Pantai Bira Bulukumba - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk, Lokasi

Terkenal sebagai daerah pembuat kapal pinisi, Bulukumba di Sulawesi Selatan merupakan destinasi wisata yang ideal bagi pecinta bahari. Tanjung Bira menjadi primadona wisatanya. Kawasan ini terkenal karena memiliki sejumlah pulau dan pantai yang sangat indah. Dan, Pantai Bira adalah daya tarik utama di sana.

Pantai Bira Bulukumba Sulawesi Selatan
credit: Andrey Samsonov, CC BY-NC-ND 2.0

Intinya, rencanakan liburan ke Bulukumba. Berlibur di Kawasan Wisata Tanjung Bira, nikmatilah keindahan dan kemeriahan suasana di Pantai Bira. Lokasinya berada di Desa Bira, Kec. Bontobahari, Kab. Bulukumba, Sulawesi Selatan. Mengenai daya tarik, harga tiket masuk, fasilitas, dan rute lokasi, baca ulasan berikut ini.

Daya Tarik Wisata di Pantai Bira

Sebagai tempat wisata utama di Tanjung Bira, Pantai Bira merupakan pantai yang menawan. Pasirnya yang putih dengan butiran halus dan lembut melebar landai kurang lebih 50 meter. Pasir pantainya memanjang hingga lebih dari 1 kilometer sebelum akhirnya menyambung dengan pesisir Pantai Bara di sisi baratnya.

Komposisi alam yang tersaji begitu sedap dipandang. Warna pasir yang terang berpadu dengan perairan dangkal yang membentang tenang. Nampak seperti kolam raksasa dengan gradasi birunya lautan yang memanjakan mata. Karena itu, wisatawan di Pantai Tanjung Bira banyak menghabiskan waktu di perairan.

Di pantai ini Anda bisa sepuasnya berenang di laut ataupun sekedar bermain air. Cocok sebagai destinasi wisata keluarga. Anak-anak bisa bermain bergembira di hamparan pasir yang halus lembut atau berenang di pantai. Selain itu, tersedia juga pilihan wahana air atau watersport, seperti donat boat, banana boat, dll.

Tidak sedikit pengunjung yang bermain voli pantai atau permainan lainnya di tepi pantai ini. Lakukanlah jika Anda menyukainya. Yang pasti, usahakan bertahan hingga senja menjelang seiring matahari perlahan terbenam. Momen sunset di Tanjung Bira yang menakjubkan, termasuk yang terindah di Sulawesi Selatan.

Bila durasi liburan kali ini panjang, cobalah melebar ke Pantai Bara di sisi barat atau ke sisi timur ke Pantai Panrang Luhu. Suka snorkeling diving? kunjungi Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing dengan perahu. Lalu, selami dan kagumi keindahan bawah lautnya. Ada juga penangkaran penyu di Pulau Liukang Loe.

Selebihnya, kini semakin banyak pilihan tempat wisata baru di Tanjung Bira. Salah satu yang ikonik adalah Titik Nol Sulawesi yang berbentuk perahu pinisi. Tak jauh dari tempat tersebut, ada opsi wisata kekinian berupa Jembatan Kaca dan Teras Bira yang cocok sebagai tempat nongkrong dengan sejumlah spot selfie.

Fasilitas Wisata di Tanjung Bira Bulukumba Sulsel
credit: Randy Tan Travelogue, CC BY-NC-ND 2.0

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Sebagai destinasi andalan di Kawasan Wisata Tanjung Bira, fasilitas Pantai Bira Bulukumba sangat lengkap dan memadai. Luas area parkirnya mencapai 2 hektar lengkap dengan masjid dan beberapa gazebo untuk istirahat. Bahkan, pihak pengelola juga menyediakan layanan shuttle untuk mencapai lokasi wisata utama.

Pantai Tanjung Bira juga cocok sebagai destinasi wisata kuliner karena terdapat puluhan tempat makan atau restoran di areanya. Demikian juga dengan akomodasi, Anda bisa memilih tempat menginap sesuai dengan kebutuhan. Ada berbagai penginapan berupa hotel dan homestay dengan tarif yang bervariasi.

Fasilitas lainnya mencakup kios cindremata dan beraneka toko lain, ATM, hingga fasilitas kesehatan. Untuk menunjang aktivitas, ada watersports, penyewaan perahu dan alat snorkeling jika ingin menyeberang ke Pulau Liukang Loe dan Pulau Kambing. Di Desa Bira juga terdapat pelabuhan kapal ferry ke Pulau Selayar.

KeteranganHarga
Tiket MasukWISNUS± Rp 10.000
WISMAN± Rp 20.000
Wahana AirBanana Boat± Rp 100.000
Donat Boat± Rp 150.000
Jelajah PulauAlat Snorkeling± Rp 25.000
Perahu Pulau Liukang Loe± Rp 300.000
Tiket Penangkaran Penyu± Rp 10.000
Perahu ke Pulau Kambing± Rp 700.000
Note: harga tiket masuk Pantai Tanjung Bira beserta biaya wisata yang tertulis dalam daftar di atas tidak selalu akurat dan bisa berubah sewaktu-waktu.
Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Bira
credit: Fabio Achilli, CC BY 2.0

Rute Lokasi Wisata Tanjung Bira

Kawasan Pantai Tanjung Bira terletak di ujung tenggara dari Provinsi Sulawesi Selatan. Lokasi tepatnya berada di Desa Bira, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Berjarak kurang lebih 200 kilometer dari Kota Makassar atau sekitar 5 jam perjalanan berkendara melalui jalan provinsi.

Bisa memakai kendaraan pribadi atau transportasi umum dari Makassar ke Pantai Bira. Untuk transportasi umum, biayanya sekitar Rp 35.000-40.000 sampai di Ujung Bulu, ibu kota Bulukumba. Lalu, naik pete-pete jurusan Tanjung Bira dengan harga Rp 10.000 (hanya beroperasi hingga sore hari). Gunakan Peta Lokasi.