Beranda
Pantai
Trenggalek
Pantai Pelang Trenggalek - Fasilitas Wisata, Tiket Masuk, Rute

Salah satu ide terbaik ketika liburan di Jawa Timur adalah menjelajah pantai. Di sepanjang pesisir selatannya berjajar pantai indah yang senantiasa siap menampung kegembiraan siapa saja. Pantai Pelang di wilayah Trenggalek adalah salah satunya.

Pantai yang terletak di Wonocoyo, Panggul, Kabupaten Trenggalek ini sangatlah indah. Bukan hanya tentang komposisi hamparan pasir, tebing-tebing elegan, dan laut yang membiru. Lebih dari itu, Pantai Pelang juga menawarkan eksotisme air terjun dan goa.

Jadi, bersegeralah menjadi salah satu traveler yang puas bergembira dimanjakan oleh pesona alam di Pantai Pelang. Mulai sekarang, persiapkan segala sesuatunya, salah satunya dengan memperkaya informasi dengan terus melanjutkan membaca artikel ini.

Aktivitas di Pantai Pelang Trenggalek

Pantai Pelang Trenggalek menyajikan area yang cukup luas agar siapapun bisa secara bebas beraktivitas. Saran terbaik usahakanlah datang di pagi atau sore hari. Setidaknya, untuk menyiasati keterbatasan penjelajahan karena panasnya terik matahari.

Puaskan dulu berkeliaran di sepanjang pantai. Berjalan pelan di hamparan pasirnya, sembari tetap takjub pada pemandangan alam yang ada. Bukanlah ide buruk jika mencoba lebih dekat dengan air, namun tetap waspada karena ombak cenderung menggila.

Apabila sobat adalah penggemar selfie maupun lanscape photography, cobalah terus melebarkan penjelajahan demi mendapatkan spot yang ideal. Sejauh ini, pulau karang kecil atau benteng tebing karang cukup ikonik dan kerap menjadi latar foto banyak orang.

Kunjungi juga air terjun yang berada 300 meter di sisi barat Pantai Pelang. Ada mitos yang berkembang di masyarakat, bahwa mandi di air terjun itu bisa membuat awet muda. Opsi lain, sekitar 100 meter ke arah timur, temukan goa berkedalaman sekitar 500 meter.

Pantai merupakan tempat bersantai, lakukanlah jika Anda suka. Ada beberapa gazebo di ujung lokasi parkir, tenangkan diri sambil menikmati panorama dari kejauhan. Bertahanlah setidaknya hingga senja tiba. Momem sunset di pantai ini pun mempesona.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sebagai salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Trenggalek, Pantai Pelang memiliki fasilitas wisata yang cukup memadai. Selain beberapa gazebo yang telah tersebut di atas, di kawasan parkir pantai yang luas juga banyak penjual makanan dan minuman.

Fasilitas di pantai ini terus bertambah. Selain MCK yang mengalami perbaikan, juga sepertinya ada lahan yang akan dibangun sebuah taman. Selebihnya, terdapat juga gardu pandang, area untuk camping serta beberapa penginapan bagi mereka yang ingin bermalam.

KeteranganHarga
Hari BiasaIDR 8K
Hari LiburIDR 10K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu.

Rute Lokasi Pantai Pelang Trenggalek

Dari pusat kota Trenggalek, untuk menuju lokasi pantai ini sobat perlu melakukan perjalanan berkendara sejauh lebih dari 50 km. Butuh durasi 2 jam berkendara lebih melalui jalanan pegunungan yang berkelok-kelok naik turun namun jalannya bagus beraspal.

Rutenya bisa melalui jalan Jarakan - Karangan, kurang lebih 5 km belok ke kiri. Masih di jalan yang sama, perjalanan akan sangat panjang sebelum kemudian masuk ke jalan Dongko - Karangan. Selain banya sekali tikungan, jalan tersebut naik dan turun cukup tajam.

Setelah menempuh sekitar 8 km, belok ke kiri menuju jalan Panglima Sudirman. Sekitar 1 km temukanlah kantor pos dan belok kanan ke jalan Panggul - Dongko. Ikuti arah menuju Jalan Raya Dongko - Kampak. Sejauh 18 km kemudian tibalah Anda di jalan Waluhtowo.

Setelah 2 km melalui jalan tersebut, belok kiri ke Jalan Diponegoro sampai pertigaan belok kanan masuk ke Jalan MT. Haryono. Setelah 1 km di jalan itu, belok kiri menuju Jalan Pantai Pelang. Dari sini masih 3 km lain untuk sampai lokasi. Lihat Peta Lokasi.