Curug Citambur Cianjur - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk & Rute

Air terjun termasuk opsi wisata alam populer di Indonesia. Selain sarat nilai petualangan, air terjun juga menawarkan keindahan yang sedap dipandang mata. Di Jawa Barat, ragam air terjun telah siap memanjakan petualangan siapa saja. Selain Curug Pelangi Cimahi, ada juga Curug Citambur yang tak kalah indahnya.

Curug Citambur Cianjur
credit: piqsels.com, CC0

Memang ada rencana ke air terjun Citambur Cianjur? itu ide yang bagus. Lokasinya berada di Karangjaya, Pasirkuda, Cianjur, Jawa Barat. Sebelum pergi ke sana, baca dulu informasi terkait daya tarik, harga tiket Curug Citambur melalui info wisata berikut ini. Termasuk juga tentang fasilitas dan rute untuk mencapainya.

Daya Tarik Curug Citambur Waterfall

Sebagai tempat wisata, Curug Citambur atau Citambur Waterfall sebenarnya sudah lama buka, namun baru terkenal sekira tahun 2014. Air terjun ini menjadi viral lantaran daya tarik alamnya yang luar biasa. Lanskapnya sangat megah sebab airnya jatuh dari benteng tebing dengan ketinggian lebih dari seratus meter.

Bahkan, tingkatan air terjun Citambur Cianjur tak hanya satu, melainkan tiga. Yang tertinggi berada di tingkatan kedua, adapun tingkatan yang pertama berketinggian belasan meter. Sementara itu, yang paling atas hanya sekitar dua meteran. Dari ketinggian tersebut, airnya mengalir jatuh dalam debit yang sangat besar.

Debit airnya menjadi lebih deras saat musim penghujan. Karena itu, pemandangan Curug Citambur di Cianjur acap kali terselimuti oleh kabut tipis. Suasana alam cenderung syahdu. Suara air yang begitu bergemuruh menghiasi perbentengan tebing yang megah menjulang berselimutkan rimbunnya hijau tetumbuhan.

Demikianlah adanya, lanskap Curug Citambur terlampau spektakuler untuk diabaikan begitu saja. Kunjungi dan kagumilah keindahannya. Nikmati suasananya atau coba dekati dingin airnya. Basahi diri, berendam, atau berenang, itu terserah Anda. Hanya saja, pastikan untuk tidak terlalu mendekati jatuhnya air. Bahaya!

Selain bersentuhan dengan air, wisata Curug Citambur memberi banyak kesempatan pada pengunjungnya untuk beraktivitas. Anda bisa menjelajah sekitarnya agar menemukan spot terbaik, abadikanlah dengan kamera. Terlebih bagi penyuka landscape photography, banyak spot menawan untuk memenuhi galeri Anda.

Lebih dari itu, air terjun ini juga bisa menjadi surga bagi para selfer. Seiring perkembangan, kini di area wisata sudah tersedia sejumlah spot foto buatan dengan latar megahnya air terjun. Selebihnya, wisatawan bisa bersantai dan bercengkerama sambil menikmati panorama alam. Pastikan saja ikut menjaga kebersihan.

Harga Tiket Citambur Waterfall Cianjur
credit: unsplash.com/@dianherdiana

Cerita Rakyat Terkait Nama Citambur

Terkait nama Curug Citambur, setidaknya ada dua versi yang semuanya berdasarkan cerita rakyat. Yang pertama, dulu aliran air terjunnya lebih deras hingga air yang jatuh ke kolamnya berbunyi "berdebum" mirip alat musik tambur. Sedangkan istilah "ci" terkait erat dengan air. Debit airnya saat ini sudah banyak penyusutan.

Versi yang kedua menyebutkan area air terjun ini di masa lalu termasuk bagian dari wilayah Kerajaan Tanjung Anginan. Pusat kerajaannya di daerah Pasirkuda yang saat ini berlokasi di Desa Simpang dan Desa Karangjaya. Dugaan ini berdasarkan keberadaan batu seperti kursi yang diyakini sebagai tempat duduk sang raja.

Pada zaman kerajaan itu, tiap kali raja mandi di curug, para pengawalnya selalu menabuh tambur. Suara alat musik tersebut terdengar hingga jarak yang cukup jauh. Dari kebiasaan itulah, masyarakat di Pasirkuda menyebut air terjun ini Curug Citambur. Hanya saja, sejarah keberlangsungan kerajaan ini belumlah diketahui.

Fasilitas Wisata & Harga Tiket Masuk

Fasilitas di kawasan wisata Curug Citambur Cianjur sudah cukup memadai, kecuali akses jalan untuk mencapainya saja. Belum di aspal ulang dan cenderung rusak. Meski demikian, mobil dan motor bisa masuk hingga ke lahan parkirnya karena cukup luas. Lalu, wisatawan hanya perlu jalan sebentar sejauh 100 meter.

Selain lahan parkirnya memadai, fasilitas lain yang ada di sini meliputi toilet dan mushola. Untuk konsumsi, ada juga beberapa warung. Bahkan, pengelola juga sudah menyediakan beberapa penginapan. Selain itu, di lokasi air juga ada view deck dan beberapa spot foto, serta jalan setapak yang tertata sedemikian rupa.

Lalu, bagaimana harga tiket Curug Citambur? sejauh ini wisatawan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang. Biaya tersebut tidak termasuk biaya parkir kendaraan. Untuk kendaraan roda dua biaya parkirnya Rp 3.000, dan parkir kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000. Harga ini bisa berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas Wisata Air Terjun Curug Citambur
credit: Kizalidey, CC BY-SA 4.0, cropped

Rute Lokasi Curug Citambur di Cianjur

Wisata air terjun ini lokasinya berada di Desa Karangjaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Dari Bandung, jaraknya kurang lebih 70 kilometer atau sekitar 2,5 jam perjalanan berkendara. Atau, kira-kira 1,5 jam apabila Anda berangkat dari daerah Ciwidey Bandung dalam jarak sekitar 40 kilometer.

Jaraknya lebih jauh apabila berangkatnya dari pusat Kabupaten Cianjur, yakni mencapai 3, 5 jam karena berjarak sekira 83 kilometer. Rute Curug Citambur dari Bandung, berkendaralah ke Ciwidey menuju Perkebunan Teh Rancabali. Lalu, mengambil arah ke Desa Cipelah hingga ke Desa Karangjaya, sebagai lokasi air terjun.

Di Desa Karangjaya, Anda tinggal menuju ke pintu masuk Curug Citambur. Mudah sekali menemukannya sebab pintu masuknya berlokasi tidak jauh dari kantor desa. Rute ke air terjun ini jalanannya naik turun dan berkelok-kelok. Dan, seperti tersebut sebelumnya, kondisi jalan pun belum cukup memadai. Lihat Peta Lokasi.