Beranda
Aceh
Destinasi Wisata
Pantai
Pulau
Sabang
Pantai Iboih Sabang - Daya Tarik, Fasilitas, Biaya Wisata & Rute

Pantai Iboih Sabang. Di seberang paling utara Pulau Sumatera, ada Sabang yang mempesona. Sebuah kota kepulauan molek berseri yang terkenal sebagai surga wisata bahari. Di sinilah Iboih berada, desa di kecamatan Sukakarya yang memiliki pantai indah merona.

Pantai Iboih namanya. Salah satu tujuan wisata utama di Sabang, Aceh. Berlokasi di ujung utara Pulau Weh, pulau terbesar di Kota Sabang. Berkat keindahan alam yang memikat, pantai ini menjadi tempat favorit wisatawan berekreasi dan melepaskan penat.

Sobat traveler punya rencana wisata? liburan ke Kota Sabang adalah ide yang sempurna. Pastikan mengunjungi Iboih, seperti turis-turis mancanegara yang juga mengunjunginya. Artikel ini bisa menjadi menu pembuka untuk memperkaya pengetahuan Anda tentangnya.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

Pada dasarnya, pantai yang memiliki nama lain Teupin Layeu ini merupakan sebuah pelabuhan. Dari sinilah wisatawan memulai kunjungan ke Pulau Rubiah, tujuan favorit lainnya di Sabang. Biasanya, wisatawan menjadikan Pantai Iboih dan Pulau Rubiah satu paket wisata.

Meskipun hanya sebuah pelabuhan, Iboih adalah pantai yang indah menakjubkan. Hamparan pasir pantainya putih bersih terlindungi oleh hijaunya hutan lindung. Sementara itu, perairannya yang dangkal dan berair jernih menghadirkan gradasi warna biru laut yang khas.

Tidak hanya menawarkan pemandangan pantai yang damai permai. Iboih juga tentang kemolekan bawah laut yang mempesona. Air yang jernih bak kristal cukup kentara mengabarkan keindahan yang ada di dasar perairan dangkal Pantai Iboih Sabang.

Apa yang Anda tunggu? segera datang untuk kemudian memasuki kejernihan itu. Tidak perlu dalam menyelam, cukup biarkan pandangan Anda memasuki untuk selanjutnya takjub pada apa yang tersaji di kedalaman. Ini berarti snorkeling merupakan aktivitas wajib di pantai ini.

Nikmatilah pengalaman bercengkerama dengan ikan-ikan hias yang berenang dan bersembunyi di balik karang. Jika terlanjur betah, bisa juga melanjutkan aktivitas menyelam di Pulau Rubiah. Mencoba menghayati keragaman hayati lebih dalam, puas dimanja keindahan.

Karena letak geografisnya, Pantai Iboih di Sabang kurang ideal untuk menikmati matahari terbenam atau sunset. Kebalikannya, gradasi warna pagi lebih menunjukkan citarasa alamnya. Setidaknya pada pukul 06.00 pagi, nikmatilah sunrise nan cantik di pantai ini.

Rekomendasi terbaik beraktivitas wisata di Pantai Iboih memang di pagi hari, termasuk snorkeling. Apabila Anda tidak bisa berenang, namun tetap ingin melihat keindahan bawah laut, bisa mencoba naik perahu dengan kaca di bawahnya. Harganya sekitar Rp 350K/10 org.

Selain aktivitas snorkeling dan diving, jelajah perairan di sekitar dengan menyewa perahu juga sangat menarik. Mungkin Anda perlu juga menjelajahi pantai, menikmati kuliner di dermaga dan bisa juga bersafari di hutan yang berlokasi dekat dengan Taman Laut Rubiah.

{next}

Biaya dan Fasilitas Pantai Iboih

Sebagai daerah tujuan wisata favorit di Kota Sabang, Desa Iboih menawarkan fasilitas wisata yang sangat beragam. Selain sebagai dermaga dengan beragam pilihan transportasi laut, di Iboih juga banyak tersedia tempat kuliner. Untuk akomodasi, cek daftar berikut ini:

Karena daya tarik utama Pantai Iboih terletak di bawah lautnya, snorkeling dan diving merupakan aktivitas utama. Terkait hal ini, Anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa peralatannya. Tersedia penyewaan peralatan snorkeling dan diving lengkap di pantai ini.

Berikut ini merupakan daftar perkiraan biaya wisata di Pantai Iboih Sabang, kecuali biaya perjalanan dari Banda Aceh ke Sabang. Untuk biaya perjalanan dari Banda Aceh ke Pulau Weh di Sabang, Anda bisa temukan pada bagian rute dan lokasi di bawah daftar ini.

KeteranganHarga
Alat Snorkeling± Rp 50.000
Diving + Instruktur± Rp 400.000
Perahu Ke Pulau Rubiah / Paket Wisata
PP Iboih (4 org)± Rp 150.000
Keliling Pulau Rubiah± Rp 150.000
One Day Snorkeling Trip± Rp 750.000
Half Day Snorkeling Trip± Rp 370.000
Perkiraan Harga Penginapan di Iboih
AC + Kamar Mandi Dalam± Rp 350.000
Kamar Mandi Dalam + Kipas Angin± Rp 250.000
Kamar Mandi di Luar± Rp 150.000
Note: biaya wisata ke Pantai Iboih dalam daftar di atas tidak selalu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Iboih Sabang

Dari Banda Aceh, sobat traveler bisa segera menuju ke Pelabuhan Ulee Lheue. Di pelabutan itu terdapat dua opsi transportasi laut ke Pulau Weh di Sabang, kapal feri atau speedboat. Dengan tarif sekira Rp 50.000 dan durasi kira-kira 45 menit, speedboat beroperasi 2x sehari.

Sementara itu jika lebih memilih menggunakan kapal feri, biayanya tentu lebih murah, yakni Rp 20.000. Hanya saja, durasi perjalanannya bisa mencapai 2 jam. Sesampainya di Pulau Weh, Anda bisa naik angkutan umum ke Desa Iboih dengan durasi kira-kira 40 menit. Peta Lokasi.