Beranda
Destinasi Wisata
Pantai
Yogyakarta
Pantai Kesirat Yogyakarta - Fasilitas Harga Tiket & Rute Lokasi

Kabupaten Gunungkidul hadir mewakili daya tarik wisata alam Yogyakarta sebagai primadona pariwisata Indonesia. Puluhan pantai cantik tersebar di sisi selatannya. Pantai Kesirat merupakan salah satu border alam paling eksotik di sana. Lokasinya berada di Girikarto, Panggang, Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Daya Tarik Pantai Kesirat Yogyakarta

Jika umumnya pantai lebih menawarkan hamparan pasir dan alunan ombak yang menepi di permukaannya. Tanjung Kesirat tidaklah demikian. Ini merupakan batas alam yang didominasi oleh tebing-tebing karang, yang senantiasa kekeh meskipun gelombang ombak laut selatan begitu ganas menerpa.

Pemandangannya cenderung maskulin melalui ketidakberaturan bentuk tebing-tebing, yang berpadu dengan kerasnya deburan ombak pantai selatan. Rimbun kehijauan yang membentang turut mendominasi lanskap alamnya. Menyelimuti dan membentuk, seirama kontur tanahnya yang berbukit-bukit.

Di antara pohon-pohon yang menghijau itu, ada satu pohon yang menonjol yang biasa disebut "Pohon Abadi". Alih-alih bergabung dengan yang lainnya, pohon satu ini bersikeras tumbuh di tepian tebing. Pohon tersebut menjadi sesuatu yang ikonik yang hingga saat ini populer mewakili Pantai Kesirat Jogja.

Aktivitas Wisata di Tanjung Kesirat

Datang ke Pantai Kesirat Gunung Kidul merupakan ide yang bagus ketika Anda mempersiapkan semuanya untuk bertahan lebih lama. Pantai ini termasuk salah satu spot camping populer di Jogja. Terserah Anda berangkat jam berapa, namun pastikan agar bisa menikmati sejuknya pagi hari dan indahnya senja.

Mungkin tidaklah berlebihan apabila dikatakan momen sunset atau matahari terbenam di tempat ini sangatlah indah. Karena memang sebagian besar letaknya menghadap ke barat. Bangunlah sebuah tenda untuk rencana bermalam dari awal, karena memang pantai ini sangatlah ideal untuk kegiatan camping.

Jelajahi setiap sudut yang masih mungkin untuk Anda jangkau. Dan, sadari bahwa betapa setiap bagian pantai ini benar-benar turut mendefinisikan keindahannya. Lalu, jadilah tenang dan rasakan harmoni suara hembusan angin yang berpadu dengan suara deburan ombak menghantam perbentangan tebingnya.

Suka memancing? Pantai Kesirat Jogja memungkinkan Anda memancing dari atas ketinggian tebing. Sejauh ini, Kesirat adalah salah satu area memancing terfavorit di sekitar area Panggang, Gunungkidul. Hanya perlu diketahui, selain alam yang menawan, Pantai Kesirat cukup disakralkan oleh penduduk setempat.

Bisa saja kedatangan Anda bersamaan dengan penyelenggaraan tradisi brubuh-brubuh. Tradisi ini bermula dari kearifan masyarakat Jawa pada lingkungan. Kearifan lokal tersebut membatasi orang Jawa agar tidak menebang pohon sembarangan. Menebang pohon hanya mereka lakukan saat musim padi menguning.

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Tanjung Kesirat termasuk pantai yang tersembunyi di Yogyakarta, sehingga fasilitasnya belum benar-benar memadai. Meski demikian, untuk konsumsi sudah tersedia sejumlah warung makanan dan minuman, namun tidak buka 24 jam. Selain itu, ada juga toilet umum dan lahan parkir kendaraan yang lumayan luas.

KeteranganHarga
Tiket MasukIDR 5K
Parkir Roda 2IDR 2K
Parkir Roda 4IDR 5K
Note: harga tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu

Rute & Lokasi Pantai Tanjung Kesirat

Obyek wisata alam ini terletak kurang lebih 45 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Durasi perjalanan untuk mencapainya kurang lebih 1,5 hingga 2 jam menggunakan kendaraan bermotor. Dari Kota Yogyakarta, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke arah Imogiri dan melewati jalan raya Imogiri-Panggang.

Kemudian, berlanjut ke jalan raya Panggang-Saptosari hingga menemukan persimpangan jalan yang mengarah ke Pantai Gesing. Akses jalan ke Pantai Gesing tidak terlalu bagus. Teruskan saja kurang lebih 200 meter hingga menemukan masjid di kiri jalan. Dan, temukanlah papan yang bertuliskan "Pantai Kesirat".

Dari sini, perjalanan berlanjut dengan melalui jalan ber-cor semen. Selanjutnya, turunan dan tanjakan akan mendominasi akses perjalanan Anda, yang sebagian juga telah di cor semen. Ketika tiba di atas perbukitan, temukan jalan setapak kecil menuju lokasi. Untuk mempermudah, gunakanlah peta lokasi, Di Sini.