Bukit Holbung Samosir - Daya Tarik Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Sebagai danau vulkanik terbesar di dunia, keindahan Danau Toba di Sumatera Utara terbentang dengan luasnya. Banyak cara dan banyak spot untuk menikmatinya. Salah satu spot terbaiknya adalah Bukit Holbung. Sebuah area berbukit-bukit yang menjadi bagian dari Kabupaten Samosir, kabupaten termuda di sana.

Bukit Holbung Samosir
credit: unsplash.com/@hengyao

Danau Toba adalah salah satu destinasi unggulan Indonesia yang dikagumi masyarakat dunia. Jadi, sudah semestinya sobat menempatkannya di daftar atas dalam rencana wisata kali ini. Terutama bagi para petualang, di antara sekian banyak objek wisata di Danau Toba, Bukit Holbung adalah rekomendasi terbaiknya.

Selain menghadirkan suasana nyaman perbukitan dengan pemandangan Danau Toba yang menawan, Holbung juga tentang Huta, istilah etnografis untuk desa persekutuan hukum dan adat terkecil dalam budaya Batak. Karena kentalnya nuansa budaya, pengalaman wisata pun menjadi lebih berkesan. Jadi, datanglah!

Daya Tarik dan Aktivitas Wisata

Setiap traveler unik dalam menikmati masa-masa berpetualang mereka. Namun, memulai aktivitas dengan mencoba meresapi budaya yang ada adalah ide yang sempurna. Untuk diketahui, Huta Holbung merupakan pemukiman tua yang sudah berusia lebih dari 200 tahun. Setidaknya ada 500 orang yang tinggal di sana.

Meski demikian, tentu Bukit Holbung tetap menjadi daya tarik utama. Komposisi alam begitu baik mencipta keindahan. Gundukan bukit sabana indah memanjakan mata. Bukit Teletubbies terkenal sebagai julukan tempat ini. Jadi, bisa dibayangkan keindahannya, terlebih perairan Danau Toba terbentang di sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Bukit Holbung
credit: ButetSinaga, CC BY-SA 4.0

Dari lokasi parkir, hanya butuh kurang lebih 15 menit trekking. Meski menanjak, jalan setapak buatan warga setempat cukup bersahabat. Sepanjang perjalanan itu, alam senantiasa menghibur melalui keindahannya atau melalui sepoi-sepoi semilir anginnya. Setibanya di puncak, jujurlah bahwa sobat semakin terpesona.

Bagi para petualang alam seperti Anda, camping sudah menjadi semacam keharusan. Bukit Holbung Samosir adalah tempat yang ideal untuk merealisasikannya. Sejak 2016 silam, Holbung adalah destinasi camping favorit muda-mudi Sumatera Utara. Bertahanlah, biarlah keindahan pagi dan senja membahagiakan Anda.

Jika memang sebelumnya telah mempersiapkan durasi wisata yang panjang, banyak juga objek wisata menarik di Danau Toba. Salah satu yang terdekat adalah Air Terjun Turbo atau yang juga terkenal dengan nama Sampuran Bolon. Hanya perlu trekking kurang lebih 50 menit dari Bukit Holbung untuk mencapai air terjun tersebut.

Harga Tiket Masuk Bukit Holbung

KeteranganHarga
Tiket MasukIDR 10K
Parkir KendaraanIDR 5K-10K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.
Rute Lokasi Holbung Danau Toba
credit: unsplash.com/@leosagala_

Rute Lokasi Bukit Holbung Samosir

Secara administratif, lokasi Bukit Holbung di Danau Toba berada di Dolok Raja, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Sejauh ini terdapat beberapa rute untuk mencapainya dan bergantung juga dari mana arah kedatangan Anda. Jika berangkat dari Kota Medan, sobat perlu berkendara sejauh hampir 200 km.

Dari Medan, bisa melalui Jalan Jamin Ginting menggunakan jalur Tanah Karo, Merek, dan Sidikalang dengan durasi perjalanan 6-7 jam. Opsi lain, Anda juga bisa melalui jalan tol Medan-Tebing Tinggi, Pematang Siantar, Perapat, Merek, dan Sidikalang. Hanya saja, rute yang kedua ini lebih jauh, kurang lebih 8 jam perjalanan.

Sementara itu, apabila Anda sudah berada di Kota Pangururan Samosir, bukit ini berjarak kurang dari 25 km atau sekitar 1 jam untuk mencapainya. Rute dari Pangururan Samosir memungkinkan Anda melewati pinggiran bukit dengan akses jalan cenderung sempit, beberapa bagian jalannya sudah diperbaiki. Peta Lokasi.

0 Comments

Posting Komentar