Pantai Carocok Painan - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk & Rute

Terkenal dengan panorama alam yang cantik, Kabupaten Pesisir Selatan merupakan tujuan wisata terkenal di Sumatera Barat. Di sinilah lokasi Kawasan Wisata Mandeh yang pesona alamnya populer hingga mancanegara. Selain itu, Pesisir Selatan juga punya banyak pantai nan menawan. Pantai Carocok salah satunya.

Pantai Carocok Painan
credit: instagram.com/nolsix

Terutama jika Anda memiliki rencana liburan ke Mandeh, sempatkan berkunjung ke Painan. Di kota kecil yang menjadi ibukota Kabupaten Pesisir Selatan inilah Pantai Carocok berada. Sementara itu terkait daya tarik wisata, harga tiket masuk, serta fasilitas yang ada di sana, ketahui dengan membaca info wisata berikut.

Daya Tarik Pantai Carocok di Painan

Pantai Carocok merupakan salah satu tempat wisata terkenal di Sumatera Barat. Bukan hanya sebagai pusat hiburan bagi masyarakat di Kota Painan, khususnya di hari libur, pantai ini sering kali menjadi destinasi wisatawan dari luar Sumbar. Suasananya cenderung meriah karena lokasinya berada di sekitar Kota Painan.

Terkait keindahannya, Pantai Carocok Painan memiliki hamparan pasir yang putih dengan perairan yang tenang dan bersih. Laut indah membentang sejauh mata memandang, tanpa penghalang kecuali sejumlah pulau di lepas pantainya. Pulau Batu Kereta adalah yang terdekat, bahkan terhubung melalui sebuah jembatan.

Lalu, ada Pulau Cingkuak yang terkenal indah dan kaya akan wahana watersport. Pulau lainnya, yakni Pulau Semangki turut melengkapi pemandangan Carocok Beach, selain Bukit Barisan di kejauhan. Bahkan, panorama pantai ini juga berhias Bukit Langkisau yang merupakan spot terbaik menikmati sunset di Pesisir Selatan.

Dan, yang paling ikonik di kawasan wisata Pantai Carocok adalah bangunan masjid terapung, namanya Masjid Terapung Samudera Ilahi. Di sekitarnya terdapat taman bermain seluas 6 hektare. Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, masjid ini adalah daya tarik baru berkat keindahan arsitekturnya berlatar alam nan menawan

Salah satu yang menjadikan Pantai Carocok Painan populer adalah banyaknya hiburan atau aktivitas wisata. Di kawasan wisatanya telah tersedia berbagai opsi wahana seperti Banana Boat, Flying Fox, Speed Boat, Jet Sky, ATV, dan banyak lagi. Menariknya lagi, pantai ini juga mempunyai beberapa spot snorkeling dan diving

Intinya, banyak sekali kegiatan menarik, termasuk wisata sejarah terkait masa lalu yang terjadi di Pulau Cingkuak dan Pulau Batu Kereta. Pastikan saja bertahan hingga senja tiba karena sunset di Pantai Carocok sangatlah mempesona. Jika durasi liburan panjang, bisa juga mencoba wahana paralayang di Bukit Langkisau.

Harga Tiket Pantai Carocok Cingkuak Island
credit: Roby Edrian, CC BY-NC-ND 2.0

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Berada di lingkup kota Painan dan merupakan objek wisata terkenal di Pesisir Selatan, fasilitas di Pantai Carocok pun sangat lengkap dan memadai. Seperti yang telah tersebut di atas, berbagai wahana penunjang aktivitas pun telah tersedia. Biaya wahana wisata di pantai ini berkisar Rp 25.000 hingga Rp 150.000.

Untuk snorkeling, Anda bisa menyewa peralatan seharga Rp 50.000 dan telah lengkap dengan foto underwater. Jika ingin diving atau menyelam, biayanya berkisar Rp 400.000 - Rp 500.000 yang meliputi peralatan serta antar jemput ke spot penyelaman. Adapun biaya perahu ke Pulau Cingkuak sebesar Rp 20.000 pulang pergi.

Selebihnya, fasilitas lain mencakup berbagai pilihan warung atau tempat makan, lahan parkir yang sangat luas, dan tempat istirahat berupa gazebo. Tak ketinggalan akses jembatan penghubung ke Pulau Batu Kereta, serta tempat ibadah berupa masjid terapung yang juga menjadi daya tarik tersendiri di kawasan pantai ini.

Lalu, bagaimana dengan biaya masuk kawasan wisata Pantai Carocok? harga tiketnya sangat murah, yakni Rp 5.000. Biaya lain mencakup parkir kendaraan, yakni sepeda motor Rp 2.000, mobil Rp 5.000. Area parkir di Carocok Beach sangat luas dan bisa menampung bus. Parkir bus sedang Rp 10.000, parkir bus besar Rp 15.000.

Fasilitas Wisata di Carocok Beach Painan
credit: instagram.com/harsa84lunasee

Rute ke Lokasi Carocok Beach Painan

Karena berada di Painan yang merupakan kawasan ibukota Pesisir Selatan, rute ke Pantai Carocok Painan sangatlah mudah. Jika memakai kendaraan pribadi, Anda tinggal menuju ke Painan. Jaraknya kurang lebih 80 kilometer atau 2 jam durasi berkendara dari Kota Padang. Atau, 40 kilometer jaraknya dari Kawasan Wisata Mandeh.

Selain kendaraan pribadi, mencapai pantai ini juga bisa menggunakan transportasi umum. Bisa naik taksi ataupun bus. Dari Kota Padang, Anda bisa naik bus yang menuju ke Pasar Raya kemudian berpindah naik bus jurusan Painan dan turun di tepi pantai ini. Ada juga persewaan mobil jika Anda menghendaki. Manfaatkan Peta Lokasi