Wisata Alam di Malang - 20 Tempat Terindah Terbaik di Malang Raya

The Greater Malang Raya merupakan tujuan wisata yang menarik bagi siapa saja. Segala obsesi liburan bisa terealisasikan dengan cara yang menyenangkan di wilayahnya. Tak terkecuali bagi traveler pecinta alam, Malang adalah surga yang kaya pesona. Tempat wisata alam di Malang sangat banyak macamnya.

Wisata Alam di Malang Raya
credit: instagram.com/nikeniga

Selain dikelilingi perbukitan dan pegunungan, wilayah Malang juga mencakup jajaran pantai menawan di bagian selatan. Wisata air terjun pun tersebar acak di wilayahnya. Jadi, jangan ragu explore Malang. Untuk membantu Anda memfilter tujuan, berikut adalah daftar wisata alam di Malang yang menarik dikunjungi.

Wisata Alam Coban Pelangi di Malang

Wisata Alam Coban Pelangi di Malang
credit: instagram.com/muhonyfahreza

Seperti namanya, lanskap Coban Pelangi sering kali berhias warna-warni pelangi. Lokasinya di kawasan gunung terjal dan berliku di area Taman Nasional Bromo Tengger Semeru pada ketinggian 1.299,5 mdpl. Nuansanya didominasi rimbun hutan dengan suhu udara yang sangat sejuk, antara 19-23 derajat celcius.

HTM: 15K
Lokasi: Dusun Ngadas, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang

Pantai Batu Bengkung Malang Selatan

Pantai Batu Bengkung Malang Selatan
credit: instagram.com/izzatul_ichamia

Pantai Batu Bengkung termasuk objek wisata pantai terkenal di Malang. Komposisi alamnya unik dengan kolam alami dari cekungan karang yang ideal sebagai tempat bermain air. Selain itu, panorama alamnya eksotis dengan formasi tebing karang. Dan, salah satu pantai dengan sunset terindah di Malang Selatan.

HTM: 10K-15K
Lokasi: Area Hutan, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang

Wisata Agro Perkebunan Teh Wonosari

Wisata Agro Perkebunan Teh Wonosari
credit: instagram.com/intan.adyra

Menempati lereng Gunung Arjuno, Kebun Teh Wonosari adalah objek wisata alam di Malang berikutnya. Dengan luas 528 hektar, Wisata Agro Wonosari menyajikan pemandangan yang sedap di pandang mata. Di sini juga ada pemandian air panas, outbound, trek gowes dan trail. Juga, camping dan jalur pendakian.

HTM: 15K-20K
Lokasi: Desa Bodean Putuk, Toyomarto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang

Wisata Alam Sumber Sirah di Malang

Wisata Alam Sumber Sirah di Malang
credit: instagram.com/nikeniga

Sumber Sirah merupakan kolam alami berair jernih. Tergolong wisata baru yang menawarkan keindahan underwater. Beragam tanaman ganggang mendominasi dasarnya, lengkap dengan ikan-ikan kecil yang turut memperindah bawah airnya. Di sini, Anda bisa berenang atau menjelajahi perairannya dengan ban.

HTM: 5K
Lokasi: Jl. Sunan Kalijaga I RT.05/RW.02, Putuk Utara, Putukrejo, Gondanglegi, Malang

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
credit: instagram.com/dhana_kusuma17

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru merupakan primadona wisata Indonesia yang mendunia. Banyak jalur untuk memasukinya, termasuk dari Malang sebagai jalur pendakian resmi Gunung Semeru, gunung tertinggi di Jawa. Jalur ini juga mengantar Anda ke Bukit Teletubbis dan Gunung Bromo yang fenomenal.

HTM: 29K-34K
Lokasi: Desa Wisata Gubukklakah, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang

Pantai Teluk Asmara di Malang Selatan

Pantai Teluk Asmara di Malang Selatan
credit: instagram.com/prastya_jr

Tempat wisata alam di Malang yang berupa pantai berjumlah puluhan. Di antara sekian pantai yang ada di sana, Pantai Teluk Asmara adalah primadona. Banyak yang mengatakan bahwa pemandangan pantai ini mirip Raja Ampat di Papua. Anda wajib mengunjunginya, camping di sana, beragam fasilitas pun tersedia.

HTM: 10K-15K
Lokasi: Tambak, Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang

Wisata Alam Coban Rondo Pujon Malang

Wisata Alam Coban Rondo Pujon Malang
credit: flickr.com/johanwieland, CC BY-ND 2.0

Berada di perbatasan Malang dan Batu, Coban Rondo telah lama menjadi tempat wisata alam populer di Malang Raya. Seiring popularitas pariwisata Kota Batu, Coban Rondo tidak sekedar menyajikan pesona alamnya. Beraneka wahana dan aktivitas outdoor tersedia, termasuk Labirin Coban Rondo yang terkenal.

HTM: 15K-18K
Lokasi: Jl. Coban Rondo, Krajan, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang

Wisata Alam Sumber Maron di Malang

Wisata Alam Sumber Maron di Malang
credit: instagram.com/arizzack

Wisata Sumber Maron menawarkan beragam aktivitas yang seru dan menarik di atas perairan. Berenang atau bermain air adalah cara mudah untuk bergembira dan river tubing menjadi aktivitas favorit di tempat ini. Nikmati keseruan aktivitas wisatanya dengan tetap takjub pada perpaduan indah panorama alamnya.

HTM: 5K-10K
Lokasi: Dusun Adi Luwih, Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang

Air Terjun Coban Ciblungan Ampelgading

Air Terjun Coban Ciblungan Ampelgading
credit: instagram.com/indraiswanto84

Selain pantai, Malang Raya sangat memanjakan traveler dengan bermacam air terjun. Coban Ciblungan adalah salah satu yang terindah dan wajib dikunjungi. Meski tak tinggi, komposisi alamnya tertata rapi dengan jajaran air terjun rendah dan satu air terjun utama. Mudah mencapainya, tak perlu trekking lama.

HTM: 5K-10K
Lokasi: Jl. Raya Dampit-Lumajang, Ampelgading, Sumberpitu, Sidorenggo, Malang

Pantai Balekambang di Malang Selatan

Pantai Balekambang di Malang Selatan
credit: instagram.com/indramon_

Sejak tahun 1985, Pantai Balekambang adalah tempat wisata alam andalan di Malang. Lanskap alamnya, gelombang ombak yang panjang, dan pasir putih nan luas telah mencipta komposisi yang layak dikagumi. Mirip Tanah Lot Bali dengan pura di lepas pantai. Ini adalah pantai dengan fasilitas terlengkap di Malang.

HTM: 15K
Lokasi: Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang

Tempat Wisata Alam Sumber Pitu Pujon

Air Terjun Sumber Pitu Pujon Malang
credit: instagram.com/sumberpitupujon

Berbatasan dengan Kota Batu, daerah Pujon merupakan destinasi yang menyumbang banyak objek wisata alam di Malang. Wisata alam Sumber Pitu Pujon salah satunya, tujuan populer di kalangan pecinta alam. Air terjun ini sangat eksotis karena airnya jatuh berbaris melalui celah tebing lebar yang tinggi menjulang.

HTM: 10K
Lokasi: Desa Pujon Kidul, Krajan, Pandesari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang

Wisata Alam Sumber Jenon di Malang

Wisata Alam Sumber Jenon di Malang
credit: tajinan.malangkab.go.id

Dengan kedalaman hingga 4 meter, Sumber Jenon merupakan mata air dari kaki Gunung Ronggo. Airnya jernih kebiru-biruan dengan batang pohon Jenu besar yang ikonik di dasarnya. Menurut mitos, air di sini memiliki efek penyembuhan penyakit dan sebagai rumah bagi 37 ikan sengkaring berusia ratusan tahun.

HTM: 5K
Lokasi: Sumber Jenon, Desa Gunungronggo, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang

Wisata Pantai Ngliyep di Malang Selatan

Wisata Pantai Ngliyep di Malang Selatan
credit: unsplash.com/@rifkydoglekk

Sebagai objek wisata, Pantai Ngliyep telah menjadi tujuan favorit sebelum Pantai Balekambang terkenal. Tetap diminati hingga kini. Dengan luas area mencapai 10 hektar, pantai ini sangat indah dan mencakup beberapa spot, termasuk Teluk Putri dan Gunung Kombang. Fasilitasnya lengkap dan banyak spot selfie.

HTM: 15K
Lokasi: Area Hutan, Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang

Pendakian ke Gunung Arjuno Welirang

Pendakian ke Gunung Arjuno Welirang
credit: instagram.com/blogkulo

Dengan ketinggian 3339 mdpl, Gunung Arjuno masuk daftar gunung tertinggi di Pulau Jawa. Lokasinya di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Dari kawasan metropolitan Malang Raya, Anda bisa mendaki melalui jalur Lawang di Malang atau jalur Sumber Brantas atau Cangar di Batu.

HTM: 10K/mlm
Lokasi: Basecamp Lawang, Gemuk Utara, Wonorejo, Lawang, Kabupaten Malang

Wisata Alam Waduk Selorejo Ngantang

Wisata Alam Waduk Selorejo Ngantang
credit: instagram.com/intan.adyra

Terutama bila Anda suka memancing, Bendungan atau Waduk Selorejo di daerah Ngantang bisa menjadi tujuan utama. Selain indah berhias setidaknya tiga gunung dan Pulau Jambu, waduk seluas 650 hektar ini memang terkenal sebagai spot mancing. Selain itu, banyak wahana wisata air. Fasilitasnya juga memadai.

HTM: 10K
Lokasi: Dusun Sambirejo, Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang

Wisata Pantai Tiga Warna Malang Selatan

Wisata Pantai Tiga Warna Malang Selatan
credit: instagram.com/muhonyfahreza

Tempat wisata alam Malang Raya berikutnya adalah Pantai Tiga Warna. Salah satu yang terindah, terkenal, dan terbersih di Malang Selatan. Berada di area konservasi dengan sejumlah syarat mengikat bila ingin memasukinya. Perlu booking jauh-jauh hari. Di sinilah spot terbaik untuk menikmati pesona bawah laut.

HTM: 10K
Lokasi: Jl. Sendang Biru, Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang

Tempat Wisata Sumber Pitu di Tumpang

Sumber Pitu Tumpang Malang
credit: instagram.com/yusuferoll

Destinasi wisata alam Malang yang bernama Sumber Pitu tidak hanya satu. Selain Sumber Pitu di Pujon, ada juga Sumber Pitu Tumpang. Keduanya berupa air terjun, dengan pesona berbeda tapi sama indahnya. Coban Sumber Pitu di Tumpang ini unik karena punya 7 aliran meski bersumber dari mata air yang sama.

HTM: 5K-10K
Lokasi: Dusun Krajan, Desa Duwet Krajan, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang

Wisata Alam Coban Sewu (Tumpak Sewu)

Wisata Alam Coban Sewu (Tumpak Sewu)
credit: instagram.com/muhonyfahreza

Meskipun lebih terkenal sebagai wisata alam Lumajang, air terjun Tumpak Sewu berlokasi di perbatasan Malang. Ini adalah salah satu air terjun terindah dan tertinggi di Indonesia yang terkenal mendunia. Nama Tumpak Sewu mewakili sudut dari Lumajang, adapun nama Coban Sewu mewakili wisata alam di Malang.

HTM: 10K
Lokasi: Dusun Wonokerto, Sidorenggo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang

Wisata Pantai Ungapan Malang Selatan

Wisata Pantai Ungapan Malang Selatan
credit: instagram.com/ilfidianaa

Pecinta pantai demikian dimanjakan di kawasan Malang Raya. Sangat banyak wisata pantai di sana dan saling bertetangga. Pantai Ungapan adalah salah satu ruas Pantai Bajul Mati yang legendaris. Pantai ini menjadi rekomendasi karena banyak aktivitas dan terkenal dengan pemandangan sunset yang indah.

HTM: 10K
Lokasi: Pantai Ungapan, Dusun Umbulrejo, Gajahrejo, Gedangan, Kabupaten Malang

Tempat Wisata Air Terjun Coban Glothak

Tempat Wisata Air Terjun Coban Glothak
credit: instagram.com/inedjem

Menutup daftar wisata alam di Malang Raya, ada air terjun Coban Glotak yang eksotis dan mempesona. Termasuk wisata air terjun tersembunyi di Malang. Berada di lereng Gunung Kawi, air di Coban Glothak jatuh dari ketinggian sekira 100 meter dan merupakan tingkatan terendah dari 7 air terjun lain di atasnya.

HTM: 5K
Lokasi: Jalan Raya Coban Glothak, Area Hutan, Dalisodo, Wagir, Kabupaten Malang

Demikian daftar rekomendasi tempat wisata alam Malang Raya. Tentunya, daftar di atas hanya mencakup sebagian kecil objek wisata alam di Malang. Daftar ini juga belum termasuk Wisata Alam di Batu. Anggap saja artikel ini adalah menu pembuka sebagai gambaran sebelum Anda benar-benar tiba di Malang Raya.