Beranda
Bangka Belitung
Belitung
Destinasi Wisata
Pantai
Pulau
Pulau Lengkuas Belitung - Daya Tarik, Aktivitas, Rute dan Biaya

Pulau Lengkuas Belitung. Indonesia kaya destinasi wisata bahari dan Pulau Belitung di Kepulauan Bangka Belitung adalah salah satu yang terbaik di antaranya. Pulau di lepas pantai timur Sumatera ini menawarkan berbagai potensi alam. Tidak terkecuali keindahan alam yang luar biasa.

Selain pantai-pantainya yang berjajar bersih dan indah, serta bukit-bukit yang pasti menyejukkan mata. Pulau Belitung juga mencakup sejumlah pulau kecil yang molek menawan di lepas pantainya. Pulau Lengkuas merupakan objek wisata pulau yang menjadi primadona pariwisata di sana.

Sobat seorang traveler penyuka bahari? sekali waktu rencanakanlah perjalanan ke Pulau Belitung. Jelajahi pulau penghasil lada putih dan timah putih ini. Jangan lupa mampir ke Pulau Langkuas. Lokasinya berada di utara Pantai Tanjung Kelayang, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Daya Tarik Pulau Lengkuas Belitung

Indah dan alami. Demikianlah pulau mungil bernama Lengkuas ini. Saking mungilnya, untuk mengelilingi keseluruhan areanya Anda hanya butuh waktu kurang lebih 20 menit saja. Tanpa terasa, karena pemandangannya memanjakan mata. Luasnya hanya sekitar 1 hektar saja.

Selain hamparan pasir pantai yang putih dan bentang laut berair jernih, mercusuar adalah satu hal yang paling ikonik di pulau ini. Mercusuar itu masih berfungsi hingga sekarang, meskipun sudah berusia 2 abad lebih. Ini adalah peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1882.

Wisata bahari di Pulau Belitung sangat khas terutama melalui keberadaan bebatuan granit. Berjajar dan tersusun indah melengkapi komposisi alamnya. Bebatuan yang diperkirakan usianya mencapai 65-200 juta tahun tersebut juga melengkapi keindahan Pulau Lengkuas.

Namun, semua itu hanya tentang pemandangan di permukaan pulaunya saja. Lebih jauh dari itu, di kedalaman airnya, pulau ini juga menawarkan surga bawah laut yang menakjubkan. Gugusan terumbu karang yang indah lengkap dengan aktivitas ikan yang berwarna-warni.

Aktivitas Menarik di Pulau Lengkuas

Berwisata ke pulau sama halnya dengan wisata ke pantai. Aktivitas wisatawan paling umum adalah bermain di pasir, bermain air atau berenang. Anda juga bisa melakukannya di Pulau Lengkuas Belitung. Bersantai atau bisa juga menyusuri pasir putihnya atau bermain air berenang di kejernihan airnya.

Namun, cukup berbeda dengan yang lainnya, pulau ini memungkinkan setiap wisatawan untuk menikmati pemandangan yang lebih sempurna. Anda bisa memasuki dan menaiki mercusuar yang berketinggian kurang lebih 50 meter itu. Cukup melelahkan karena harus melalui ratusan anak tangga.

Meski demikian, lelah Anda akan segera terbayar lunas bahkan berlebih ketika menyaksikan pemandangan dari atas ketinggian. Bentang laut biru nan luas terlihat cantik sejauh pandangan 360 derajat. Berhias tatanan acak bebatuan granit dan pulau-pulau indah yang ada di sekitarnya.

Selanjutnya, cobalah melihat keindahan bawah laut dengan snorkeling atau diving di perairan sekitar pulau. Selain keragaman hayati berupa terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang saling berkejaran, keunikan bawah laut perairan di sekitar Pulau Lengkuas di Belitung adalah Wreck Indomarine.

Wreck Indomarine adalah bangkai kapal Indomarine yang tenggelam pada tahun 1999 yang lalu. Bangkainya masih teronggok di bawah laut dengan hiasan terumbu karang yang tumbuh di dindingnya. Karena banyak ikan di perairan ini, para nelayan setempat pun banyak yang mendatanginya.

Selebihnya, setiap pengunjung bisa melakukan banyak hal, seperti berswafoto atau bagi yang suka fotografi, banyak objek pemandangan yang bisa diabadikan. Bisa juga island hopping ke Pulau Burung, ke Pulau Pasir atau juga ke Pulau Kepayang yang menjadi tempat penangkaran penyu.

Rute Lokasi dan Cara Menuju ke Pulau

Seperti yang tersebut di awal artikel ini. Pulau Lengkuas berada di sebelah utara Pantai Tanjung Kelayang. Secara administratif pulau ini masuk di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Belitung. Bisa dicapai dari 3 tempat, yakni Tanjung Kelayang, Tanjung Binga dan Tanjung Tinggi.

Jika melalui Tanjung Kelayang durasi nya sekitar 20 menit. Atau dari Tanjung Binga dan Tanjung Tinggi namun durasi perjalanannya agak lama, kurang lebih 30-45 menit. Biaya sewa perahu berkisar antara IDR 350K - 500K per rombongan. Harga ini bergantung pada tempat keberangkatannya. Lihat Peta.