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Meno. Anda bisa mengunjungi Pantai Nipah di Desa Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Daya Tarik Wisata Pantai Nipah

Dengan luas mencapai 30 hektare, Pantai Nipah Lombok menawarkan banyak sudut keindahan alam dan ragam aktivitas wisata bagi para pengunjungnya. Pesona alamnya nampak kentara melalui pasir putih yang terhampar luas memanjang, bentangan laut biru, serta latar rimbun hijau perbukitan.

Bahkan selama perjalanan menuju pantai ini, wisatawan akan dimanjakan dengan lanskap kecantikan alam. Melalui jalanan beraspal mulus sejak dari Pantai Senggigi, dengan kontur jalan berkelok-kelok naik-turun, sementara pemandangan laut dan bukit senantiasa menghibur sepanjang jalan.

Berhadapan langsung dengan Selat Lombok, Pantai Nipah menawarkan gelombang laut yang cenderung tenang dan nyaman dengan air yang jernih. Karena menghadap ke barat, di sini juga merupakan tempat terbaik untuk menikmati sunset di Pulau Lombok. Karena itu, pantai ini sangat cocok untuk bersantai.

Terlebih, Pantai Nipah sejak dulu terkenal sebagai tempat wisatawan berburu kuliner laut. Ikan bakar adalah menu andalan yang selayaknya Anda coba. Selebihnya, objek wisata ini juga menawarkan opsi wisata edukasi karena di sini merupakan salah satu tempat konservasi penyu di Pulau Lombok.

Jadi, sobat juga bisa mengenal lebih dekat satwa penyu, daur hidupnya, dan hubungan pelestarian penyu dengan terumbu karang. Penyu Lekang, Penyu Hijau, Penyu Sisik, dan Penyu Tempayan adalah beberapa jenis penyu yang ada. Tidak ada biaya jika ingin ikut serta, namun boleh juga jika berdonasi.

Rute Lokasi Pantai Nipah Lombok
credit: instagram.com/vian.inside

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Berlokasi di pinggiran Jalan Raya Senggigi, akses jalan menuju pantai sangatlah bagus dan mudah. Selain itu, sebagai salah satu tujuan wisata kuliner di Lombok, di pantai ini terdapat banyak opsi bersantap. Fasilitas wisata lainnya berupa tempat ibadah, lahan parkir yang memadai, gazebo, dan toilet.

Untuk menunjang aktivitas wisata, tersedia juga persewaan watersport, seperti kano, alat-alat snorkeling, dll. Pintu masuknya ada dua, fasilitas lebih lengkap jika Anda masuk di pintu masuk yang kedua. Harga tiket masuk Pantai Nipah Lombok gratis. Biaya hanya untuk parkir dan menyewa wahana watersport.

Fasilitas Wisata di Nipah Beach Lombok
credit: instagram.com/zainuri_efendi

Rute Lokasi Pantai Nipah Lombok

Seperti yang tersebut di awal, pantai ini berlokasi di tepian Jalan Raya Senggingi, di Desa Malaka, Pemenang, Lombok Utara. Kira-kira 40 menit berkendara ke arah utara dari Mataram. Lokasinya di dekat Bukit Malimbu. Jika menemukan papan bertuliskan "Pantai Nipah", berarti sudah sampai. Peta Lokasi.

0 Comments

Posting Komentar