Beranda
Bandung
Destinasi Wisata
Gunung
Jawa Barat
Stone Garden Citatah - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket Masuk

Stone Garden Citatah. Sebagai salah satu wilayah metropolitan terbesar di Indonesia, Bandung Raya menjanjikan beragam pengalaman wisata menarik bagi pengunjungnya. Selain terkenal melalui wisata kuliner dan belanja, Bandung juga sebagai destinasi wisata alam yang benar-benar memanjakan.

Di antara yang terunik, terindah dan bersejarah ada Stone Garden di Puncak Gunung Pawon. Sobat traveller bisa mengunjunginya di kawasan Citatah, Girimulya, Gunungmasigit, Cipatat, Bandung Barat. Sebelum bernama Stone Garden Geopark, obyek wisata ini dulunya terkenal dengan nama Pasir Pawon.

Daya Tarik Wisata Stone Garden Citatah

Nuansa purba sangatlah terasa dari hamparan bebatuan raksasa yang mendominasi kawasan ini. Mengisyaratkan bahwa pegunungan kapur di sepanjang Citatah sangatlah erat kaitannya dengan danau purba yang menggenangi Bandung di masa purbakala. Sama halnya dengan danau Sanghyang Heuleut.

Kota Bandung merupakan cekungan raksasa sebagai sisa dari surutnya danau tersebut. Di tempat yang berada di ketinggian 709 mdpl ini, pengunjung bisa mendapati beragam fosil binatang koral. Keberadaan fosil-fosil tersebut juga membuktikan bahwa dataran tinggi Bandung dulunya merupakan lautan dangkal.

Koral yang hidup kemudian mati dan saling menimbun satu sama lain di satu tempat hingga menjulang seukuran bebatuan gamping. Untuk sekarang ini, semua peninggalan alam itu menyisakan keeksotikan alam yang memadukan komposisi bebatuan karst dengan rimbun kehijauan yang menyelimutinya.

Aktivitas Wisata di Stone Garden Citatah

Dengan area yang luas, Stone Garden Geopark memungkinkan setiap pengunjung untuk tetap sibuk dalam liburan mereka. Penjelajahan bisa menjadi aktivitas menarik yang wajib bagi setiap wisatawan yang mengunjunginya. Melebarlah dan temukan sudut-sudut terbaik menurut Anda, abadikanlah.

Sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar wisatawan untuk berswafoto dan mengabadikan keberadaan mereka. Bukanlah ide buruk jika sobat traveller juga melakukannya, carilah titik terindah sebagai latarbelakang Anda bergaya dan tunjukkan bahwa sobat layak menjadi bagian dari keindahan itu.

Terlepas dari aktivitas mainstream tersebut, menghayati alam adalah ide yang sempurna. Bukankah Anda adalah salah satu yang beruntung mendapatkan kesempatan berada di tempat semolek ini?. Nikmatilah udara sekitar sembari terus takjub dengan pemandangan yang tersaji di depan mata.

Selain itu, bisa juga menikmati aktivitas para penambang batu kapur. Kawasan Citatah juga sebagai daerah pertambangan kapur yang produktif sejak pertengahan abad ke-19 hingga sekarang. Jika energi wisata sedikit berlebih, sangat menarik jika sobat menyempatkan diri mengunjungi Goa Pawon.

Ketahuilah bahwa di gua tersebut untuk pertama kalinya KRBC (Kelompok Riset cekungan Bandung) menemukan situs purba di kawasan ini. Penemuan fenomenal pada akhir Desember 2000 itu mendapatkan berbagai benda, di antaranya berupa alat batu dan tulang, gerabah, sisa tulang, dan gigi binatang.

Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Kawasan wisata alam ini belumlah terkelola secara maksimal. Sehingga pengunjung membutuhkan energi lebih jika ingin mencapai puncaknya. Melalui jalan setapak, setidaknya Anda akan berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer hingga tiba di Puncak Gunung Pawon yang menjadi lokasi Stone Garden Geopark.

Sementara itu, fasilitas umum untuk kebutuhan dasar bisa  Anda temukan di sekitar lahan parkir. Di sana terdapat warung penjual makanan dan minuman, tempat ibadah, pondok atau gazebo, serta toilet atau kamar mandi bersih. Berikut ini adalah daftar harga tiket masuk Stone Garden Citatah Padalarang:

KeteranganHarga
Tiket Masuk± Rp 10.000
Parkir± Rp 10.000
Note: harga tiket masuk yang tersebut di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu

Obyek wisata ini berjarak kurang lebih 30 km dari Kota Bandung. Butuh durasi sekitar 1 jam berkendara. Bisa menggunakan rute keluar Tol Padalarang lalu menuju Padalarang-Cipatat-Gunung Masigit. Bagi yang menggunakan sepeda motor, bisa melalui jalur Cimahi-Padalarang-Cipatat. Gunakan Peta Lokasi