Pulau Sombori Sulteng - Daya Tarik Wisata & Cara ke Sombori Island

Bagi para traveler pecinta alam, Indonesia laksana surga yang indah di setiap sudutnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki daya tarik alam tersendiri, tidak terkecuali di Morowali. Kabupaten di Sulawesi Tengah ini areanya juga mencakup Pulau Sombori yang indah sehingga dijuluki Raja Ampatnya Sulawesi Tengah.

Pulau Sombori Sulawesi Tengah
credit: instagram.com/nikeniga

Terutama jika Anda menyukai wisata bahari, berwisata ke Sombori akan memberi pengalaman tersendiri. Secara administratif pulau cantik ini berlokasi di Desa Mbokita, Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali. Lebih lanjut mengenai daya tarik, biaya, dan cara ke Pulau Sombori, bacalah ulasan berikut ini.

Daya Tarik Wisata Pulau Sombori

Sombori merupakan kawasan konservasi laut berupa kepulauan seluas 41.342 hektar. Desa Mbokita yang mewakili lokasi administratifnya hanyalah bagian kecil dari Kepulauan Sombori. Ada setidaknya 30 pulau kecil di areanya. Sebagian dihuni nelayan Suku Bajo dan selebihnya merupakan pulau tak berpenghuni.

Dalam sejarah, Pulau Sombori konon ditemukan sepasang suami istri suku Bajo dari Sulawesi Tenggara. Mereka hidup nomaden hingga terdampar di pulau yang kini bernama Mbokita. Dalam hal pariwisata, Pemerintah Kabupaten Morowali memperkenalkan kepulauan ini melalui Festival Bajo Pasakayang 2014.

Pulau Sombori Sulawesi Tengah sangatlah indah. Bahkan saking indahnya, banyak yang menyebut pulau ini sebagai perwujudan dari 3 destinasi terkenal di Indonesia, yakni Wakatobi, Bunaken dan Raja Ampat. Namun, kesan yang populer terkait Sombori Islands adalah mewakili citra Raja Ampat di Sulawesi Tengah.

Julukan Raja Ampat merujuk pada panorama yang terlihat dari Pulau Kayangan atau Kayangan Resort. Wisatawan bisa menikmati lanskap gugusan pulau karang, pantai, dan bentang laut yang indah dengan mendaki bukit di pulau ini. Butuh sekitar 10 menit untuk tiba di puncak meski jalurnya berbatu dan licin.

Dengan area yang sangat luas, Pulau Sombori Morowali menawarkan banyak aktivitas selain memanjakan wisatawan dengan pemandangannya. Salah satu kegiatan menarik di sini adalah berenang atau bermain air di perairan yang dangkal dan tenang. Atau, selami keindahan bawah laut melalui aktivitas snorkeling.

Pantai di Sombori Islands juga sangat indah dengan pasir putih bersih. Anda bisa bersantai di pantai atau berperahu menjelajah perairan dan melebar ke sejumlah goa eksotis, yakni Goa Allo, Goa Berlian, dan Goa Tengkorak. Tempat wisata lain yang terkenal adalah Air Kiri yang menyerupai danau di dekat Goa Berlian.

Cara ke Sombori Island Sulawesi Tengah
credit: instagram.com/nikeniga

Fasilitas Wisata di Pulau Sombori

Sebagai tujuan wisata yang terbilang baru dan terpencil, fasilitas Sombori Island Morowali cukup terbatas. Fasilitas umumnya ada di pusat wisata Kepulauan Sombori, yakni Pulau Kayangan Resort. Selain menjadi spot utama untuk menikmati pemandangan terbaik Sombori, Kayangan Resort adalah tempat menginap.

Kayangan Resort mencakup 8 bangunan rumah kayu dengan dua kamar. Harga untuk satu kamarnya Rp 600.000. Meski merupakan destinasi wisata Sulawesi Tengah, Pulau Sombori sering menjadi satu paket dengan Pulau Labengki Sulawesi Tenggara. Di sini wisatawan hanya singgah dan menginap di Labengki.

Biaya Wisata ke Pulau Sombori Sulteng
credit: instagram.com/nikeniga

Biaya dan Cara ke Sombori Island

Pulau Sombori berada di perbatasan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara, namun secara administratif masuk Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah lihat Peta Lokasi. Karena itu ada dua rute atau cara ke Pulau Sombori. Bisa dari Bungku Pesisir di Morowali, Sulteng atau dari Pelabuhan Molawe Konawe Utara, Sultra.

Jika berangkat dari Sulawesi Tengah, dari ibu kota Morowali di Bungku Tengah, lanjutkan perjalanan darat ke Tanda Oleo di Bungku Pesisir selama kurang lebih 2 jam. Lalu, bisa berlayar dengan perahu ketinting selama kurang lebih 3 jam ke Kepulauan Sombori. Untuk akses yang lebih cepat bisa menaiki speed boat.

Biaya trip ke Sombori Island bervariasi, mulai dari Rp 850.000 per orang, minimal 8 orang untuk dua hari satu malam. Harga tersebut umumnya sudah mencakup sewa perahu, penginapan, makan, dan jelajah spot wisata Sombori. Sejauh ini, paket wisata Labengki Sombori lebih banyak menjadi pilihan wisatawan.

Kalau memilih trip Labengki Sombori, cara termurah adalah memakai jasa open trip. Harganya antara 1-1,5 juta rupiah per orang. Untuk rute dan durasi, dari Konawe Utara berlayar ke Pulau Labengki sekira 2 jam lalu ke Pulau Sombori 1 jam. Durasi paket wisata ini ada yang 3 hari 2 malam hingga 4 hari 3 malam.