Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Jember
Pantai
Pantai Watu Ulo Jember - Daya Tarik, Fasilitas dan Harga Tiket

Pantai Watu Ulo. Pantai adalah objek wisata yang menarik. Ketika sampai pada artikel ini, kami tahu sobat adalah satu di antara mereka yang menyukainya. Terutama jika tujuan wisatanya adalah Jawa Timur. Banyak tempat di provinsi ini yang memiliki pantai indah, salah satunya adalah jember.

Daya Tarik Watu Ulo di Jember

Di Jember sobat traveler bisa langsung meluncur ke Pantai Papuma. Atau, langsung saja ke pantai tetangganya, yakni Watu Ulo. Seperti diisyaratkan namanya, keunikan pantai ini lebih ditonjolkan oleh batu yang memanjang seperti ular menjorok ke tengah laut. "Watu" berarti batu dan "Ulo" berarti ular.

Menariknya, keberadaan batu tersebut tidaklah terlepas dari berbagai mitos. Salah satunya tentang seekor ular raksasa bernama Nogo Rojo yang dikisahkan bertarung berebut wilayah dengan penduduk. Ular Nogo Rojo akhirnya bisa dikalahkan dengan kondisi tubuh terbelah menjadi tiga.

Versi lain menyebutkan, ular tersebut adalah utusan Ajisaka yang bertapa dan membatu. Kepalanya di Banyuwangi, sementara tubuh dan ekornya di pantai ini. Terlepas dari kisah yang menyertainya, ini pantai indah yang mana "batu ular" tersebut turut melengkapi komposisi keeksotikannya.

Selain Tanjung Papuma, pantai ini menjadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten Jember. Selalu ramai dipadati pengunjung, siang maupun malam. Jadi, liburan ke Jember menjadi wajib mengunjungi kedua pantai ini. Tidak terkecuali berkunjung ke Goa Jepang yang terletak di antara keduanya.

Aktivitas di Pantai Watu Ulo

Seperti umumnya sebuah pantai, Watu Ulo sangat ideal bagi pengunjung yang ingin bersantai. Bermain di atas pasirnya, menghirup udara khas pantai sambil menikmati panorama alam yang tersaji. Apabila energi mencukupi, saran terbaik adalah menjelajah hingga mendaki puncak bukit Siti Hinggil.

Di bukit itulah tempat terbaik menikmati panorama Watu Ulo dan Tanjung Papuma. Bagi Anda yang suka berfoto, sembari menjelajahi pantai, temukanlah spot-spot terbaik untuk diabadikan. Berwisata sejarah ke Goa Jepang bisa menjadi aktivitas tambahan untuk menambah pengalaman wisata Anda.

Pastikan saja untuk tetap bertahan hingga senja hari tiba dan nikmatilah keindahan matahari terbenam pantai ini. Biasanya, wisata Pantai Watu Ulo Jember selalu ramai, baik siang maupun malam hari. Apabila berminat, bisa juga bermalam dengan camping mendirikan tenda di pesisir pantainya yang luas.

Fasilitas & Harga Tiket Masuk

Meski tak sebersih Pantai Papuma, fasilitas di Watu Ulo cukup memadai. Selain area parkir yang cukup luas, di pantai ini sudah tersedia tempat ibadah berupa Mushola dan ada beberapa warung dan kios. Fasilitas lain termasuk toilet, gazebo, dan camp area. Serta, ada beberapa penginapan di sekitarnya.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp. 7.500

Lokasi Pantai Watu Ulo Jember

Lokasi pantai Watuulo berada di Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember. Sekitar 40 kilometer dari pusat kota Jember. Sobat traveler bisa mencapainya dengan akses jalan yang mudah dan banyak petunjuk jalan. Dari jember dibutuhkan sekitar 1 jam perjalanan berkendara ke arah selatan. Peta Lokasi.