Pulau Menjangan Bali - Daya Tarik, Biaya & Cara ke Menjangan Island

Pulau Bali sejauh ini tetap menjadi salah satu tujuan wisata terbaik bagi siapa saja yang ingin menyaksikan keindahan alam Indonesia. Tak hanya di darat, laut yang mengelilingi wilayah Bali juga menyimpan daya tarik yang luar biasa. Pulau Menjangan merupakan satu di antara tempat terbaik untuk menyaksikannya.

Pulau Menjangan Bali
credit: instagram.com/nikeniga

Bila Anda seorang traveler pecinta snorkeling atau diving, berlibur ke Pulau Menjangan Bali adalah ide yang bagus. Pulau ini berlokasi di Taman Nasional Bali Barat, kurang lebih 5 mil di barat laut Pulau Bali. Baca ulasan di bawah ini untuk mengetahui daya tarik, fasilitas, serta biaya snorkeling Menjangan Island.

Daya Tarik Pulau Menjangan Bali

Pulau Menjangan adalah pulau kecil tak berpenghuni. Secara alami, pulau ini merupakan habitat kijang atau rusa. Menjangan merupakan nama lain dari hewan mamalia tersebut yang kemudian menjadi nama dari pulaunya. Binatang lainnya termasuk burung jalak Bali yang terlindung di sebuah kawasan konservasi.

Meski kecil, pemandangan di Menjangan Island sangat indah dengan pasir pantai yang putih bersih serta air laut yang begitu jernih. Panorama alamnya makin sempurna dengan latar barisan gunung Pulau Jawa. Selain itu, pulau seluas 6000 meter ini juga menawarkan sejumlah pura ikonik dan sunrise yang menawan.

Begitulah adanya, tapi dalam hal pariwisata, pulau ini lebih terkenal dengan pesona bawah laut. Selain di Pantai Tulamben dan Crystal Bay, spot snorkeling Menjangan Island termasuk yang terpopuler di Bali. Bahkan, menawarkan pengalaman wall diving terbaik karena punya dinding terumbu karang yang dalam.

Wall diving Menjangan Island Bali akan mengajak penyelam mengagumi pesona bawah laut mengikuti jalur tebing berkedalaman 20-60 meter atau bahkan lebih. Meski demikian, terumbu karang juga sudah bisa dinikmati di kedalaman rendah. Jarak pandang bisa mencapai 50 meter berkat perairan yang tenang.

Di dasar laut Pulau Menjangan, pemandangan terumbu karang sangat menakjubkan berhiaskan barrel sponge dan sea fans. Di sini juga merupakan habitat angelfish, jackfish, batfish, penyu laut, hingga tuna. Spot diving di Menjangan Island yang populer di antaranya Eel Gardens, Anchor Wreck, Secret Bay, dll.

Sementara itu, snorkeling di Pulau Menjangan bisa dilakukan di banyak area. Tidak sedikit wisatawan yang melakukannya di sekitar jembatan tempat menambatkan perahu. Rekomendasi lain, Anda bisa mencoba spot snorkeling di dekat Pura Ganesha. Saking jernihnya, bayangan karang dan ikan bisa terlihat dari atas.

Fasilitas Wisata di Menjangan Island Bali
credit: instagram.com/nikeniga

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai pulau yang tak berpenghuni, tidak ada fasilitas untuk wisatawan di Pulau Menjangan. Pastikan bawa bekal makanan dan minuman, serta perbekalan lainnya seperti baju ganti, sunblock, dll. Anda bisa datang ke pulau ini memakai paket wisata open trip maupun private trip dari Bali ataupun Banyuwangi.

Fasilitas berupa penginapan umumnya bisa pengunjung dapati di Taman Nasional Bali Barat. Atau untuk opsi tempat menginap yang beragam, Anda bisa menemukannya di area Pantai Pemuteran Bali. Harganya pun bervariasi, ada yang murah hingga sejumlah hotel dan resort mewah dengan fasilitas sangat lengkap.

Harga tiket Pulau Menjangan sebesar Rp 10.000 dengan biaya asuransi Rp 5.000. Tapi, Anda perlu sewa kapal dengan biaya sekitar Rp 500.000. Sewa peralatan snorkeling Pulau Menjangan sebesar Rp 50.000. Serta, jasa pemandu Rp 100.000. Memilih open trip adalah ide bagus jika ingin memangkas biaya wisata.

Harga Snorkeling Pulau Menjangan Bali
credit: instagram.com/nikeniga

Cara menuju ke Pulau Menjangan

Pulau Menjangan berada di Taman Nasional Bali Barat. Secara administratif berlokasi di Sumber Klampok, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali. Apabila berangkat dari Denpasar Bali, Anda perlu menuju Pelabuhan Lalang dalam durasi berkendara 3 jam lebih. Lalu menyeberang ke Menjangan. Lihat Peta Lokasi.

Adapun jika berangkat dari Jawa, Anda bisa sewa perahu nelayan atau speed boat di Pantai Bangsring. Durasi penyeberangan ke Menjangan Island Bali kira-kira 1 jam. Atau, bisa juga berangkat dari Pantai Watu Dodol. Selain ke Pulau Tabuhan, di Watu Dodol juga banyak jasa paket wisata ke Menjangan Bali.

Harga paket diving Menjangan dari Watu Dodol/Bangsring mulai Rp 900.000. Fasilitasnya pun lengkap meliputi transportasi laut PP, peralatan menyelam, kamera underwater, guide, tiket masuk Menjangan, dll. Biaya snorkeling sebesar Rp 250.000, fasilitasnya lengkap termasuk kunjungan ke Bangsring Underwater*.