Pantai Telawas Lombok - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Pantai Telawas. Dianugerahi keindahan alam yang menakjubkan, Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat selalu punya cara memanjakan setiap pengunjungnya. Pantai adalah menu utama di sana. Sebagian telah terkenal mendunia, sebagian besar lainnya masih menyembunyikan keindahannya.

Pantai Telawas Lombok
credit: Ramantara, CC BY-SA 4.0

Di antara jajaran pantai tersembunyi di Lombok, tersebutlah satu pantai bernama Telawas. Meski berjarak tidak jauh dari Pantai Selong Belanak yang terkenal, pantai ini sangat pintar menyembunyikan molek alamnya. Masih jarang dikunjungi sehingga terlihat lebih alami, sangat asri dan berseri.

Jadi, kini sobat telah memiliki ide melanjutkan petualangan. Kunjungi Pantai Telawas. Secara administratif, pantai ini bisa Anda kunjungi di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Untuk mendapatkan gambaran yang baik sebelum berkunjung, tuntaskan dulu membacanya.

Daya Tarik Pantai Telawas di Lombok

Telawas hadir sebagai satu pantai eksotik dengan dominasi batuan karang beraneka bentuk dan ukuran. Alam membentuk pemandangannya sedemikian rupa. Perbukitan karang yang mengalun tak beraturan terselimuti rimbun hijaunya tetumbuhan. Keragaman batu-batu merangsang estetika melalui warna basah dan elegan.

Apabila wisata pantai Lombok lain menghadirkan keindahan yang cenderung polos dan datar, Telawas tidak demikian. Lanskap pantai ini begitu kaya dan tidak biasa. Sangat unik dengan komposisi karang yang terkesan tajam, sementara di beberapa bagian laut tertanam pulau-pulau karang melengkapi elok alamnya.

Gelombang laut cukup besar menerjang karang yang kekeh mempertahankan eksistensinya. Sebagian air pun terjebak di sela-sela karang membentuk semacam kolam alami sebagai tempat ideal untuk Anda membasahi diri. Meski tak terlihat mendominasi, ada juga hamparan pasir putih cukup landai untuk bersantai.

Secara keseluruhan, Pantai Telawas menawarkan panorama yang maskulin dan sangar. Sangat ideal bagi petualang seperti Anda yang menghendaki wisata yang tak biasa. Diperlukan kehati-hatian jika ingin lebih puas menjelajahinya karena bentuk karang seperti patahan yang tajam. Unik, demikianlah citarasa pantainya.

Pantai Telawas Lombok cocok bagi traveler penyuka landscape photography. Banyak sudut eksotik yang bisa diabadikan. Suka selfie? lakukan saja namun carilah tempat aman dan tetap hati-hati. Pantai Semeti dan Pantai Mawi merupakan pantai tetangga yang bisa juga Anda jelajahi. Ada juga Pantai Munah di sisi selatannya.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sebagai tempat wisata, pantai ini dalam proses pengembangan, terutama dalam hal fasilitas penunjang. Sejauh ini telah tersedia gazebo-gazebo di ruang terbuka yang juga berfungsi sebagai camping ground. Biaya camping IDR 25K sudah termasuk tiket masuk. Sewa tenda mulai IDR 50K, Campfire IDR 20K.

Fasilitas lainnya mencakup lahan parkir dan toilet atau kamar mandi. Bagaimana dengan harga tiket masuk? jika tidak ada perubahan, untuk memasuki pantai ini, Anda hanya perlu membayar biaya 5 ribu rupiah saja. Tarif yang tak seberapa dibandingkan dengan pengalaman dan keindahan yang tersaji di sana.

Rute dan Lokasi Pantai Telawas Lombok

Pantai Telawas berada dekat dengan Pantai Mawi dan Pantai Selong Belanak, salah satu pantai terindah di Lombok. Lebih tepatnya beralamat di Desa Mekar Sari, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah. Kurang lebih 55 km jika dari Kota Mataram dengan durasi perjalanan berkendara sekira 1,5 jam.

Jika berangkat dari Bandara Internasional Lombok, pantai ini berjarak sekitar 27 km atau 46 menit berkendara. Untuk rute bisa memakai rute ke Pantai Selong Belanak. Dari Mataram, lanjutkan perjalanan ke arah bandara hingga di perempatan dekat Masjid Jami' Penujak. Belok ke selatan ke Jl. Selong Belanak.

Ikuti terus jalan tersebut sejauh 17 km atau 28 menit berkendara dan belok ke kiri menuju ke Jl. Mawun kemudian belok kanan di Jl. Pantai Mawi. Lanjutkan perjalanan tersebut sampai di penghabisan jalan. Jalan ini memberikan pilihan, bisa ke Pantai Mawi, Pantai Semeti dan Pantai Telawas. Peta rute Di sini.

0 Comments

Posting Komentar