Pantai Papuma Jember - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Pantai Papuma Jember. Bagi penggemar wisata alam, memilih Jawa Timur sebagai destinasi adalah ide bagus. Provinsi paling timur di Pulau Jawa ini sangatlah kaya akan sudut alam nan molek. Suka dengan pantai? Jawa Timur siap dengan ratusan pantai yang siap memanjakan siapa saja.

Pantai Papuma Jember
credit: Francis ROBERT, CC BY-NC-SA 2.0

Selain di wilayah Malang dan Banyuwangi, wisata pantai di Jawa Timur juga tersebar di beberapa daerah, tidak terkecuali di Kabupaten Jember. Saran terbaik, datanglah ke Pantai Tanjung Papuma atau Pantai Papuma Jember. Salah satu pantai tercantik yang terkenal dengan pesona pasir putihnya.

Daya Tarik Wisata Pantai Papuma

Papuma merupakan singkatan dari Pasir Putih Malikan. Indah pasir pantainya didukung oleh hamparan bebatuan yang ketika disapu ombak saling terberai membalik. Lanskap alam melalui kombinasi pantai dan laut terlalu menawan dan menjadi magnet yang menarik kekaguman siapa saja.

Rimbunnya hijau perbukitan serta beberapa bebatuan karang raksasa di tengah laut turut menyempurnakan keeksotikannya. Bahkan tidak hanya itu, selain sebagai obyek wisata alam, kawasan Pantai Tanjung Papuma Jember juga menawarkan pengalaman wisata sejarah berupa Gua Jepang.

Menurut warga, goa yang katanya dibuat di masa penjajahan Jepang ini berfungsi untuk memantau sekutu dari arah laut. Jadi, bersegeralah datang untuk sepenuhnya bersenang-senang di dalam keindahan. Sebelum berangkat, untuk memperkaya informasi lanjutkan dulu membaca artikel ini.

Fasilitas Wisata di Pantai Papuma Jember
credit: M Reza Faisal, CC BY-NC-ND 2.0

Aktivitas di Pantai Tanjung Papuma

Sudah semestinya sobat menyiapkan banyak energi wisata beserta rasa bahagia ketika sampai di pesisir pantai ini. Sejenak berhenti dan mengambil nafas panjang. Kemudian lepaskan perlahan sembari sejauh mata memandang menikmati sekujur lanskap pantai yang menakjubkan.

Bukankah sobat salah satu traveler beruntung? maka bersyukurlah karena masih diizinkan menikmati alam seindah ini. Jika suka berswafoto atau selfie, Pantai Tanjung Papuma kaya sudut alam yang menawan. Susurilah pasir putihnya dan temukanlah spot terbaik yang Anda suka.

Seperti umumnya pantai selatan, Papuma kurang ideal untuk berenang. Meski demikian, ketika ombak bersahabat, di beberapa bagiannya bisa juga mencoba lebih dekat dengan air. Selanjutnya, lebarkan penjelajahan ke Goa Jepang dan mencari tahu mitos-mitos yang menyelimuti sejarah pantai ini.

Ada mitos tentang pulau tak bernama, ada juga mitos tentang Batu Malikan yang konon menjadi saksi Raden Mursada dan Mursaud memancing ikan ajaib Raja Mina. Ada juga Goa Lawa yang dihuni banyak kelelawar yang juga tak luput dari mitos persemayaman Dewi Sri Wulan.

Di beberapa bagian, pantai ini juga dipercantik jajaran perahu tradisional berwarna-warni. Cobalah mendekat, perkaya pengalaman dengan berperahu ke tengah laut. Apapun aktivitasnya, usahakan untuk tiba pada keindahan panorama senja. Jika terlanjur betah, bisa juga bermalam dengan mendirikan tenda.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Papuma
credit: musicexpression, CC BY-NC 2.0

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sebagai salah satu objek wisata andalan Jember, Papuma memiliki fasilitas memadai. Ada banyak pondok dan cottages, lobby room, dan cafe yang juga memiliki penginapan. Ada juga fasilitas pre wedding photo session, Outdoor Papuma Learning Centre (PLC), serta 3 area camping ground, dll.

Keterangan Harga
Hari Biasa IDR 15K
Hari Libur IDR 20K
Tiket Wisman IDR 30K
Parkir Motor IDR 2K
Parkir Mobil IDR 5K
Parkir Bus IDR 10K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute dan Lokasi Tanjung Papuma Jember

Lokasi Pantai Papuma Jember berada di Jl. Tj. Papuma, Lojejer, Wuluhan, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Akses jalan cukup mudah dengan membutuhkan perjalan berkendara sekitar 1 jam dari pusat kota Jember. Untuk mempermudah perjalanan Anda, manfaatkan peta lokasinya, Di sini.

0 Comments

Posting Komentar