Air Terjun Parangloe Gowa, Fasilitas Wisata, Harga Tiket, Rute Lokasi

Selain terkenal sebagai tujuan wisata religi dan sejarah, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan juga memiliki banyak pilihan destinasi wisata alam. Khususnya bagi para pecinta air terjun, Gowa mengoleksi sejumlah air terjun yang cantik menakjubkan. Wisata air terjun Parangloe adalah salah satu yang terindah di sana.

Air Terjun Parangloe
credit: instagram.com/uchenklandscape

Bila ada rencana atau sedang berada di Sulawesi Selatan, mampirlah ke Kabupaten Gowa. Kunjungi air terjun Parang Loe di Desa Belapunranga, Kecamatan Parangloe. Sebagai bekal informasi, bacalah ulasan mengenai daya tarik, fasilitas wisata, harga tiket, serta rute ke lokasi Parangloe Waterfall Gowa berikut ini.

Daya Tarik Air Terjun Parangloe Gowa

Air Terjun Parangloe di Gowa merupakan air terjun yang indah. Bahkan, dikatakan sebagai salah satu yang terindah di Sulawesi Selatan. Komposisi alamnya menyajikan lanskap bebatuan yang eksotis. Air terjun ini tak tinggi, hanya sekira 20 meter. Namun lebar dan airnya jatuh secara bertahap melalui beberapa tingkat.

Masyarakat Parangloe sering menyebut air terjun ini Air Terjun Bantimurung II. Konon, katanya air terjun di Parang Loe bermuara di Air Terjun Bantimurung yang ada di daerah Maros. Meskipun sudah cukup terkenal, kondisi alamnya cenderung alami karena berada di area kehutanan dan kebersihannya terjaga.

Pesona Air Terjun Parang Loe Gowa terutama terlihat dari formasi batuan yang tertata sedemikian rupa. Airnya mengalir dari sungai selebar 15 meter, jatuh dalam debit yang cukup besar dan menyebar ke beberapa bagian. Melalui setidaknya 3 tingkatan lantai batu lalu tertampung di kolam sedalam 4-5 meter.

Selain bersantai sambil mengagumi keindahan, bermain air atau berenang di Air Terjun Parang Loe adalah aktivitas yang menyenangkan. Tapi perlu hati-hati, khususnya di bagian kolamnya yang dalam. Selain itu, waspadai kemungkinan air bah, terlebih jika datang di musim hujan yang mana debit airnya sangat besar.

Untuk diketahui, Air Terjun Parang Loe Gowa pernah ditutup dari kunjungan lantaran banyak menelan korban jiwa. Saran terbaik adalah berkunjung di musim kemarau ketika debit air surut. Kegiatan yang juga menarik adalah camping. Ada beberapa area lapang di sekitarnya yang ideal untuk mendirikan tenda.

Fasilitas Wisata di Parangloe Waterfall Gowa
credit: instagram.com/uchenklandscape

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Karena kondisinya masih sangat alami dan belum terkelola sepenuhnya sebagai tempat wisata, fasilitas Air Terjun Parang Loe sangat minim. Fasilitasnya yang tersedia sejauh ini hanya berupa area parkir kendaraan. Jaraknya kurang lebih 10 menit dari lokasi, sehingga masih perlu trekking untuk menuju lokasi air terjun.

Waktu terbaik berkunjung ke sini adalah pagi atau sore hari untuk menghindari terik matahari. Selain itu, pastikan juga membawa bekal makanan dan minuman karena belum ada penjual. Dan, bawalah peralatan camping jika ingin bermalam. Harga tiket masuk Air Terjun Parangloe Rp 5.000 + biaya parkir Rp 5.000.

Rute Lokasi Air Terjun Parangloe Gowa
credit: instagram.com/uchenklandscape

Rute Lokasi Air Terjun Parangloe Gowa

Air Terjun Parang Loe berlokasi di Belapunranga, Parangloe, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Sekitar 1 jam berkendara atau 35 kilometer ke arah timur dari Kota Makassar. Karena jalan menuju air terjun cukup ekstrem, sempit dan berbatu, rekomendasi terbaik untuk mencapainya adalah memakai sepeda motor.

Jika berangkat dari Makassar, Anda bisa mulai perjalanan berkendara menuju Gowa melalui jalan poros Malino-Gowa. Lokasinya cukup dekat dengan Bendungan Bili-Bili. Temukan Kantor Kehutanan dekat Malino, ada jalan masuk di sampingnya. Lalu lanjut sekira 2 kilometer ke air terjun ini. Lihat Peta Lokasi