Floating Market Lembang - Fasilitas, Wahana, Harga Tiket, Jam Buka

Daerah pegunungan selalu menjadi destinasi wisata strategis yang diminati. Demikian juga dengan Lembang yang sejauh ini merupakan salah satu primadona wisata di Bandung dan sekitarnya. Di antara sekian banyak tempat wisata di Lembang Bandung, Floating Market Lembang termasuk yang terpopuler di sana.

Floating Market Lembang
credit: thisisinbalitimur, CC BY-SA 2.0

Jadi, apabila ada rencana wisata ke Lembang, Floating Market semestinya ada dalam daftar utama liburan Anda. Objek wisata ini berada di Jl Grand Hotel No.33H, Lembang, Bandung Barat, Jawa Barat. Sebelum ke sana, ketahui daya tarik, harga tiket, fasilitas wisata, dan lain sebagainya melalui info wisata berikut ini.

Daya Tarik Floating Market Lembang

Menempati area yang kini telah mencapai 10 hektar lebih, Floating Market memiliki banyak hal untuk menjamu liburan siapa saja. Yang awalnya hanya merupakan destinasi wisata kuliner, sekarang makin menarik karena juga mencakup aneka spot dan wahana. Tujuan wisata keluarga populer, selain The Lodge Maribaya.

Wisata Kuliner Terapung

Wisata Kuliner di Floating Market Bandung
credit: piqsels.com, CC0

Wisata Floating Market atau Pasar Terapung di Lembang sejak awal memang merupakan tempat berburu kuliner. Lapak penjual berada di atas perahu di tepi danau. Mereka menjual beragam jenis kuliner khas Bandung maupun kuliner nusantara lainnya. Ada siomay, bakso, mie ayam, batagor, lotek, rujak, dan lain-lain.

Floating Market Bandung tidak seperti pasar apung sungguhan yang mana penjual maupun pembelinya sama-sama terapung di atas air. Di sini yang terapung hanya penjualnya saja. Puluhan perahu penjual berjajar di pinggiran danau. Wisatawan hanya tinggal menjelajah, membeli, dan mencicipi kuliner di tepi danau.

Wahana Wisata Menarik

Rainbow Garden Lembang Bandung
credit: instagram.com/ge_aye

Wisata bersama keluarga di Floating Market Lembang dijamin betah karena banyak sekali pilihan atraksi dan wahana wisatanya. Selain kulineran, ajak anak-anak tercinta mencoba satu dua wahana wisata yang tersedia. Tentu, jika terlanjur suka bisa mencoba semua. Bisa juga memilih wahana paling terkenal di sana.

Salah satu spot wisata hits di Floating Market, yakni Kota Mini. Di wahana ini anak-anak bisa bergaya seolah berprofesi dokter, polisi, koki, dll. Lalu ada Rainbow Garden, wahana wisata kekinian dengan berbagai spot instagramable yang cocok untuk berswafoto. Spot instagenic lain ada di Kyotoku yang bernuansa Jepang.

Selain Kota Mini, wahana di Floating Market Bandung yang cocok untuk anak-anak adalah Taman Kelinci. Pastikan juga nikmati sensasi naik perahu mengelilingi perairan danau yang ada di Floating Market Lembang. Selebihnya, di sini juga ada wahana sepeda, sampan air, The Rock, Taman Angsa, dan lain sebagainya.

Kota Mini Lembang Bandung
credit: instagram.com/ge_aye

Fasilitas, Harga Tiket, dan Jam Buka

Kawasan wisata Floating Market di Lembang memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Selain pusat kuliner terapung dan aneka opsi wahana wisata, fasilitas toilet dan mushola pun tersebar di sejumlah area. Fasilitas yang lainnya mencakup pusat informasi dan area parkir yang luas. Termasuk juga kios-kios cinderamata.

Satu yang menarik dari wisata Floating Market Bandung ini adalah sistem pembayaran. Di sini, pengunjung harus menukar uang mereka dengan pecahan koin untuk bisa berbelanja dan menikmati wahananya. Koin tersebut terbagi menjadi pecahan 5K (kuning), 10K (biru), 20K (merah), 50K (pink), dan 100K (jingga).

KeteranganHarga
Tiket Masuk Floating MarketHari BiasaRp 25.000
Hari LiburRp 30.000
Atraksi dan Wahana WisataKota MiniRp 25.000
Rainbow GardenRp 10.000
Sampan RombonganRp 70.000
Taman KelinciRp 20.000
Miniatur Kereta ApiRp 20.000
Flying Fox AnakRp 30.000
Hijab Swimming PoolRp 50.000
Sewa Kostum KyotokuRp 170.000
Becak MiniRp 20.000
Pancing Ikan MagnetRp 20.000
ATVRp 80.000
Kereta ApiRp 30.000
Choo Choo TrainRp 20.000
Boat CarouselRp 25.000
BicycleRp 20.000
StrollerRp 30.000
OffroadRp 30.000
Melukis KeramikRp 60.000
Melukis KaosRp 60.000
KanoRp 50.000
Paddle BoatRp 30.000
Kereta AirRp 20.000
TrigoRp 70.000
Biaya Parkir KendaraanMotorRp 5.000
MobilRp 10.000
Note: harga tiket masuk Floating Market Lembang umumnya sudah termasuk welcome drink. Anda bisa menukarkan tiket masuk dengan segelas minuman di stan minuman di area. Tiket sudah berlaku mulai dari usia 2 tahun. Harga yang tersebut di atas tidak selalu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu.
Jam Buka Floating Market Lembang
Senin - Jumat09:00 – 18:00 WIB
Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional08:00 – 19:00 WIB
Harga Tiket Masuk Floating Market Lembang
credit: Ikhlasul Amal, CC BY-NC 2.0

Rute Lokasi Floating Market Bandung

Wisata Floating Market berjarak sekitar 15 kilometer atau kurang lebih 35 menit durasi berkendara. Banyak pilihan rutenya. Anda bisa mencapainya melalui Jl. Dr. Setiabudi ke arah Lembang. Ketika sampai di Alun Alun Lembang, belok ke kanan dan ikuti. Jaraknya hanya tinggal sekira 1 kilometer. Lihat Peta Lokasi.