Pantai Losari Makassar, Daya Tarik, Fasilitas Wisata dan Harga Tiket

Liburan ke Sulawesi Selatan, destinasi wisata terbaik yang mesti dikunjungi tentu saja ibu kota provinsi tersebut, yakni Kota Makassar. Kota yang dulu bernama Ujung Pandang ini punya beragam tempat yang menarik. Dari sekian objek wisata di sana, Pantai Losari adalah primadona. Anda wajib mengunjunginya.

Pantai Losari Makassar Sulsel
credit: instagram.com/uchenklandscape

Memang punya rencana wisata ke Makassar? pastikan menikmati kemeriahan suasana di Pantai Losari. Lokasinya berada di sebelah barat Kota Makassar, tepatnya di Kecamatan Ujung Pandang. Baca ulasan di bawah ini untuk memperkaya informasi terkait fasilitas, daya tarik wisata, hingga sejarah pantai tersebut.

Daya Tarik Wisata Pantai Losari

Pantai Losari merupakan tujuan wisata favorit, khususnya bagi warga Makassar. Membentang sepanjang hampir satu kilometer dari utara ke selatan, pantai ini menjadi tempat terbaik untuk menghabiskan waktu di sore hari. Lokasi pantai yang menghadap ke barat menawarkan sajian sunset yang ikonik menakjubkan.

Karena berada di ibu kota Sulawesi Selatan, suasananya cenderung meriah sepanjang hari. Makin hidup saat sore tiba, ketika senja mulai menjelang seiring matahari terbenam. Demikianlah adanya, keindahan matahari tenggelam merupakan daya tarik utama pantai yang menjadi pintu gerbang Kota Makassar ini.

Tak seperti pantai umumnya, batas darat dan laut Pantai Losari berupa bebatuan yang berfungsi sebagai pemecah ombak. Di tepinya terdapat beberapa anjungan yang namanya berdasarkan suku-suku di Kota Makassar. Selain Anjungan Makassar, ada juga Anjungan Bugis, Anjungan Toraja, serta Anjungan Mandar.

Anjungan Pantai Losari sangat terkenal dan merupakan salah satu ikon Kota Makassar. Di Anjungan inilah spot terbaik menikmati sunset sekaligus sebagai spot foto favorit. Selain itu, ada juga sejumlah monumen patung pahlawan serta bangunan masjid terapung, yakni Masjid Amirul Mukminin yang mengagumkan.

Di seberang pantai ini juga terdapat bangunan masjid lain yang unik dan ikonik, Masjid 99 Kubah. Serta, tempat wisata baru yang bernama Lego-Lego. Spot lainnya di sekitar Losari Beach Makassar meliputi Fort Rotterdam atau Benteng Ujung Pandang yang megah bersejarah dengan Museum La Galigo di dalamnya.

Fasilitas Wisata di Pantai Losari Sulawesi Selatan
credit: Ikhvan, CC BY 2.0

Sejarah dan Asal-usul Namanya

Dalam sejarah, Pantai Losari dulu merupakan pusat niaga masyarakat, setidaknya sejak dibangun tanggul beton sepanjang 910 meter pada tahun 1945-1946. Sempat menyandang sebutan pasar ikan karena dulu banyak penjual ikan. Tidak sedikit juga yang mengaitkan nama Losari dengan aktivitas niaga di masa itu.

Meski tidak diketahui pasti asal usul namanya, banyak sumber yang menyebut istilah Losari berasal dari gabungan dua kata, yakni Los dan Air. Dalam bahasa Jawa, istilah "los" merujuk pada pembagian tempat jual beli. Dan "ari" mewakili pembungkus dan penyuplai, senada dengan fungsi dan makna istilah "ari-ari".

Sunset di Pantai Makassar Sulawesi Selatan
credit: pixabay.com/belekberry

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk

Hadir sebagai tempat wisata andalan dan ikon ibu kota Sulawesi Selatan, fasilitas wisata di Pantai Losari Makassar sangat lengkap dan memadai. Lahan parkirnya luas, terdapat beberapa WC atau toilet umum, area pedestrian, tempat ibadah, Wi-Fi gratis, dan banyak lagi, termasuk lapangan futsal di tepi pantai ini.

Untuk menunjang aktivitas liburan, ada pilihan wahana air atau watersport di pantai ini. Selebihnya, Losari Beach juga terkenal sebagai destinasi wisata kuliner. Makanan khas termasuk pisang epe, sop konro, coto Makassar, mie titi, dll. Butuh tempat menginap? mudah menemukan berbagai jenis penginapan atau hotel.

Harga Tiket Masuk Pantai Losari? Gratis
Masjid Terapung Losari Beach Makassar
credit: instagram.com/uchenklandscape

Lokasi Pantai Losari di Makassar

Wisata Pantai Losari Makassar beralamat di Jalan Penghibur, Maloku, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Rute untuk mencapainya sangat mudah karena berada di pusat perkotaan yang ramai. Bila tidak menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum yang mengarah ke pantai pun beragam

Untuk wisatawan dari luar Kota Makassar, terutama dari luar Pulau Sulawesi, bisa naik pesawat ke Bandara Hasanuddin di Makassar. Dari bandara, lanjutkan dengan transportasi umum. Durasinya sekitar 1 jam atau bisa lebih cepat jika menggunakan rute melalui jalan tol. Untuk mempermudah, manfaatkan Peta Lokasi.