Curug Cimahi - Daya Tarik, Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Liburan ke wilayah Bandung Barat merupakan ide yang bagus, terutama bagi Anda seorang traveler pecinta alam. Berbagai objek wisata alam tersebar menghiasi wilayahnya. Selain Sanghyang Heuleut yang sarat legenda, Anda juga bisa datang ke Curug Cimahi atau Curug Pelangi Cimahi yang tak kalah mempesona.

Curug Cimahi
credit: Husni Mubarok, CC BY-SA 2.0

Memang ada rencana wisata ke air terjun ini? Lokasinya di Desa Kertawangi, Kec. Cisarua, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat. Menariknya, Anda bisa berkunjung ke sini kapan saja, baik siang atau sore hari. Selain karena tak pernah kering, air terjun ini buka hingga pukul 21.00. Terus baca ulasan ini sebagai bekal informasi.

Daya Tarik Wisata Curug Cimahi

Curug cantik ini termasuk air terjun populer di Bandung Barat, selain Curug Malela. Lanskap alamnya sangat eksotis menyajikan derasnya air yang terjun dari benteng tebing yang tinggi. Dengan ketinggian mencapai 80 meter lebih, air terjun Curug Cimahi tampil sebagai yang tertinggi di kawasan Bandung dan sekitarnya.

Mengusung nama Cimahi bukan berarti curug ini berada di Kota Cimahi. Nama ini merujuk pada Sungai Cimahi sebagai sumber aliran curug ini. Istilah Cimahi dalam bahasa Sunda berarti air yang cukup. Demikianlah adanya, air Sungai Cimahi yang mengalir ke air terjun ini tak pernah kering, meski musim kemarau.

Ada juga sebutan yang lainnya yakni Rainbow Waterfall atau Curug Pelangi. Istilah ini lebih mengisyaratkan pesona curug yang menyala seperti pelangi ketika malam hari. Ini adalah daya tarik buatan, efek lampu facade yang terpasang di sekitar area curug. Karena itu, objek wisata ini kini buka hingga malam hari.

Melalui renovasi yang sedemikian rupa, nama Curug Pelangi Cimahi menjadi lebih populer daripada nama aslinya. Jumlah kunjungannya semakin meningkat, terutama sejak sore hari. Salah satunya berkat sosial media, air terjun ini pun ramai pengunjung dan menjadi salah satu tempat wisata yang hits di Bandung Barat.

Tidak hanya memadukan keindahan alam, kesejukan udara, serta fitur warna-warna pelangi ketika malam hari. Di sini, pengunjung juga bisa menyaksikan kawanan monyet yang jumlahnya mencapai ratusan ekor. Namun tenang saja, karena monyet-monyet di sekitar air terjun ini tergolong jinak dan jarang mengganggu.

Fasilitas Wisata Curug Pelangi Cimahi
credit: unsplash.com/@ibadahmimpi

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Seiring dengan perkembangannya, fasilitas Curug Pelangi di Bandung Barat pun semakin lengkap dan memadai. Fasilitas wisata yang ada di kawasannya mencakup shelter di sekitar jalur dari pintu gerbang menuju lokasi air terjunnya. Shelter tersebut juga merupakan spot terbaik untuk menikmati air terjun dari ketinggian

Ada juga pos jaga dan pusat informasi, beberapa tempat duduk, tempat sampah, toilet, piknik site, serta tempat beribadah berupa mushola. Untuk konsumsi, tersedia beberapa tempat makan minum berupa warung di sekitar kawasan air terjun. Selebihnya ada peta lokasi, lahan parkir kendaraannya yang luas pun tersedia.

Berkunjung ke sini, saran terbaik bawalah pakaian hangat, khususnya jika tidak terbiasa dengan suhu dingin. Suhu udaranya berkisar 18-22 derajat celcius. Objek wisata alam ini buka pukul 08.00-21.00. Kalau datang sebelum pukul 17.00, harga tiket masuk Curug Pelangi Cimahi lebih murah. Rinciannya sebagai berikut:

KeteranganHarga Tiket
Tiket Masuk 08.00-17.00IDR 15K
Tiket Masuk 17.00-21.00IDR 20K
Biaya Parkir KendaraanIDR 2K-5K
Note: harga tiket masuk di atas tidak selalu akurat, bisa berubah sewaktu-waktu
Harga Tiket Masuk Curug Pelangi Cimahi
credit: unsplash.com/@ibadahmimpi

Rute Lokasi Curug Pelangi Cimahi

Secara administratif, Curug Pelangi Cimahi berlokasi di Jl. Kolonel Masturi, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Cukup mudah untuk mencapainya serta tersedia berbagai rute menuju air terjun ini. Bisa dari arah Kota Cimahi, Kota Bandung, maupun dari kawasan Lembang.

Dari Bandung jaraknya kurang lebih 20 km atau 40 menit waktu tempuh berkendara. Kalau dari Kota Cimahi sekitar 12 km. Dari Bandung, Anda bisa ikuti rute ke Parongpong. Jika sampai di sekitar Universitas Advent Indonesia, jaraknya tinggal 1,5 km saja dengan terus berkendara di Jl. Kolonel Masturi. Peta Lokasi


EmoticonEmoticon