Pulau Kalimantung - Fasilitas Wisata, Harga Tiket, Cara Mencapainya

Selain Danau Toba, menjelajah Tapanuli Tengah bisa menjadi ide bagus apabila Anda berencana liburan ke Sumatera Utara. Wilayah pesisirnya mencakup sejumlah pulau indah di lepas pantai. Selain Pulau Mursala yang pernah menjadi lokasi syuting film King Kong (2005), ada juga Pulau Kalimantung yang memesona.

Pulau Kalimantung Sibolga Tapanuli Tengah
credit: instagram.com/ajoaarguchi

Tidak sedikit yang menyebutnya Pulau Kalimantung Sibolga, karena dekat Kota Sibolga yang wilayahnya terhimpit oleh wilayah Tapanuli Tengah. Secara administratif, pulau ini berada di Kecamatan Tapian Nauli, Tapanuli Tengah. Bila Anda tertarik mengunjunginya, baca ulasan berikut ini untuk memperkaya informasi.

Daya Tarik Wisata Pulau Kalimantung

Pulau Kalimantung adalah pulau tersembunyi yang tak lagi bisa bersembunyi lantaran keindahan alamnya perlahan viral di media sosial. Pulau yang menjadi bagian dari Kepulauan Mursala ini sangatlah menawan. Suasananya yang cenderung nyaman dan menenangkan membuat siapapun betah berlama-lama di sana.

Dulu, nama lengkap pulau ini adalah Pulau Kalimantung Ketek. Lalu sejak tahun 2007, istilah Ketek diganti dengan Namenek. Namenek sendiri dalam bahasa lokal berarti kecil. Ada juga penggunaan nama Pulau Bunijikho, tapi untuk nama terakhir ini belum ada sumber jelas kenapa pulau ini diberi nama seperti itu.

Terlepas dari sejarah atau asal-usul namanya, Kalimantung begitu indah. Hadir dengan topografi datar dan bertebing. Sebagian pantainya berpasir putih bersih, sebagian yang lain bertebing dengan dominasi batuan terjal. Jajaran pohon kelapa dan hijau rindang pepohonan turut mempercantik pemandangannya.

Ini adalah salah satu pulau tanpa penghuni di Samudra Hindia yang menempati sisi barat Pulau Sumatera. Perairan dangkalnya yang luas menghadirkan gradasi warna laut yang cenderung muda. Sejumlah batuan tebing terjal yang tinggi menjulang yang tersebar acak, cukup berhasil menghalau gelombang ombak.

Fasilitas Wisata di Kalimantung Island Sumatera Utara
credit: instagram.com/ajoaarguchi

Pantai di Pulau Kalimantung Na Menek nampak permai dengan pasir putih terhampar luas. Demikian asri dan bersih, nyaris tanpa sampah. Intinya, pulau ini luar biasa indah. Cocok menjadi destinasi wisatawan pecinta wisata bahari, baik untuk liburan keluarga maupun bagi para traveler milenial penggemar selfie.

Berenang dan snorkeling adalah sebagian kegiatan yang menarik di pulau ini. Bersantai atau menjelajahi pesisir pantainya yang menawan juga menyenangkan. Secara alami, banyak spot foto yang instagramable di pulau ini. Bagi wisata keluarga, anak-anak bisa bermain dengan leluasa di pasir maupun di perairannya.

Aktivitas wisata lainnya adalah jelajah perairan dengan berperahu. Ini sebenarnya merupakan kegiatan yang tidak bisa dihindari, karena umumnya penyedia layanan wisata ke pulau ini biasanya menyertakan Pulau Mursala dalam itinerari. Pulau Mursala juga sangat cantik dan khas dengan air terjun yang ikonik.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Sebagai pulau tak berpenghuni yang masih asri dan alami, fasilitas wisata di Pulau Kalimantung Namenek belum cukup memadai. Tersedia fasilitas sederhana seperti kamar mandi atau toilet, penyewaan tikar, dan gubuk atau pondok untuk istirahat. Ada juga penjual minuman air kelapa segar, harganya sekitar IDR 15K.

Untuk makanan, perlu bawa bekal sendiri. Begitu juga dengan tempat menginap, tidak ada penginapan. Lalu, berapa harga tiket masuk Pulau Kalimantung? tidak ada biaya masuk per orang, yang ada biaya per perahu sebesar IDR 50K. Seperti tertulis di papan informasi, nominal tersebut untuk kebersihan pulaunya.

Cara ke Pulau Kalimantung Sibolga Sumatra Utara
credit: instagram.com/ajoaarguchi

Biaya dan Cara ke Pulau Kalimantung

Seperti yang tersebut di awal, pulau ini berlokasi di Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Lihat Peta Lokasi. Sering juga disebut Pulau Kalimantung Sibolga, salah satunya karena penyedia layanan trip ke Kalimantung Island banyak yang berangkat dari Kota Sibolga.

Saran terbaik memang memanfaatkan layanan wisata untuk memangkas biaya. Atau, kunjungi pulau ini bersama rombongan, karena biaya sewa kapal lumayan mahal, kurang lebih IDR 1,5 juta. Untuk open atau private trip, biaya trip Kepulauan Mursala sekitar IDR 200K-300K per orang tergantung kuota dan durasi.

Selain dari Sibolga, pulau ini juga bisa dicapai dari Pantai Indah Pandan. Berwisata ke pulau ini, tentu saja terlebih dulu Anda perlu sampai di Kota Sibolga atau Pandan, yakni ibu kota Kabupaten Tapanuli Tengah. Sementara itu, durasi perjalanan laut ke Pulau Kalimantung dari Kota Sibolga memakan waktu 1,5-2 jam.