Banten Destinasi Wisata Pantai

Pantai Ciantir Sawarna - Fasilitas, Harga Tiket Masuk dan Rute

0 Komentar
Beranda
Banten
Destinasi Wisata
Pantai
Pantai Ciantir Sawarna - Fasilitas, Harga Tiket Masuk dan Rute

Pantai Ciantir. Bagi penyuka pantai, berwisata ke Pantai Sawarna adalah opsi terbaik selain Pantai Tanjung Lesung, saat mereka berada di Banten. Di desa inilah deretan pantai silih berganti dengan terjalnya karang. Di antara pantai yang ada, tersebutlah Pantai Pasir Putih Ciantir sebagai salah satu objek wisata utamanya.

Disebut Pantai Pasir Putih karena di pantai ini pasir putih terhampar luas dan merupakan yang terpanjang di kawasan Desa Wisata Sawarna. Sedangkan untuk nama Pantai Ciantir karena pantai ini terletak di wilayah Ciantir. Berada tidak jauh dari Pantai Tanjung Layar yang merupakan daya tarik utama Desa wisata Sawarna.

Nama Pantai Pasir Putih Sawarna juga cukup sering digunakan untuk menyebut pantai ini. Terlepas dari keragaman namanya, ini adalah pantai yang jelas keindahannya. Primadona wisata, jujugan wisatawan yang berkunjung ke Sawarna. Desa wisata ini sendiri berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Aktivitas Wisata di Pantai Ciantir

Oleh karena hamparan pasir pantainya paling luas, banyak kegiatan yang bisa wisatawan lakukan selama liburan di Ciantir. Hampir semua aktivitas pantai pada umumnya bisa Anda lakukan di pantai ini. Sebagian wisatawan ada yang berjemur bermalas-malasan. Sebagian yang lain bermain Volley Pantai dan main bola pantai.

Bagi penyuka aktivitas selancar, di sini adalah tempat ideal untuk melakukannya. Karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia, ombak pantai ini cenderung besar, sehingga cocok untuk surfing. Tidak sedikit wisatawan dari dalam maupun luar negeri yang datang untuk berselancar, menaklukkan ombak pantai ini.

Pasir pantai yang bersih dan lembut membuat pengunjungnya betah berlama-lama, bersantai dan bermain pasir. Bisa juga jika sobat traveler ingin menjelajah menyusuri pantai hingga tiba di Goa Langir yang eskotis. Apapun kegiatannya, pastikan bertahan hingga menjelang senja. Sunset pantai di Ciantir sangat mempesona.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Selain pesona alam yang ditawarkan, satu hal yang membuat Pantai Pasir Putih Ciantir banyak dikunjungi adalah lokasinya. Pantai ini berada tidak jauh dari perkampungan warga. Banyak penginapan jenis homestay di sekitarnya. Ada juga beberapa hotel. Jika ingin lebih dekat dengan alam, bisa juga berkemah mendirikan tenda.

Untuk masalah konsumsi, jangan khawatir! Pantai indah ini juga menawarkan wisata kuliner. Warung-warung dengan menu khas laut tersedia, termasuk jika Anda ingin makan di restoran pun bisa. Sebagai bagian dari objek wisata Desa Sawarna, secara umum fasilitas pantai memadai. Tidak terkecuali kemudahan akses jalannya.

KeteranganHarga
Tiket Masuk± IDR 5K
Parkir Roda 2± IDR 2K
Parkir Roda 4± IDR 5K
± Rp 25K (24 jam)
Makanan± IDR 10K - IDR 50K
Penginapan± IDR 80K - Rp 300K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute ke Pantai Ciantir Sawarna

Untuk ke pantai ini, terlebih dahulu harus tiba di Desa Sawarna. Rutenya mudah namun beragam dan bergantung pada arah kedatangan serta jenis kendaraan yang digunakan, umum atau pribadi. Dari arah Jakarta, ada dua jalur, jalur barat (234 km) dan jalur timur (183 km). Jika dari arah Bandung bisa melalui Cianjur. Berikut rinciannya:

Rute Jakarta
Jalur Barat
  1. Jakarta – Serang – Pandeglang – Saketi – Malingping – Bayah – Sawarna
  2. Jakarta – Rangkasbitung – Gunung Kencana – Malingping – Bayah – Sawarna
  3. Jakarta – Cilegon – Anyer – Labuan – Malingping – Bayah – Sawarna
Jalur Timur
  1. Jakarta – Ciawi, Bogor – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
  2. Jakarta – Ciawi, Bogor – Cikidang – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
  3. Jakarta – Bogor – Cijeruk – Cikidang/Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna
Rute Bandung
  1. Bandung – Cianjur – Sukabumi – Cibadak – Pelabuhan Ratu – Cisolok – Sawarna

Apabila Anda ingin mengunjungi Desa Sawarna menggunakan transportasi umum. Durasi biasanya menjadi lebih panjang, yakni 9-10 jam, kendaraan pribadi hanya 6-7 jam. Jika memilih transportasi umum, dari Jakarta bisa naik KRL ke Stasiun Bogor. Lanjutkan ke Terminal Baranangsiang menggunakan angkutan umum.

Dari Terminal Baranang Siang Bogor, selanjutnya Anda bisa naik bis ke Pelabuhan Ratu, kemudian naik ELF menuju Sawarna. Ketik sampai di Desa Sawarna, Pantai Pasir Putih Ciantir berjarak 600 m saja dari pos masuk di Dusun Cikaung. Untuk mempermudah, gunakan peta lokasi yang telah kami sediakan, Di sini.