Tempat Snorkeling di Bali - 7 Spot Snorkeling Bali Terbaik & Terindah

Snorkeling adalah salah satu aktivitas wisata populer di kalangan wisatawan Bali. Berkat pesona bawah lautnya, banyak tempat snorkeling di Bali yang popularitasnya telah mendunia. Bila Anda suka aktivitas tersebut, berikut daftar spot snorkeling Bali. Setidaknya ada 7 yang terindah dan wajib Anda kunjungi.

Tempat Snorkeling di Bali
credit: unsplash.com/@davidhenrichs

Snorkeling Pulau Menjangan Bali

Pulau Menjangan merupakan pulau kecil tak berpenghuni di Taman Nasional Bali Barat. Snorkeling dan diving menjadi tujuan utama wisatawan di sini. Terkenal sebagai spot wall diving terbaik di Bali berkat jalur dinding tebing karang berkedalaman hingga 60 meter lebih. Lokasi menyelamnya pun banyak dan beragam.

Snorkeling Pulau Menjangan Bali
credit: instagram.com/nikeniga

Untuk snorkeling di Menjangan, hanya perlu berenang menyelami perairan dangkal. Anda sudah bisa menikmati keindahan keragaman hayati yang menawan. Tempat snorkeling terbaik di Menjangan Bali, salah satunya ada di dekat Pura Ganesha. Manfaatkan paket wisata agar mudah menjelajahi spot yang lainnya.

Lokasi: Sumber Klampok, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

Nusa Penida dan Nusa Lembongan

Nusa Penida beserta Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan merupakan tujuan wisata bahari yang sangat terkenal di Bali. Lokasinya berada di sisi tenggara Pulau Bali terpisahkan oleh Selat Badung. Selain jajaran pantai yang masyhur di mata dunia, pulau-pulau ini juga populer sebagai tempat snorkeling diving di Bali

Spot Snorkeling Nusa Penida Bali
credit: unsplash.com/@lolimass

Manta Bay menjadi spot terpopuler karena merupakan habitat ikan pari manta. Selanjutnya Crystal Bay yang menyajikan ragam terumbu karang dan biota laut di bawah bening airnya. Lalu, ada juga Mangrove Point di Nusa Lembongan. Spot lain adalah Batu Lumbung, Malibu Point, Batu Abah, dan Batu Meling, dll.

Lokasi: Nusa Penida & Lembongan, Kabupaten Klungkung, Bali

Tempat Snorkeling Tulamben Bali

Berbicara perihal tempat snorkeling di Bali, tak akan lengkap tanpa memasukkan Pantai Tulamben dalam daftar terbaik. Sebab, Tulamben adalah salah satu tempat yang turut membuat keindahan underwater Bali terkenal di mancanegara. Demikianlah adanya, snorkeling dan diving adalah aktivitas utama di pantai ini.

Tempat Snorkeling Tulamben Bali
credit: Kong, CC BY-SA 2.0

Spot paling terkenal di Tulamben adalah USAT Liberty Shipwreck. Kapal yang karam puluhan tahun silam tersebut kini menjadi rumah ratusan jenis ikan beraneka warna dan ukuran. Tidak ketinggalan beraneka coral turut memperindahnya. Scuba diving menjadi cara terbaik agar lebih puas menjelajahi pesonanya.

Lokasi: Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Bali

Snorkeling di Pantai Blue Lagoon

Pantai Blue Lagoon yang berlokasi di sekitar Pelabuhan Padang Bai juga menawarkan pesona bawah laut yang luar biasa. Dengan kondisi perairan yang tenang, beraneka jenis ikan yang berwarna-warni hidup harmoni di sekitar terumbu karang nan cantik. Spot terbaik bagi pecinta macro underwater photography.

Blue Lagoon Beach di Padang Bai
credit: unsplash.com/@taylorgsimpson

Apabila menggunakan paket snorkeling Bali, Anda setidaknya bisa menikmati dua titik penyelaman, yakni Blue Lagoon dan Tanjung Jepun. Masing-masing spot tersebut umumnya berdurasi satu jam. Bermula dari menyaksikan pemandangan bawah laut di Tanjung Jepun lalu berlanjut ke spot snorkeling di Blue Lagoon.

Lokasi: Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali

Tempat Snorkeling di Pantai Sanur

Masuk dalam jajaran kawasan resor tertua di Pulau Dewata, Pantai Sanur yang indah juga menawarkan banyak aktivitas wisata. Selain terkenal sebagai spot terbaik menikmati matahari terbit di Bali, beraneka wahana air tersedia di kawasan wisatanya. Termasuk tempat snorkeling di Bali yang ideal bagi pemula.

Tempat Snorkeling di Sanur Bali
credit: Joanne Wan, CC BY-NC-ND 2.0

Terkait kegiatan menyelam, Sanur adalah situs dangkal dengan karang yang membentang di sepanjang sisinya. Di sini Anda bisa menyaksikan bat fish, parrot fish, puffer fish dan banyak lagi. Tapi visibilitasnya bergantung ombak. Selain snorkeling, aktivitas populer menikmati underwater di Sanur adalah Seawalker.

Lokasi: Wisata Pantai Sanur, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali

Snorkeling Pantai Pemuteran Bali

Tempat snorkeling di Bali berikutnya berada di Pantai Pemuteran. Salah satu Tempat Wisata di Buleleng yang cantiknya luar dalam. Beragam aktivitas liburan bisa Anda lakukan di kawasannya, pun demikian dengan fasilitasnya. Karena dekat, snorkeling di sini bisa dijadikan satu paket dengan Pulau Menjangan.

Snorkeling Pantai Pemuteran Bali
credit: unsplash.com/@biorock_indonesia

Terkait keindahan bawah lautnya, Pantai Pemuteran Bali Menyajikan ragam bentuk terumbu karang hasil teknologi Biorock yang konon merupakan yang terbesar di dunia. Ada yang mengatakan kekayaan biota lautnya mencakup 80 persen jenis terumbu karang di dunia dan telah mendapat penghargaan SKAL 2003.

Lokasi: Pemuteran, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali

Tempat Snorkeling di Pantai Amed

Tidak hanya Tulamben, Pantai Amed pun turut mewakili keindahan bawah laut Bali Timur yang terkenal hingga ke mancanegara. Amed, terkhusus perairan Teluk Jemeluk adalah rumah bagi keanekaragaman kehidupan laut. Bahkan, lokasi snorkeling di kawasan Amed bisa Anda capai tidak jauh dari pantainya.

Tempat Snorkeling di Pantai Amed
credit: unsplash.com/@prelevicm

Di sini Anda bisa melihat aneka ikan yang lucu seperti parrot fish, angel fish, morrish idols, bat fish dan lain-lain. Anda pun bisa bertemu penyu hijau dan hiu karang kecil jika beruntung. Tempat snorkeling di Amed Bali sangatlah beragam. Coral garden dan Japanese shipwreck point menjadi yang paling terkenal.

Lokasi: Pantai Amed, Bunutan, Abang, Kabupaten Karangasem, Bali

Demikian sekilas daftar rekomendasi terbaik untuk tempat snorkeling di Bali. Tentunya, apa yang tersaji di atas belumlah mencakup semua spot snorkeling Bali. Meskipun tidak masuk dalam daftar, Pantai Tanjung Benoa dan Labuhan Amuk di Karangasem juga merupakan tempat snorkeling terfavorit di Pulau Dewata Bali.