Beranda
Destinasi Wisata
Morowali
Pulau
Sulawesi Tengah
Pulau Sombori Sulteng, Daya Tarik dan Cara ke Sombori Island

Bagi traveler pecinta alam, Indonesia laksana surga yang indah. Setiap daerah di Indonesia punya daya tarik alam tersendiri, tidak terkecuali di Morowali. Kabupaten di Sulawesi Tengah ini areanya juga mencakup Pulau Sombori yang indah, yang dijuluki Raja Ampat Sulawesi Tengah.

Terutama jika Anda menyukai wisata bahari, liburan ke Sombori akan memberi kesan tersendiri. Pulau cantik ini berlokasi di Desa Mbokita, Kecamatan Menui Kepulauan, Kabupaten Morowali. Lebih lanjut mengenai daya tarik, biaya, dan cara ke Pulau Sombori, bacalah ulasan berikut:

Daya Tarik Wisata Pulau Sombori

Sombori adalah kawasan konservasi laut berupa kepulauan seluas 41.342 hektar. Desa Mbokita yang mewakili lokasi administratif, hanya bagian kecil dari Kepulauan Sombori. Ada setidaknya 30 pulau kecil yang sebagian dihuni nelayan Suku Bajo dan selebihnya pulau tak berpenghuni.

Dalam sejarah, Pulau Sombori konon ditemukan suami istri suku Bajo dari Sulawesi Tenggara. Mereka hidup nomaden hingga terdampar di pulau yang kini bernama Mbokita. Dalam hal wisata, Pemerintah Kabupaten Morowali mempromosikan Sombori melalui Festival Bajo Pasakayang.

Pulau Sombori Sulawesi Tengah sangat indah. Bahkan, banyak yang menyebutnya sebagai perwujudan dari 3 destinasi terkenal Indonesia, yakni Wakatobi, Bunaken dan Raja Ampat. Namun, kesan yang populer terkait Sombori Islands adalah citra Raja Ampat di Sulawesi Tengah.

Julukan Raja Ampat merujuk pada lanskap yang terlihat dari Pulau Kayangan (Kayangan Resort). Wisatawan bisa menikmati lanskap gugusan pulau karang, pantai, dan bentang laut yang indah dengan mendaki bukit. Butuh sekitar 10 menit menuju puncak meski jalurnya berbatu dan licin.

Dengan area yang luas, Pulau Sombori Morowali menyajikan banyak aktivitas selain memanjakan wisatawan dengan pemandangan. Salah satu kegiatan menarik adalah berenang atau bermain air di perairan yang dangkal dan tenang. Atau, selami keindahan bawah laut dengan snorkeling.

Pantai di Sombori Islands juga indah dengan pasir putih bersih. Anda bisa bersantai di pantai atau berperahu menjelajah perairan dan melebar ke sejumlah goa, Goa Allo, Goa Berlian, dan Goa Tengkorak. Tempat wisata lain yang terkenal adalah Air Kiri yang mirip danau di dekat Goa Berlian.

{next}

Fasilitas Wisata di Pulau Sombori

Sebagai tujuan wisata baru dan terpencil, fasilitas Sombori Island Morowali cukup terbatas dan umumnya ada di pusat wisata Kepulauan Sombori, yakni Pulau Kayangan. Selain menjadi spot utama menikmati pemandangan terbaik di Sombori, Kayangan Resort adalah tempat menginap.

Kayangan Resort memiliki 8 rumah kayu dengan dua kamar. Harga untuk satu kamar Rp 600.000. Meski termasuk tujuan wisata Sulawesi Tengah, Pulau Sombori sering jadi satu paket dengan Pulau Labengki Sulawesi Tenggara. Di sini wisatawan hanya singgah dan menginap di Labengki.

Biaya dan Cara ke Sombori Island

Pulau Sombori berada di antara Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara, tapi secara administratif masuk Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah lihat Peta. Karena itu ada 2 rute atau cara ke Pulau Sombori, dari Bungku Pesisir di Morowali, Sulteng atau Pelabuhan Molawe Konawe Utara, Sultra.

Jika berangkat dari Sulawesi Tengah, dari ibu kota Morowali di Bungku Tengah, perjalanan darat ke Tanda Oleo di Bungku Pesisir sekitar 2 jam. Lalu, berlayar dengan perahu ketinting selama kurang lebih 3 jam ke Kepulauan Sombori. Untuk akses yang lebih cepat bisa naik speed boat.

Biaya trip ke Sombori Island mulai dari Rp 850.000 per orang, minimal 8 orang untuk dua hari satu malam. Harga itu umumnya sudah termasuk sewa perahu, penginapan, makan, dan jelajah spot wisata Sombori. Sejauh ini, paket wisata Labengki Sombori lebih banyak menjadi pilihan.

Untuk trip Labengki Sombori, cara termurah adalah memakai jasa open trip. Harganya 1-1,5 juta per orang. Untuk rute dan durasi, dari Konawe Utara berlayar ke Pulau Labengki sekira 2 jam lalu ke Pulau Sombori 1 jam. Durasi paket wisata ini ada yang 3 hari 2 malam hingga 4 hari 3 malam.