Beranda
Bandung
Ciwidey
Danau
Destinasi Wisata
Gunung
Jawa Barat
Kawah Putih Ciwidey - Sejarah, Fasilitas, Harga Tiket, dan Rute

Kawah Putih Ciwidey. Alam telah begitu baik, termasuk dalam hal memuaskan kebutuhan estetik para pengagumnya. Semua orang pasti suka untuk setidaknya sejenak menjadi bagian dari keindahan alam. Entah itu alam pantai maupun pegunungan.

Jika sobat traveler adalah salah dari mereka dan kekeh menjadikan Bandung sebagai tujuan utama. Sebuah ide sempurna untuk pergi ke selatan, ke Kawah Putih di kawasan Ciwidey. Lokasi tepatnya berada di Sugihmukti, Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat.

Kawah Putih merupakan objek wisata alam berupa Danau Kawah yang terbentuk dari letusan Gunung Patuha. Danau vulkanik yang berlokasi di sekitar kawasan wisata Ciwidey ini sangat eksotik, terutama melalui komposisi warna alamnya yang tampak muda.

Perairannya mengkombinasikan warna putih biru kehijau-hijauan bercampur belerang khas alam pegunungan. Semakin unik ketika terkadang airnya mengesankan perubahan warna. Desain kawah pun semakin sempurna dengan latar pemandangan Gunung Patuha.

Sejarah Kawah Putih Ciwidey

Dalam catatan sejarah, semenjak letusan hebatnya pada abad ke-10, Gunung Patuha sempat dianggap sebagai kawasan angker oleh masyarakat sekitar. Salah satu alasannya adalah masyarakat melihat setiap burung yang melintas di atasnya selalu mati.

Anggapan tersebut membuat banyak orang tidak berani mendekati gunung berketinggian 2.434 mdpl tersebut setidaknya hingga tahun 1837. Demi ilmu pengetahuan, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn memutuskan mencari tahu hingga berhasil mencapai puncak.

Ketika itu dia mendapati sebuah danau berwarna putih dengan aroma belerang yang menyengat. Sejak saat itu, keberadaan danau perlahan terkenal. Pada tahun 1987, pemerintah mulai mengembangkan danau di ketinggian +2090 mdpl tersebut sebagai tempat wisata.

{next}

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

Sejauh ini, danau Kawah Putih telah menjadi salah satu tujuan utama bagi para pelancong yang datang ke daerah Ciwidey di selatan Bandung. Kawasan Ciwidey sendiri memang terkenal dengan beragam obyek wisata alam. Termasuk Situ Patengan yang juga populer.

Daya tarik alam yang terkesan romantis dari danau kawah di Gunung Patuha benar-benar memukau banyak orang. Jadi, pastikan sobat traveler datang dan menjadi satu di antara wisatawan yang beruntung berkesempatan menikmati keeksotikan alamnya.

Sudah dimaklumi bahwa setiap sudut alam pegunungan memang mempesona. Untuk itu persiapkanlah banyak ketakjuban namun tetaplah terjaga dalam etika. Tentu, Andalah yang paling tahu bagaimana cara terbaik untuk menikmati wisata kali ini.

Mencoba lebih bersemangat, melebar untuk menjelajah setiap bagiannya adalah ide yang sempurna. Jangan lupa, selalu persiapkan sebuah kamera di tangan, cobalah lebih teliti pada spot-spot terbaik yang paling Anda suka, abadikanlah keindahan itu.

Untuk Anda ketahui, di kawasan ini juga telah dibangun Dermaga Ponton, yakni sebuah jembatan terapung di tengah danau. Jika selfie merupakan aktivitas wajib bagi Anda, adalah ide bagus jika masuk ke dermaga dan mencari spot terbaik untuk bergaya.

Selebihnya, selain kegiatan wisata yang umumnya dilakukan oleh para wisatawan. Objek wisata alam di Bandung ini juga memungkinkan setiap wisatawan untuk melakukan banyak hal menarik lainnya. Jangan lupa mencoba aktivitas hiking dan berkuda.

{next}

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai obyek geo wisata yang populer di Bandung, Kawah Putih Ciwidey memiliki beragam fasilitas. Ada berbagai tempat makan, tempat ibadah, pusat informasi, toilet serta transportasi dari gerbang menuju ke danau. Berbagai penginapan terletak tidak jauh dari lokasi.

KeteranganHarga
Tiket Masuk WisnusRp. 28.000
Tiket Masuk WismanRp. 81.000
Jembatan ApungRp. 15.000
Kuda TunggangRp. 50.000
Wahana ArcheryRp. 20.000
Taman Bermain MiniRp. 20.000
View Deck Sunan IbuRp. 11.000
Tiket Masuk TerusanRp. 69.000
Parkir BawahRoda 2Rp. 8.000
Roda 4Rp. 15.000
Roda 6+Rp. 35.000
Parkir di Pusat KawahRp. 162.000
Jasa Ontang-antingRp. 29.000
Note: harga tiket masuk Kawah Putih dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Danau Kawah Putih

Wisata Kawah Putih Ciwidey terletak kurang lebih 60 km dari Bandung atau 2 jam berkendara dengan akses jalan yang mudah dan bagus. Dari Kota Bandung, lanjut ke selatan hingga ke Jalan Raya Soreang-Ciwidey. Dari jalan tersebut, jaraknya masih sekitar 27 km ke selatan. Peta Lokasi.