Lembah Harau Sumbar - Daya Tarik Wisata, Harga Tiket Masuk, Rute

Bagi traveler, Sumatera Barat (Sumbar) punya beragam jenis wisata alam. Mulai dari wisata laut, pantai, gunung, danau, hingga ngarai yang indah. Dari sekian banyak destinasi wisata di sana, Harau Valley atau Lembah Harau merupakan salah satu primadona. Destinasi wajib bagi wisatawan saat liburan ke Sumbar.

Lembah Harau Payakumbuh Sumatera Barat
credit: Bernhard Huber, CC BY-NC-ND 2.0

Kawasan Lembah Harau berada di dekat Kota Payakumbuh. Tepatnya di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Sebagai bekal informasi terkait sejarah, daya tarik, fasilitas wisata, dan rute lokasinya, baca ulasannya di bawah ini. Termasuk juga info perihal harga tiket masuk Lembah Harau.

Daya Tarik Wisata Harau Valley Sumbar

Lembah Harau merupakan ngarai curam yang terapit dinding tebing dengan ketinggian 100-200 meter. Lanskapnya begitu menawan, cenderung eksotis dengan topografi berbukit-bukit dan bergelombang. Bukit Jambu, Bukit Air Putih, Bukit Singkarak, Bukit Tarantang adalah nama-nama bukit di Harau Valley.

Sejak 1993, Harau sudah menjadi cagar alam hutan hujan tropis dataran tinggi. Juga, suaka margasatwa sebagai rumah satwa asli Sumatra. Dengan luas 669 hektare, wilayah cagar alam Harau terbagi menjadi 3 area resort. Di antaranya adalah Resort Aka Barayun, Resort Sarasah Bunta, serta Resort Rimbo Piobang.

Fasilitas Wisata di Harau Valley Sumatra Barat
credit: instagram.com/aryawiznu

Tempat Wisata di Lembah Harau

Kawasan resort tersebut mencakup berbagai objek wisata alam Lembah Harau. Setidaknya terdapat 6 air terjun yang tersebar di lembah ini, yakni Air Terjun Sarasah Bunta, Air Terjun Sarasah Jambu, Air Terjun Sarasah Aie Angek, Air Terjun Sarasah Aie Luluih, Air Terjun Sarasah Murai, serta Air Terjun Akar Berayun.

Tidak hanya air terjun, tempat wisata Lembah Harau Payakumbuh sangat beragam. Bahkan, kini di Harau juga ada tempat wisata kekinian Harau Dream Park yang menyajikan berbagai miniatur ikon wisata dunia. Berbagai spot foto instagramable tersaji secara tematik di zona yang berbeda, seperti Eropa, Jepang, dll.

Selain itu, tebing Lembah Harau Sumatera Barat juga merupakan surga bagi para pemanjat tebing. Ada lebih dari 300 spot panjat tebing dengan ketinggian bervariasi, mulai dari 50 meter hingga 500 meter. Jika suka hiking, bisa mendaki puncak Sarasah Donat. Atau, jelajahi Air Terjun Murai yang punya tujuh tingkatan.

Sejarah dan Asal-usul nama Harau

Perihal namanya, dalam bahasa lokal Harau berarti "parau" atau bersuara serak. Konon katanya, dahulu masyarakat yang tinggal di atas Bukit Jambu di Harau sering terkena bencana banjir dan longsor. Karena kondisi yang panik, mereka berteriak-teriak histeris yang lama kelamaan suara mereka pun menjadi parau.

Merujuk legenda masyarakat sekitar, kawasan cagar alam Harau duhulunya adalah lautan. Senada dengan legenda itu, hasil survei tim geologi dari Jerman pada tahun 1980 menemukan bahwa jenis batuan di sini identik dengan jenis batuan yang umumnya terdapat di dasar laut, yakni batuan Breksi dan Konglomerat.

Sementara itu mengenai sejarah wisata Lembah Harau, terdapat monumen peninggalan Belanda di area Sarasah Bunta yang menunjukkan bahwa lembah ini sudah menjadi destinasi favorit sejak 1926. Secara keseluruhan, keindahan lembah ini sering kali disandingkan dengan Taman Nasional Yosemite California.

Harga Tiket Masuk Lembah Harau Payakumbuh
credit: Bernhard Huber, CC BY-NC-ND 2.0

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Harau Valey Sumatera Barat adalah objek wisata terkenal, termasuk di kalangan wisatawan mancanegara. Oleh karena itu, fasilitas di sini lengkap dan memadai yang umumnya tersebar di masing-masing wilayah resort. Di areanya juga ada sungai buatan yang memungkinkan wisatawan berperahu susur sungai.

Selain itu, tersedia juga opsi wahana outbound dan tempat wisata kekinian di sekitar Kampuang Sarosah. Untuk akomodasi, mudah mendapatkan penginapan di lokasi wisata ini yang umumnya berupa homestay. Camping ground juga ada. Fasilitas lain adalah area parkir, toilet, warung makanan, serta tempat ibadah.

Harga tiket masuk Lembah Harau Sumbar bergantung pada spot wisata yang dikunjungi. Biaya masuknya mulai dari IDR 20K. Ada juga tiket masuk terusan IDR 30K-40K. Tiket terusan biasanya meliputi kunjungan ke semua atau ke sebagian spot (Kampung Eropa, Korea, Jepang, Kampuang Sarosa, serta Secret Garden)

Rute Lokasi Harau Valley Lima Puluh Kota Sumbar
credit: instagram.com/aryawiznu

Rute Lokasi Lembah Harau Payakumbuh

Kawasan wisata Lembah Harau Sumatera Barat berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatra Barat. Butuh berkendara selama kurang lebih 3 jam jika berangkat dari Kota Padang atau 1 jam dari Kota Bukittinggi. Sekira 10 menit dari Payakumbuh atau 2 menit dari pusat Lima Puluh Kota.

Lokasi wisata Harau Valley terbilang mudah ditemukan. Namun, saran terbaik adalah memakai kendaraan pribadi atau menyewa mobil atau sepeda motor agar memudahkan proses eksplorasi kawasan ini. Sejauh ini, belum tersedia transportasi umum kecuali bentor (becak motor) di Lembah Harau. Lihat Peta Lokasi.