Sumber Sirah Malang - Fasilitas Wisata, Harga Tiket Masuk dan Rute

Sebagai traveler pecinta alam, Malang adalah destinasi yang wajib Anda kunjungi. Berbagai pilihan wisata alam tersebar merata di Malang Raya. Selain puluhan pantai menawan dan air terjun yang menakjubkan, wisata alam Malang juga meliputi sejumlah sumber air nan indah. Wisata Sumber Sirah satu di antaranya.

Sumber Sirah Malang
credit: instagram.com/nikeniga

Terutama jika Anda memang suka dengan wisata air, Sumber Sirah di Malang merupakan destinasi yang menarik dikunjungi. Lokasinya berada di Putuk Utara, Putukrejo, Gondanglegi, Kabupaten Malang. Baca ulasannya di bawah ini untuk mengetahui fasilitas, daya tarik, rute, serta harga tiket Sumber Sirah Malang.

Daya Tarik Sumber Sirah Malang

Sebelum menjadi tempat wisata yang hits di Malang, Sumber Sira Putukrejo adalah sumber mata air yang pada dasarnya berfungsi untuk mengairi persawahan warga. Begitulah adanya, lanskap di sekitar lokasi pun didominasi oleh persawahan yang luas. Karena itu suasananya sangat asri kental nuansa perdesaan.

Terlepas dari fungsi utamanya, Sumber Sirah viral sebagai destinasi wisata baru di Malang berkat kolam pemandiannya yang luas. Dengan air yang jernih, kolam yang terbendung dinding semen ini menyajikan keindahan underwater. Perairannya cukup dangkal sehingga apa yang tersaji di dalam airnya terlihat sangat jelas.

Daya tarik utama tempat ini memang terletak di bawah airnya. Beragam tanaman ganggang air tawar mendominasi dasarnya, lengkap dengan ikan-ikan kecil memperindahnya. Sebagian besar perairannya dangkal, namun ada area pusat sumber air berpagar kawat yang kedalamannya mencapai 3 meter lebih.

Berenang menyelami kolam pemandian adalah aktivitas favorit wisatawan di Sumber Sirah Malang. Anda wajib mencobanya dan mengagumi indahnya pesona bawah airnya. Snorkeling menjadi aktivitas wajib di tempat ini, spot terindah terletak di pojok sebelah barat karena tanaman ganggangnya masih rimbun.

Jangan lupa, dokumentasikan penyelaman dengan kamera yang mendukung. Apa yang tersaji di dalam kolam ini sangat instagramable. Terutama bagi penggemar underwater photography, banyak sekali spot foto underwater di kolam alami Sumber Sira Malang yang sayang jika tidak Anda abadikan gambarnya.

Aktivitas lain adalah menjelajah kolam dengan ban yang telah disediakan oleh pengelola. Atau, bisa juga sekedar berendam sambil menikmati panorama alam. Pengunjung di Sumber Sira memang lebih banyak menghabiskan waktu di perairan. Di sini, ada juga tempat bersantai dengan spot-spot foto yang menarik.

Fasilitas Wisata di Sumber Sira Malang
credit: instagram.com/nikeniga

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Meskipun terbilang sebagai tempat wisata baru di Malang yang baru beroperasi tahun 2015, fasilitas di Sumber Sirah cukup memadai. Kolam pemandiannya berdinding semen dengan sejumlah tangga turun. Kawasannya yang rindang oleh pohon-pohon besar sudah tertata rapi dengan banyak tempat bersantai.

Untuk konsumsi kini juga sudah banyak warung penjual makanan dan minuman. Untuk fitur pendukung aktivitas, pihak pengelola menyediakan penyewaan ban dan pelampung untuk kegiatan river tubing. Ada juga penyewaan alat renang, dll. Fasilitas lainnya meliputi area parkir yang luas, toilet, tempat sampah, dll.

Sumber Sirah adalah objek wisata alam di Malang yang terus berkembang dan berbenah. Kabarnya, akan ada penambahan wahana berupa kolam renang khusus anak-anak dengan memanfaatkan kolam lainnya yang berlokasi di sisi timur. Berapa harga tiket masuk Sumber Sirah Malang? Rp 5.000 + parkir Rp 5.000.

Harga Tiket Masuk Sumber Sirah
credit: instagram.com/nikeniga

Rute Lokasi Wisata Sumber Sirah

Jam Buka: 07:00-17:00 WIB
Lokasi: Jl. Sunan Kalijaga I RT.05/RW.02, Putuk Utara, Putukrejo, Gondanglegi, Kab. Malang

Lokasi wisata Sumber Sira Putukrejo berjarak kurang lebih 19 kilometer dari pusat Kota Malang. Sekitar 30 menit perjalanan berkendara ke arah selatan. Sayangnya, saat ini belum tersedia trayek angkutan umum yang menuju ke lokasi. Jadi harus menggunakan kendaraan pribadi, bisa pakai sepeda motor atau mobil.

Dari kawasan Kota Malang, Anda bisa memulai dengan berkendara ke arah Kecamatan Bululawang. Lalu, lanjut ke arah Pabrik Krebet Senggrong dan lurus jika menemukan pertigaan. Lurus saja apabila Anda sampai di persimpangan di dekat Pabrik PT Du Pont Pioneer dan belok ke kanan di pertigaan selanjutnya.

Belok kanan di pertigaan tersebut akan mengantarkan Anda ke Jalan Sunan Ampel. Akses jalannya akan semakin sempit dan berliku hingga tiba di sebuah perkampungan. Perhatikan saja petunjuk jalan yang mengarah ke tempat ini. Bisa juga bertanya pada warga untuk mempermudah. Atau, gunakan Peta Lokasi.