Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Malang
Malang Raya
Pantai
Pantai Jonggring Saloko Malang - Fasilitas, Harga Tiket & Rute

Karena wilayahnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, banyak sekali Pantai Indah di Malang Selatan. Salah satunya adalah Pantai Jonggring Saloko. Jika sobat traveler ingin menikmati keindahannya, bisa datang ke Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

Mungkin tidak berlebihan jika kecantikan pantai ini telah juga diisyaratkan melalui namanya yang berasal dari cerita pewayangan. Pantai Jonggring Saloko mewakili nama kahyangan, tempat kediaman Batara Narada yang bijaksana. Jadi, selamat datang di pantai kahyangan dan persiapkan banyak ketakjuban.

Tahukah Anda? Di sinilah tempat terjadinya fenomena alam langka yang diklaim satu-satunya di Indonesia atau bahkan dunia. Adalah Watu Ngebros, sebuah batu karang besar yang memuncratkan air ke angkasa. Fenomena tersebut merupakan hasil pertemuan gelombang air besar dari selatan dan utara.

Kedua gelombang saling bertabrakan di satu titik hingga menimbulkan suara bergemuruh begitu keras. Bahkan ketika gelombang air besar, suara gemuruh terdengar hingga radius tujuh kilometer. Menariknya, ketika terkena pancaran sinar matahari, pecahan air di udara itu pun memunculkan pelangi.

Tentu! pelangi tidaklah terjadi setiap hari, bergantung pada besarnya arus gelombang dan arah sinar matahari. Selain itu, Jonggring Saloka memiliki hamparan pasir halus kehitam-hitaman, birunya laut serta perbukitan karang. Pesona lainnya termasuk Teluk Menjangan, Gunung Pacar dan Kondang Towo.

Untuk memaksimalkan liburan, mendirikan tenda adalah ide bagus. Pantai Jonggring Saloko merupakan salah satu pantai tersembunyi. Maka dari itu, siapkan jiwa petualangan Anda. Suka berenang? bermain air bukanlah ide bagus, ombak di pantai ini lumayan besar. Namun, Anda bisa berenang di muara.

Percayalah dan siapkan banyak ketakjuban pada alam. Menjelajahi pantai adalah kegiatan yang sempurna, bahkan bisa jadi lupa aktivitas lainnya setelah sadar betapa keeksotikan pantai ini membius Anda. Sempatkan juga mengabadikan kenangan di saat seluruh tubuh terbalut kehitaman pasir pantai ini.

{next}

Fasilitas di Pantai Jonggring Saloko

Pantai ini sangat tersembunyi, bahkan mungkin sedikit yang tahu keberadaannya. Hal ini memungkinkan minimnya fasilitas atau bahkan tidak ada sama sekali. Jika sampai di depan gardu penjualan tiket, Anda akan menyadari hal ini. Jadi, siapkan segala sesuatu yang menjadi kebutuhan dasar Anda.

Bagaimana dengan harga tiket masuk Pantai Jonggring Saloka? Pintu gerbang pantai ini tidaklah terawat tanpa penjaga. Artinya tidak perlu uang sepeserpun untuk masuk ke pantai ini. Yang perlu Anda bawa hanyalah bekal dan fisik yang prima. Di sini tidak tersedia warung penjual makanan atau selainnya.

Rute Pantai Jonggring Saloka Malang

Pantai Jonggring Saloko Malang berjarak kurang lebih 80 kilometer ke selatan dari Kota Malang. Butuh durasi perjalanan kendaraan bermotor berkisar 3 jam untuk mencapainya. Kurang lebih 10 kilometer sebelum sampai di lokasi pantai, Anda harus berhadapan dengan medan yang cukup ekstrim.

Keadaan itu mengharuskan adanya persiapan matang termasuk fisik dan bekal, tidak terkecuali kondisi kendaraan. Jangan membawa mobil jenis sedan, setidaknya Anda harus mempertimbangkan membawa mobil dobel gardan. Bagi yang ingin membawa kendaraan roda dua, pastikan kondisinya prima.

Dalam hal ini rute terbaik dari Kota Malang ke Pantai Jonggring Saloko adalah sebagai berikut : Dari pusat kota Malang ke Kepanjen. Lalu, melanjutkan perjalanan ke daerah Pagak kemudian ke Donomulyo hingga akhirnya menuju lokasi pantai ini.  Untuk mempermudah perjalanan, gunakanlah Peta Rute.