Beranda
Bandung
Ciwidey
Destinasi Wisata
Gunung
Jawa Barat
Ranca Upas Ciwidey Bandung, Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Ranca Upas Bandung. Wisata alam adalah satu opsi wisata yang paling digemari banyak orang. Di alam terbuka yang menawan, wisatawan bisa dengan leluasa meremajakan kembali pikiran mereka. Semakin menyenangkan jika tempat tersebut mendukung untuk sebuah wisata keluarga.

Di Bandung, tepatnya di kawasan wisata Ciwidey banyak sekali ditemukan objek wisata alam dengan lokasi yang cukup berdekatan. Selain pergi ke Kawah Putih dan Situ Patenggang, Anda bisa mencoba sensasi bertahan di alam terbuka di Ranca Upas atau Kampung Cai Ranca Upas.

Ranca Upas merupakan salah satu bumi perkemahan yang ada di Bandung, Jawa Barat. Lokasinya berada di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11. Dari Kota Bandung, berjarak kurang lebih 50 km ke arah selatan. Tertarik liburan ke tempat ini? tuntaskan membaca sebagai bekal informasi.

Daya Tarik Wisata Ranca Upas Ciwidey

Ranca Upas Ciwidey yang terhampar seluas 215 hektar ini berada pada ketinggian 1700 mdpl. Dikelilingi oleh hutan lindung yang kaya akan keragaman flora dan fauna. Menjadi rumah bagi beragam jenis burung dan beberapa jenis satwa lainnya. Ada penangkaran rusa di dalamnya.

Bumi perkemahan ini kabarnya dijadikan salah satu tempat latihan Kopassus. Di masa lalu merupakan hutan yang lebat dengan rawa yang luas. Selanjutnya, oleh Perhutani dijadikan hutan lindung dan dibukalah lahan untuk Camping Ground di wilayahnya.

Perihal namanya, dalam bahasa Sunda, Ranca berarti rawa, dan Upas adalah nama petugas Perhutani yang melegenda di kawasan Gunung Patuha. Diceritakan, dia adalah seorang Belanda berbadan kekar dan tinggi. Dia meninggal ketika bertugas menjelajahi rawa. Mayatnya lenyap tidak diketemukan.

Ada mitos yang berkembang di masyarakat yang meyakini arwah Upas masih ada di alam dunia ini. Sekitar 1960-1980, banyak warga yang mengaku bertemu Upas di hutan. Konon, mereka melihatnya memakai topi koboi berseragam Perhutani dengan kepala menunduk tertutup topinya yang lebar.

Mitos lain adalah tentang seorang yang menemukan sebongkah batu berbentuk mirip seekor macan yang sedang duduk. Kisah lain yang tak kalah menariknya adalah saat pembangunan penangkaran rusa. Dulu rusa-rusa hanya mau dipanggil dan diberi makan oleh juru kunci, Abah Taji namanya.

Untuk sekarang ini, rusa-rusa yang ada telah menjadi daya tarik tersendiri di bumi perkemahan yang memiliki suhu udara berkisar 17 °C - 20 °C ini. Setiap wisatawan yang berkunjung bisa dengan mudah berinteraksi dan menikmati aktivitas dari makhluk bertanduk indah tersebut.

Aktivitas di Kampung Cai Ranca Upas

Sebagai salah satu objek wisata Bandung paling populer, Ranca Upas menawarkan banyak aktivitas pada pengunjungnya. Kegiatan utamanya, tentu saja berkemah. Lahan yang bisa digunakan sangatlah luas, sehingga pengunjung bisa mendirikan tenda dilokasi yang mereka suka.

Kegiatan camping di sini ideal bagi keserbajenisan wisatawan. Tidah ada batasan usia sehingga cocok bagi mereka yang berwisata keluarga bersama anak-anak tercinta. Bagi mereka yang tidak membawa perlengkapan tenda, banyak varian tenda yang disewakan oleh pihak pengelola.

Selama berada di objek wisata ini, jangan lupa untuk mencoba lebih dekat dengan rusa-rusa di penangkarannya. Memberi makan, berfoto, atau sekedar merasakan sensasi menyentuh langsung bulu-bulu mereka. Tidak ada pembatas antara pengunjung dan rusa. Di temani pawangnya, setiap pengunjung bisa berinteraksi langsung.

Kawasan wisata ini memiliki udara yang sejuk. Jadi, usahakanlah untuk berkeringat dengan melakukan beragam kegiatan outbond yang tersedia. Anda bisa mencoba seru-seruan di fun games, trekking di hutan, menyewa ATV dan lain sebagainya. Jangan lupa mencoba wahana waterboom dan kolam air panasnya.

Fasilitas Wisata Ranca Upas Bandung

Ranca Upas Bandung merupakan kawasan wisata dan bumi perkemahan dengan fasilitas yang sangat lengkap. Fasilitas dasar di antaranya ada kamar mandi umum atau toilet, warung penjual makanan dan minuman, lahan parkir yang luas, dan sarana ibadah berupa Masjid.

Fasilitas penunjang wisata juga sangat lengkap. Ada Penangkaran Rusa, ATV, Kolam Renang Air Panas, Waterboom, Fun Games, Outdoor Gathering, Paint Ball, dan masih banyak lagi. Tidak terkecuali fasilitas berupa Camping Ground yang mampu menampung hingga 10K orang.

Bagi yang tidak ingin bermalam dengan mendirikan tenda. Ada banyak akomodasi yang tersedia di sekitar kawasan wisata. Mungkin saja Anda ingin mencoba bermalam di Patuha Resort sebagai opsi penginapan paling dekat. Selain itu banyak sekali penginapan di Ciwidey di dekat Ranca Upas.

Harga Tiket Masuk dan Biaya Lainnya

Kawasan wisata dan bumi perkemahan ini dibuka 24 jam setiap harinya. Di bawah ini telah disertakan rincian biaya atau harga tiket untuk menikmati apa yang ada di dalamnya. Untuk kegiatan berkemah, agar hemat bisa membawa tenda dan peralatan sendiri.

KeteranganHarga
Tiket MasukDomestikRp 25.000 + Rp 15.000 (camping)
 MancanegaraRp 44.000 + Rp 15.000 (camping)
ParkirRoda 2Rp 6.000 + Rp 16.000 (camping)
 Roda 4Rp 11.000 + Rp 29.000 (camping)
 Roda 6Rp 27.000 + Rp 61.000 (camping)
Wahana WisataKolam RenangRp 22.000
 PaintballRp 125.000
 ATVRp 150.000
 ArcheryRp 35.000
 Kuda TunggangRp 35.000
 Petik StrawberryRp 60.000
 Onsen OnlyRp 28.000
 Iglo Camp OnlyRp 700.000 - Rp 900.000 (weeked)
 Campervan Park AreaRp 250.000 - Rp 530.000 (+ tenda)
 Healing ForestRp 350.000 - Rp 845.000/pax
Lain-lainShootingRp 3.000.000
 PreweddingRp 750.000
 Booking AreaRp 500.000
Note: harga tiket Ranca Upas Ciwidey di atas tidak selalu akurat karena berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Rancaupas dari Bandung

Seperti yang telah tersebut di awal artikel ini, Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey beralamatkan di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Sekitar 50 km dari Kota Bandung ke arah selatan. Estimasi berkendara sekitar 1,5-2 jam jika melalui jalan tol Soroja.

Objek wisata ini mudah Anda temukan karena pintu masuknya berada di pinggir jalan raya Ciwidey-Patengan. Tidak jauh dari objek wisata Kawah Putih terdapat gerbang besar untuk memasuki kawasan wisata ini. Jika dari arah Ciwidey, gerbang tersebut bisa ditemukan di sebelah kanan jalan.

Jika Anda sebelumnya menggunakan jalan tol, setelah keluar dari gerbang tol Soreang, belok ke kanan ke arah Ciwidey. Lanjut terus hingga tiba di pasar Ciwidey dan melanjutkan ke arah Rancabali atau Situ Patengan. Untuk mempermudah perjalanan Anda, manfaatkan peta lokasinya, di sini.