Beranda
Bangka
Bangka Belitung
Destinasi Wisata
Pantai
Pantai Tikus Bangka - Daya Tarik, Fasilitas Wisata, Harga Tiket

Kepulauan Bangka Belitung merupakan citra surga bagi pecinta wisata bahari. Beragam pantai menawan tersebar di dua pulau utamanya, Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Sebelumnya juga telah dituliskan Pulau Lengkuas di Pulau Belitung. Di Pulau Bangka, salah satunya ada Pantai Tikus yang mempesona.

Sebagaimana pantai lain di Kepulauan Bangka Belitung, Pantai Tikus Bangka merupakan pantai yang indah dengan gradasi biru laut yang cenderung muda. Pasir pantainya putih bersih. Dan, tidak ketinggalan ciri khas pantai di Bangka Belitung, yakni komposisi batuan granit beraneka bentuk dan ukuran.

Kini, bertambah satu lagi referensi wisata pantai di Bangka yang wajib Anda kunjungi. Jika berminat ke pantai ini, Anda bisa meluncur ke Desa Rebo, Kelurahan Kenangan, Sungailiat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Jaraknya sekitar 12 km dari pusat kota Sungai Liat, ibukota Kabupaten Bangka.

Daya Tarik Pantai Tikus Bangka

Berbicara mengenai Pantai Tikus di Sungailiat, kita akan membahas setidaknya 2 pantai bernama sama. Satunya lagi bernama Pantai Tikus Emas. Keduanya masih satu wilayah dan sama-sama indah. Pantai ini panjang dan masyarakat memberi nama yang berbeda sebagai penanda setiap bagian pantainya.

Selain dominasi bebatuan granit yang membentuk keindahan komposisi alam, kontur pesisirnya juga membentuk seperti bukit. Di atas bukit itulah kita bisa melihat sebuah kuil yang megah dengan tatanan halaman yang baik berbenteng pagar putih bersih. Di sekitarnya terdapat area rerumputan yang hijau.

Puri Tri Agung namanya. Keberadaan tempat ibadah inilah yang menginspirasi lahirnya nama Pantai Tikus Pagoda, juga sebagai penanda. Di halaman kuil yang bersih dan rapi, kita bisa melihat pemandangan laut yang demikian menggoda. Gradasi biru muda menandakan luasnya perairan dangkal di pantai ini.

Tentu, tidaklah sempurna jika Anda tidak mencoba lebih dekat dengan air. Gelombang airnya tenang cukup aman untuk bermain air atau berenang. Naiki tatanan batu-batu dan carilah spot terbaik yang Anda suka dan abadikanlah dengan kamera. Selfie? sepertinya semua wisatawan yang datang melakukannya.

Pantai Tikus di Pulau Bangka ini panjang. Susuri pantainya ke utara untuk menemukan Pantai Tikus Emas dengan hamparan pasir yang lebih luas. Pantai tersebut merupakan varian pantai baru yang sebelumnya berantakan bekas penambang ilegal. Kini, menjadi indah setelah di tata ulang oleh warga.

Ada berbagai pendapat terkait namanya. Satu sumbernya menyebut Pantai Tikus karena banyaknya jalan tikus untuk mencapai pantai ini. Ada juga yang mengatakan berasal dari julukan sesepuh setempat yang dijuluki San Lo Chu (Tikus Hutan). Dijuluki seperti itu karena sangat cepat jika melewati semak belukar.

Makam sesepuh San Lo Chu berada di sekitar pantai. Sementara untuk penambahan kata "Emas" hanya sebagai pembeda dari pantai tetangga. Selain itu, di pantai ini juga terdapat patung tikus emas yang dirancang menghadap ke arah makam San Lo Chu. Lalu? segera berangkat dan buktikan keindahannya.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meskipun cukup tersembunyi, fasilitas wisata di keseluruhan Pantai Tikus Sungailiat Bangka sangat memadai. Bahkan, akses jalannya bagus dan beraspal sampai tiba di lokasi pantai. Fasilitas penunjang wisatanya pun lengkap, termasuk warung dan wahana permainan air atau watersport seperti jetski, banana boat, dll.

Secara keseluruhan luas kawasan Pantai Tikus Bangka mencapai delapan hektar. Adapun Pantai Tikus Emas luasnya 3 hektar. Untuk saat ini di beberapa tempat masih dalam proses pengembangan. Rencana ke depannya akan ada penambahan sarana dan prasarana, sehingga wisatawan bisa lebih nyaman berwisata.

KeteranganHarga
Tiket MasukDewasaIDR 5K
Anak-anakGratis
Parkir KendaraanIDR 5K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu

Lokasi Rute Pantai Tikus Bangka

Pantai Tikus Sungailiat berada di Desa Rebo, Kel. Kenangan, Sungailiat, Kab. Bangka, Kep. Bangka Belitung. Anda bisa mencapainya dengan berkendara, baik menggunakan roda empat maupun roda dua, bisa sampai lokasi. Durasi perjalanan sekitar 20 menit dari Sungai Liat dalam jarak kurang lebih 12 km. Peta Rute