Wisata Kota Tua Jakarta - Daya Tarik, Fasilitas & Harga Tiket Masuk

Ibukota Indonesia, Jakarta menyimpan aneka tempat menarik untuk Anda jelajahi. Sebagai daerah khusus ibukota (DKI), wisata di Jakarta lebih menawarkan wisata sejarah dan budaya, selain belanja dan objek wisata modern. Dari sekian banyak tempat di sana, wisata Kota Tua Jakarta termasuk yang terpopuler dikunjungi.

Wisata Kota Tua Jakarta
credit: unsplash.com/@rohim_arie

Dalam rencana kunjungan ke Jakarta, pastikan mampir dan menikmati renyahnya suasana di Kota Tua. Berlokasi di wilayah Jakarta Barat, kawasan ini adalah salah satu tempat jalan-jalan terbaik di Jakarta. Terkhusus bagi Anda yang memiliki ketertarikan dengan sejarah, banyak sekali museum di Kota Tua Jakarta.

Daya Tarik Wisata Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta adalah kawasan bersejarah yang dulunya merupakan pusat perdagangan di benua Asia. Sebutan lain untuk kawasan ini adalah Batavia Lama (Oud Batavia). Dahulu, pelayar Eropa menyebutnya "Ratu dari Timur" dan "Permata Asia". Selain karena lokasinya strategis, sumber dayanya juga melimpah.

Kawasan ini juga yang menjadi saksi sejarah terbentuknya Jakarta. Mulai dari pelabuhan Sunda Kelapa, Jayakarta, hingga kemudian diganti menjadi Batavia oleh pihak Belanda. Intinya, Kota Tua di Jakarta selalu menjadi pusat perhatian, mulai dari awal sejarahnya hingga kini menjadi tujuan wisata di Jakarta.

Sebagai kawasan wisata, Kota Tua di Jakarta memiliki banyak tempat bersejarah, termasuk beraneka museum. Sebuah destinasi liburan yang ideal bagi semua jenis wisatawan, tidak terkecuali wisata keluarga. Selain itu, Kota Tua juga menarik sebagai tempat jalan jalan di Jakarta. Fasilitasnya juga memadai.

Kawasan wisata Kota Tua Jakarta juga cocok bagi penggemar selfie dan fotografi. Banyak spot instagramable di Kota Tua yang menarik Anda abadikan. Spot terbaik di Kota Tua adalah Lapangan Fatahillah yang luas dan dikelilingi oleh Museum Sejarah Jakarta, Museum Seni Rupa dan Tekstil, serta Museum Wayang.

Selebihnya, ada 30an bangunan bersejarah di kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Semuanya tersebar di area ini yang memiliki luas 1,3 km persegi melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat. Sebagian bangunan ada yang sengaja dihancurkan karena alasan tertentu. Misalnya Benteng Batavia dan Gerbang Amsterdam.

Jika durasi liburan Anda panjang, bisa juga melebar ke beberapa objek wisata terdekat. Salah satu yang terdekat adalah kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol. Mungkin mencoba keseruan di Dunia Fantasi (Dufan), Sea World Ancol atau bisa juga sekedar jalan-jalan di Pantai Ancol Jakarta, dan banyak lagi lainnya.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Museum Kota Tua
credit: unsplash.com/@herueess

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di ibukota Jakarta, fasilitas umum di Kota Tua pun lengkap dan memadai. Lahan parkirnya luas dan banyak penjual makanan, termasuk mudah menemukan kafe dan restoran. Akses dan transportasinya pun mudah. Ada toilet umum portable, akses Wi-Fi gratis, dan banyak lagi.

Untuk opsi tempat menginap, mudah menemukan penginapan atau hotel di sekitarnya. Kota Tua adalah salah satu destinasi liburan murah meriah di Jakarta. Tidak ada biaya untuk memasukinya. Biaya hanya untuk parkir dan museum. Harga tiket masuk museum pun sangat murah: IDR 2K (anak-anak)-IDR 5K (dewasa).

Kawasan Wisata Kota Tua di Jakarta
credit: unsplash.com/@agnisyulia

Peta Lokasi Wisata Kota Tua Jakarta

Pusat Kota Tua di Jakarta adalah Museum Sejarah Jakarta di Taman Fatahillah. Lokasinya di Jalan Taman Fatahillah, Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Saran terbaik untuk mencapainya adalah naik KRL dan turun di Stasiun Jakarta Kota (hanya beberapa meter dari Kota Tua Jakarta). Peta Lokasi.


EmoticonEmoticon