Beranda
Badung
Bali
Destinasi Wisata
Pantai
Pantai Tegal Wangi Jimbaran - Daya Tarik dan Fasilitas Wisata

Jimbaran merupakan satu titik kegemerlapan wisata pantai Bali. Lokasinya yang strategis dekat Nusa Dua dan Bandara Ngurah Rai menjadikan Jimbaran termasuk salah satu destinasi favorit wisatawan Bali. Meski demikian, kawasan wisata ini juga memiliki ruas pantai yang tersembunyi, yakni Pantai Tegal Wangi.

Pantai Tegalwangi berada di satu area dengan Pura Segara Tegalwangi. Jika berminat mengunjunginya, pantai ini berlokasi Jl. Tegal Wangi, Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali. Kurang lebih 10 menit berkendara dari Pantai Jimbaran Bali. Dan, lanjutkan membaca untuk mendapatkan detail informasi mengenai pantai ini.

Jadi, kawasan Jimbaran Bali bukan hanya tentang Pantai Jimbaran yang meriah dengan kuliner dan romantisme sunset. Anda bisa mengunjungi Tegal Wangi Beach jika mendambakan keheningan. Menempati sisi selatan Jimbaran, pantai ini cenderung sepi namun menawarkan keindahan yang sangat memanjakan.

Daya Tarik Pantai Tegal Wangi Bali

Tegalwangi Beach Jimbaran adalah pantai eksotis dengan perbentengan tebing cadas. Bebatuan beraneka bentuk dan ukuran tertata acak menghiasi hamparan pasir putihnya yang bersih bertekstur lembut. Sementara itu dari ketinggian, bentangan Samudera Hindia yang membiru mendominasi panoramanya.

Karena menghadap ke barat, pantai ini juga menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Bahkan, termasuk salah satu spot sunset terbaik di Pulau Dewata. Secara keseluruhan, panorama pantai ini mirip dengan apa yang tersaji di Pura Uluwatu. Juga memiliki pura, Pura Tegalwangi namanya.

Karakter ombak di Pantai Tegal Wangi Bali cukup besar, sehingga kurang ideal untuk berenang. Namun jika ingin sekedar bermain air, terdapat semacam kolam alami di sekitar pantai ini. Tidak jauh dari kolam juga ada spot foto bagus berupa cekungan karang mirip goa berkedalaman kurang lebih 4 meter.

Meski Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan saja, namun waktu terbaik adalah sore hari. Nikmati suasana sambil bersantai atau menjelajah dan menemukan sudut terbaik untuk diabadikan dengan kamera. Lakukan apapun yang pasti bertahanlah hingga menjelang senja dan kagumi sunsetnya yang mempesona.

Spot terbaik untuk menikmati panorama Pantai Tegal Wangi Jimbaran adalah di atas tebing, terlebih ketika sunset menjelang. Adapun ketika malam, Anda bisa menyaksikan gemerlapnya lampu di kawasan Tuban dan Pantai Kuta Bali, termasuk juga melihat hilir mudiknya pesawat dari Bandara Ngurah Rai Bali.

Selebihnya, oleh karena komposisi alamnya yang indah, masih sepi dan tenang, tidak jarang Tegal Wangi Beach dijadikan tempat pengambilan foto prewedding oleh banyak fotografer profesional. Salah satunya, melalui aktivitas para fotografer itulah pantai ini perlahan mulai terkenal sejak kisaran tahun 2006.

Fasilitas Wisata dan Akomodasi

Sebagai pantai yang tersembunyi, belum ada fasilitas di Pantai Tegalwangi. Tidak ada pedagang maupun sarana fasilitas berupa kamar kecil. Untuk parkir kendaraan, telah tersedia lahan parkir tidak jauh dari pura. Bagaimana dengan harga tiket masuk Pantai Tegal Wangi Bali? sejauh ini gratis.

Untuk transportasi, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, menyewa mobil atau sepeda motor. Sementara itu untuk konsumsi, beraneka tempat kuliner tersedia di daerah Jimbaran. Demikian juga dengan akomodasi, banyak pilihan penginapan, hotel, resort, villa, dll dengan tarif yang bervariasi.

Rute Pantai Tegal Wangi Jimbaran

Pantai ini berlokasi di Desa Adat Jimbaran Bali. Dekat Pura Tegal Wangi di Jl. Tegal Wangi, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Berjarak sekitar 4 km dari kawasan Pantai Jimbaran atau kurang lebih 25 menit dengan mobil dari Bandara Internasional Ngurah Rai Bali.

Rute untuk mencapai Pantai Tegalwangi satu arah dengan Hotel Ayana Resort. Aksesnya mudah beraspal mulus sampai di areal parkir dekat Pura Tegalwangi. Untuk mengunjungi pantainya, Anda akan menuruni jalan setapak dengan anak tangga alami dari karang. Untuk kemudahan, lihat Peta Lokasi.