Beranda
Banyuwangi
Budaya
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Desa Wisata Osing Kemiren - Sejarah, Fasilitas dan Harga Tiket

Desa Wisata Osing Kemiren. Sunrise of Java, Banyuwangi, selalu memiliki banyak alasan untuk dikagumi. Alamnya indah, melalui gunung-gunung yang menjulang, melalui pantai-pantai yang menawan. Juga, tentang suku Osing yang eksotik, seni dan budayanya.

Beberapa tahun terakhir, pariwisata Banyuwangi sedang berbinar. Sebagai kawasan transit wisatawan yang ingin ke Bali, memberi kesempatan pada kabupaten di ujung timur Pulau Jawa ini untuk tampil memikat, menebarkan potensi alam budayanya.

Desa Wisata Osing atau lebih tepatnya Desa Adat Osing Kemiren adalah satu daya tarik khas Banyuwangi. Dengan segala keunikannya, desa cagar budaya ini berhasil memikat hati para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara (wisman).

Sebuah ide bagus jika sobat punya rencana wisata ke Banyuwangi. Selain menjelajahi Kawah Ijen, G-Land dan Baluran yang telah mendunia itu, pastikan juga berkunjung ke Desa Kemiren. Artikel ini bisa menjadi menu pembuka pengetahuan Anda tentangnya.

Sekilas Sejarah Desa Adat Osing Kemiren

Merujuk situs kemiren.com, desa ini lahir tahun 1830-an di zaman Belanda. Bermula dari keengganan warga desa Cungking kembali ke desanya demi menghindari tentara Belanda. Desa Cungking sendiri berjarak sekitar 5 km ke arah timur Desa Kemiren.

Sebelum menjadi perkampungan, wilayah Kemiren hanyalah berupa hamparan sawah dan hutan milik warga Desa Cungking. Karena dulunya di area tersebut banyak tumbuh pohon kemiri dan durian, seiring waktu desa ini pun dinamakan Desa Kemiren.

Secara administratif, desa adat Osing ini berada di Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Adapun secara historis geneologis-sosiologis, nilai tradisional Osing masih sangat kental dalam tata kehidupan sosio-kultural di Desa Kemiren.

Oleh karena itu, Gubernur Jawa Timur Basofi Sudirman (1993-1998) menetapkan desa ini sebagai Kawasan Wisata Desa Adat Osing. Osing merupakan sebutan penduduk asli Banyuwangi. Istilah lainnya adalah Wong Blambangan atau Laros (akronim Lare Osing).

Aktivitas dan Daya Tarik Desa Wisata Osing

Berkunjung ke Desa Wisata Osing Banyuwangi bisa memberi pengalaman wisata yang sangat berkesan. Di desa cagar budaya inilah setiap wisatawan bisa merasakan lebih dekat dengan sebenar-benarnya Bumi Blambangan, Banyuwangi.

Beragam atraksi disajikan. Khususnya Barong Osing yang khas dan tarian Gandrung yang kini menjadi ikon dan maskot Pariwisata Banyuwangi. Wisata Budaya, Wisata Edukasi dan Wisata Kuliner semuanya bisa dinikmati di desa unik ini.

Nikmatilah pengalaman memasak kuliner khas Osing di dapur tradisionalnya. Atau, belajar menyangrai, menumbuk, mengayak dan mengemas kopi secara tradisional. Jangan lupa, cicipi juga nikmatnya Kopi Osing yang terkenal itu.

Bisa juga mempelajari gerak-gerak tari dan mencoba memainkan alat musik Banyuwangi. Angklung Pagak adalah salah satu yang unik. Coba juga belajar atau memperhatikan langsung proses pembuatan batik khas suku Osing Banyuwangi.

Tidak hanya itu, bahkan Anda juga bisa belajar bertani. Menanam padi, membajak sawah hingga bermain dengan lumpur. Selebihnya, dalam satu tahun ada 3 festival di sini, yakni Ritual Ider Bumi, Tumpeng Sewu, dan Ngopi Sepuluh Ewu.

Fasilitas Wisata Desa Kemiren Banyuwangi

Sejak tahun 1995, Bupati Purnomo Sidik (1991-2000) telah membangun anjungan wisata yang terletak di sebelah utara desa. Anjungan wisata tersebut dibentuk sedemikian rupa. Mengusung konsep untuk menyajikan miniatur rumah-rumah khas suku Osing.

Pembangunan anjungan berfungsi sebagai tempat mempertontonkan kesenian dan memamerkan hasil kebudayaan warga setempat. Seiring berjalannya waktu, fasilitas wisata dan akomodasi Desa Wisata Osing Banyuwangi ini pun semakin lengkap dan memadai.

Desa Wisata Osing Kemiren Banyuwangi juga memiliki museum modern yang mengoleksi berbagai perlengkapan dan pernik kebudayaan Suku Osing. Selebihnya, ada juga sejumlah sanggar, kolam renang, area bermain, tempat kuliner dan puluhan homestay.

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Desa Kemiren

Berikut adalah rincian harga tiket masuk Desa Wisata Osing Banyuwangi disertai dengan biaya-biaya lain, seperti kuliner dan penginapan. Jika ingin lebih puas, bisa mencoba paket wisata yang ditawarkan BUMDES di Desa Kemiren. Lihat Peta.

KeteranganHarga
Harga Tiket± Rp 5.000
Jajanan± Rp 5.000 - Rp 12.000
Makanan± Rp 20.000
Minuman± Rp 4.000 - Rp 7.000
Homestay± Rp 150.000/mlm
Note: harga tiket Desa Wisata Osing Kemiren di atas tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.