Banyuwangi Jawa Timur Pantai

Pantai Sobo Banyuwangi - Info Fasilitas, Harga Tiket, dan Rute

0 Komentar
Beranda
Banyuwangi
Jawa Timur
Pantai
Pantai Sobo Banyuwangi - Info Fasilitas, Harga Tiket, dan Rute

Pantai Sobo Banyuwangi. The Sunrise of Java sangat melekat sebagai julukan Kabupaten Banyuwangi. Lokasinya yang berada di ujung paling timur Pulau Jawa, sehingga menjadi daerah yang pertama kali terkena sinar matahari terbit (sunrise) di Pulau Jawa.

Pesisir pantai merupakan salah satu tempat paling ideal untuk menikmati keindahan matahari terbit. Selain Pantai Boom, di dekat Kota Banyuwangi juga terdapat pantai lain. Salah satunya Pantai Sobo yang menawarkan keindahan pagi dengan latar Pulau Bali.

Liburan ke Banyuwangi, sempatkanlah waktu mampir ke pantai ini. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota, kurang lebih 5 km. Pantai Sobo berlokasi di desa bernama sama dengan pantainya, yakni di Desa Sobo, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur.

Daya Tarik Wisata Pantai Sobo

Terdapat pemukiman nelayan di sekitar pantai ini. Ada tempat penjemuran hasil laut di dekatnya, sehingga bau amis cukup melekat di beberapa sudut. Meski demikian, secara keseluruhan pantai ini menawarkan citarasa alam tersendiri, nampak indah ketika pagi.

Satu hal yang ikonik dari Pantai Sobo adalah keberadaan bangunan yang menjorok ke laut. Seperti rumah yang memiliki dermaga, mungkin bekas tambak udang sudah tak berfungsi. Memang pantai ini dekat dengan tambak udang hanya terbatasi jajaran pohon bakau.

Sejauh ini, bangunan tersebut menjadi tempat strategis untuk menikmati pantai ini. Terkadang pengunjung menaikinya agar mendapatkan pemandangan laut yang lebih sempurna. Terutama jika datang di saat yang tepat, pagi hari saat mentari perlahan menampakkan diri.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Pantai ini cenderung sepi pengunjung, sehingga fasilitas yang ada tidaklah terlalu lengkap. Namun, kalau hanya fasilitas dasar, ada beberapa warung di sekitarnya. Ada juga lahan parkir yang luas, kamar mandi, hingga lahan untuk berkemah. Harga Tiket Masuk? Gratis!

Lokasi dan Rute ke Pantai Sobo

Dari pusat kota Banyuwangi, pantai ini bisa Anda capai dengan mudah menggunakan mobil atau sepeda motor. Sobat bisa menggunakan rute melalui perempatan BNI 46, lalu belok ke timur, ikuti terus jalan tersebut hingga sampai di pertigaan, kemudian belok ke kanan.

Lanjutkan hingga menemukan pertigaan lagi (tower pemancar) dan belok ke kiri. Ikuti saja jalan tersebut sampai tiba di sebuah pemukiman. Temukanlah jalan kecil ke arah timur menuju ke pantai. Agar tidak salah masuk gang, tanyakan pada warga setempat. Peta Lokasi.