Tempat Wisata di Karimun Jawa - 10+ Spot Terbaik Wajib Dikunjungi

Sebagai negeri kepulauan terbesar di dunia, Indonesia kaya destinasi wisata yang semuanya menarik. Jika menyukai wisata alam, khususnya bahari, Kepulauan Karimun Jawa di Jepara, Jawa Tengah, wajib Anda kunjungi. Tempat wisata di Karimunjawa pun beragam dan semuanya menyajikan lanskap yang menawan.

Tempat Wisata di Karimunjawa
credit: Weallrule, CC BY-NC 2.0

Karimunjawa mencakup 27 pulau (5 pulau di antaranya berpenghuni) di Laut Jawa. Sebagai kepulauan yang telah menjadi taman nasional, kepulauan ini menawarkan pesona wisata taman laut. Rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai. Termasuk juga sebagai habitat bagi 400an spesies fauna laut.

Selain ratusan jenis ikan hias di kedalaman lautnya, di Karimun Jawa juga terdapat beberapa fauna langka, seperti Elang Laut Dada Putih, Penyu Sisik, dan Penyu Hijau. Tertarik liburan ke Karimunjawa? Surga wisata bahari yang satu ini pasti mampu membuat Anda tetap sibuk dalam nuansa liburan yang mengesankan.

Beragam aktivitas bisa Anda lakukan, mulai dari berenang, permainan pantai, berperahu, snorkeling, diving, camping, dan tentu saja island hopping sebagai salah satu aktivitas khas wisata pulau. Jika telah mantab, berikut adalah daftar tempat wisata di Karimunjawa yang terbaik dan menarik untuk dikunjungi.

Pulau Menjangan Besar punya Penangkaran Hiu & Penyu

Wisata Pulau Menjangan Besar
credit: Batara, CC BY-NC-ND 2.0

Pulau Menjangan Besar adalah yang terdekat dari pulau utama Karimun Jawa dan menjadi salah satu pulau paling banyak menarik kunjungan wisatawan. Mereka datang bukan lantaran keindahan pantai. Daya tarik utama pulau seluas 61 hektare ini adalah penangkaran hiu yang berada di sekitar dermaga.

Setiap wisatawan yang datang akan melewati kolam penangkaran salah satu predator laut tersebut. Jika berani, Anda bisa berenang bersama ikan hiu yang sudah jinak. Selain itu di sini banyak bintang laut, ikan badut lengkap dengan anemon lautnya. Selebihnya, di sini juga merupakan tempat penangkaran penyu.

Pulau Menjangan Kecil - Spot Snorkeling di Karimunjawa

Snorkeling di Kepulauan Karimun Jawa
credit: instagram.com/idvoyager

Menjangan Kecil sejauh ini terkenal sebagai spot diving dan snorkeling di Karimunjawa. Pulau kecil seluas 43 hektare dan tak berpenduduk ini punya kerajaan bawah laut yang menakjubkan. Komposisi dan warna terumbu karang nan indah, lengkap dengan berbagai jenis biota laut serta ikan-ikan yang cantik dan lucu.

Pulau ini juga punya pantai panjang berhias pasir putih nan lembut. Ombak lautnya relatif tenang dengan gradasi biru laut yang mempesona. Keindahan tersaji di sejauh pandangan mata. Seperti di Menjangan Besar, di sini juga tersedia banyak fasilitas. Ada opsi penginapan, rumah makan, kamar mandi, gazebo, dll.

Tanjung Gelam - Tempat Sunset Terindah di Karimun Jawa

Pantai Tanjung Gelam Karimunjawa
credit: Azwari Nugraha, CC BY 2.0

Pantai Tanjung Gelam adalah primadona wisata pantai Karimun Jawa yang pastinya wajib Anda kunjungi. Nuansa permai benar-benar kentara di pantai yang berada di pulau utama Karimunjawa ini. Lautnya biru berair jernih bak kristal. Pasir pantainya yang putih bersih terhampar cukup lebar dan menjorok ke laut.

Satu hal yang ikonik dan mempercantik pemandangan Tanjung Gelam adalah keberadaan jajaran pohon kelapa di pesisir pantainya. Uniknya, banyak pohon kelapa yang posisinya miring ke laut. Di pohon-pohon itulah yang sejauh ini menjadi spot foto terbaik. Ideal bagi traveler yang gemar berswafoto atau selfie

Pantai Tanjung Gelam Karimun Jawa merupakan pantai yang pintar membuat wisatawan betah, setidaknya hingga senja tiba. Momen ketika matahari terbenam merupakan puncak kecantikan panorama di pantai ini. Tidak heran jika ada yang mengatakan sunset terbaik di Pulau Karimunjawa adalah di Tanjung Gelam.

Pantai Batu Topeng - Tempat Wisata Alam Unik & Cantik

Pantai Batu Topeng di Karimun Jawa
credit: instagram.com/idvoyager

Pantai di Karimunjawa terkenal dengan hamparan pasir yang putih dan bersih, tidak terkecuali Pantai Batu Topeng (Watu Topeng). Berada cukup dekat dengan Pantai Tanjung Gelam, pantai ini menyajikan suasana yang hampir sama dengan tetangganya. Di sini juga kaya akan pohon kelapa yang juga condong ke laut.

Bahkan, pantai ini juga sangat cantik ketika matahari tenggelam. Meski dikatakan memiliki suasana dan pemandangan yang hampir sama dengan Tanjung Gelam, Pantai Batu Topeng tetap memiliki keunikan. Di salah satu sudutnya, terdapat sebuah gubug kecil yang berdiri di atas bebatuan yang menjorok ke laut.

Waktu paling ideal mengunjungi pantai ini bisa menyesuaikan dengan mood Anda. Apabila menghendaki pantai ini serasa milik sendiri, Anda bisa datang ketiga pagi atau siang hari. Tapi, jika menyukai suasana keramaian, datanglah sore hari di saat semua orang berburu keindahan pemandangan sunset pantai ini.

Wisata Bukit Joko Tuo, Menikmati Alam dari Ketinggian

Tempat Wisata Bukit Joko Tuo di Karimunjawa
credit: RXerself, CC BY-SA 4.0

Tempat wisata di Karimunjawa selanjutnya yang wajib Anda kunjungi adalah Bukit Joko Tuo. Puncak bukit merupakan salah satu tempat terbaik menikmati lanskap secara lebih sempurna. Untuk itu, kunjungi Bukit Joko Tuo dan nikmati panorama kota Karimun Jawa secara utuh lengkap dengan pulau-pulau di sekitar.

Terutama ketika hari mulai senja, hamparan langit seolah menyatu dengan laut dan memantulkan sinar keemasan matahari senja. Selain sebagai tempat bersantai untuk meresapi semilir angin dan panorama, Bukit Joko Tuwo juga memiliki daya tarik tersendiri, khususnya yang terkait dengan sejarah tempat ini.

Di sini ada kerangka ikan Joko Tuo (kerangka ikan paus raksasa yang pernah terdampar di pantai Karimun Jawa). Ada juga Tasbih Raksasa yang murni pernah ditemukan penduduk setempat. Selebihnya, Anda bisa nikmati alam sambil trekking, hiking. Atau, bisa juga camping bermalam dan menikmati suasana berbeda.

Bukit Love, Tempat Wisata Ikonik di Pulau Karimunjawa

Tempat Wisata Bukit Love di Karimun Jawa
credit: Karimunjawa Islands, CC BY-SA 4.0

Selain di Bukit Joko Tuo, cara terbaik menikmati panorama dari ketinggian adalah di Bukit Love berada tidak jauh dari pusat kota. Nama bukit ini merujuk pada bangunan tugu berbentuk tulisan "LOVE" yang terletak di dusun Jatikerep, sebagai tempat bukit ini berada. Di sudut lain juga ada tugu "karimunjawa".

Sebuah bukit yang eksotis, tempat dimana sejauh mata memandang wisatawan bisa menikmati panorama laut secara bebas. Wisata Bukit Love merupakan salah satu tempat paling ramai dikunjungi. Selain menawarkan lanskap kota, laut dan pulau-pulau, Bukit Love adalah bukit romantis dengan beraneka wahana selfie.

Di tempat wisata ini banyak spot foto bangunan kreatif sebagai lokasi berswafoto. Banyak juga fasilitas yang tersedia, seperti rumah panggung, kafe mini dengan arsitektur kayu yang menarik. Di lantai dua kafe yang ada di bukit ini juga terdapat spot selfie berlatar luas dengan beberapa kursi untuk bersantai.

Pantai Legon Lele - Pantai Terbaik bagi Para Pemancing

Wisata Pantai Legon Lele Karimun Jawa
credit: Midori, CC BY 3.0

Tempat wisata terbaik tidak harus populer, bisa jadi objek wisata tersembunyi lebih memberi kepuasan tersendiri. Saat liburan di Karimunjawa, datangi kawasan bernama Legon Lele. Tempat tersembunyi yang akan mengajak Anda bertualang alam, bersafari hutan perbukitan hingga tiba di pantai nan menawan

Pantai ini bernama sesuai dengan nama kawasannya, yakni Pantai Legon Lele. Lokasinya berada di sisi timur Pulau Karimun Jawa. Tempat wisata di Karimunjawa ini menyajikan suasana alam permai yang menenangkan. Semilir angin lembut mencoba melengkapi komposisi kemolekan alam khas pantainya.

Meskipun tetap mengusung warna putih bersih, pasir di pantai ini cenderung lebih kasar. Yang menarik, di satu bagian pantai terdapat genangan air yang terjebak cukup luas sehingga membentuk seperti danau. Bagi traveler yang doyan memancing, pantai ini menjadi tempat wisata yang sempurna di Karimunjawa.

Bukit dan Pantai Annora - Eksotika Lain di Karimunjawa

Bukit dan Pantai Annora adalah keindahan yang membatasi Pulau Karimunjawa dan Pulau Kemujan. Sebuah kawasan yang cukup luas meliputi dua pantai cantik dengan bukit yang hijau. Untuk tiba di sini, ikuti arah Pulau Kemujan. Temukan petunjuk di dusun Cikmas menuju Pantai Yamin dan Pantai Kemloko.

Ikuti arah dua pantai tersebut untuk menemukan bukit sekaligus pantai ini. Alam di Karimunjawa benar-benar kaya di sudut Annora. Selain pantainya indah berpasir putih, spot terbaik untuk menikmati alam berada di bukitnya yang eksotis, hijau dengan kombinasi bebatuan yang beraneka bentuk dan ukuran.

Di Annora, Anda juga bisa menemukan gosong (pulau pasir atau gundukan pasir yang timbul hanya ketika laut sedang surut). Uniknya lagi, di kawasan ini terdapat lahan persawahan yang hijau. Tahukah Anda? bisa jadi lahan persawahan di Kepulauan Karimunjawa hanya bisa Anda jumpai di kawasan Annora.

Wisata Hutan Mangrove Pulau Kemujan Karimun Jawa

Hutan Mangrove di Karimun Jawa
credit: Ad Bercht, CC BY-NC-ND 2.0

Selanjutnya, tempat wisata di Karimunjawa yang wajib Anda kunjungi adalah Hutan Mangrove di Desa Kemujan. Sebuah hutan yang rimbun mewakili sisi eksotisnya Taman Nasional Karimunjawa. Sepanjang kurang lebih 2 kilometer, kita bisa trekking ke dalam hutan melalui jalan panggung berbahan papan kayu.

Di setiap beberapa meter di jalan panggung tersebut, terdapat fasilitas berupa pendopo yang bisa Anda jadikan sebagai tempat beristirahat. Sementara itu di ujung Hutan Mangrove Kemujan, terdapat view point yang berupa bangunan kayu tiga tingkat. Bangunan ini menjadi tempat paling memanjakan mata.

Di hutan ini, sejauh pandangan adalah rimbunnya kehijauan, sementara suara alam dari burung-burung dan ranting turut memperkukuh kekhasan suasananya. Banyak spot cantik di sini. Terlebih saat pergantian musim hujan ke musim kemarau, biasanya banyak kupu-kupu yang termasuk dalam jenis endemik langka.

Pantai Batu Putih - Pantai Indah dengan Bebatuan Unik

Pantai Batu Putih Karimun Jawa
credit: Gage Batubara, CC BY-NC-ND 2.0

Mumpung masih di Desa Kemujan, tidak ada salahnya melanjutkan perjalanan ke Dusun Jelamun untuk menemukan salah satu pantai tercantik di Kepulauan Karimun Jawa, Pantai Batu Putih. Selain menawan, tempat wisata di Karimunjawa ini unik dengan bongkahan bebatuan laut dengan ujung berwarna putih.

Konon penamaan pantai ini, memang diambil dari keunikan batuan basah tersebut. Pantai Batu Putih sangat indah dengan suasana yang menenangkan. Bentangan lautnya, hamparan pasir putihnya, serta rimbunnya pepohonan menciptakan panorama yang tak kalah cantik dari pantai lain di Karimunjawa.

Tidak terkecuali, formasi bebatuan yang tersusun acak di beberapa sudut pantai ini yang juga turut memperindah pemandangan alamnya. Pantai ini termasuk tempat terbaik bagi Anda yang suka camping, bermalam dengan mendirikan tenda. Pemandangan pagi di Pantai Batu Putih juga sangat mempesona

Island Hopping Pulau Cemara, Pulau Tengah, Pulau Cilik

Keindahan Bawah Laut Karimunjawa
credit: instagram.com/idvoyager

Apabila durasi liburan kali ini panjang, pastikan juga mempertimbangkan melebar ke Pulau Cemara, Pulau Tengah, dan Pulau Cilik. Khususnya jika Anda doyan menyelam. Selain Pulau Menjangan Kecil, pulau-pulau tersebut merupakan spot diving dan snorkeling di Karimun Jawa yang terbaik dan telah mendunia.

Demikian rekomendasi tempat wisata di Karimunjawa. Tentu, daftar ini tidak mencakup semua mengingat wilayah kepulauan ini mencakup hingga 27 pulau. Masing-masing pulau di Karimun Jawa pastinya indah dan memiliki kekhasan tersendiri. Jadi, semuanya tergantung pada durasi dan kebutuhan wisata Anda.