Sipira Nauli Samosir, Daya Tarik Wisata, Harga Tiket dan Rute Lokasi

Kabupaten Samosir adalah salah satu daerah pusat perhatian dalam peta wisata Sumatera Utara. Destinasi wisata strategis bagi traveler untuk menikmati keindahan Danau Toba. Selain Pusuk Buhit yang legendaris dan Bukit Holbung yang indah, Samosir juga mencakup Dolok Sipira Nauli yang tidak kalah mempesona.

Sipira Nauli Samosir
credit: instagram.com/ajoaarguchi

Intinya, kunjungi Samosir jika ada rencana liburan ke Danau Toba. Khususnya untuk traveler petualang alam, berkunjung ke Dolok Sipira Nauli adalah ide yang bagus. Lokasinya di Desa Sipira, Onan Runggu, Samosir. Untuk memperkaya informasi, Anda perlu membaca ulasan berikut sebelum berangkat ke sana.

Daya Tarik Wisata Sipira Nauli Samosir

Dolok berarti gunung atau bukit, Sipira adalah nama desa tempat gunung tersebut. Adapun Nauli berarti indah. Begitulah adanya. Gunung atau Bukit Sipira Samosir memang menawan. Bukit ini menjadi alternatif terbaik untuk menyaksikan eloknya panorama Danau Toba yang berlatar kemegahan benteng perbukitan.

Meski belum sepopuler Bukit Holbung dan Pusuk Buhit, pemandangan alam Bukit Sipira Nauli demikian memanjakan mata. Tergolong tempat wisata baru di Samosir, tapi animo wisatawan cukup tinggi berkat lanskap yang luar biasa. Menjadi objek wisata baru milenial lantaran menyajikan spot yang instagramable.

Para penggemar fotografi juga wajib datang ke Bukit Sipira. Mudah mendapatkan sudut alam yang indah untuk diabadikan. Bagi para milenial yang gemar swafoto atau selfie, background pemandangan Danau Toba sudah pasti instagenic. Terlebih saat momen sunrise dan sunset tiba, warna alam begitu memesona.

Karena itu, camping menjadi aktivitas favorit di Bukit Sipira Onan Runggu. Menikmati alam sepenuhnya, bersantai mengagumi cantiknya senja, bercengkerama bersama sahabat, dan melalui malam hingga fajar menyapa. Sajian matahari terbit di Bukit Sipira tidak kalah indahnya dengan pesona matahari terbenam.

Harga Tiket Masuk Bukit Sipira di Samosir
credit: instagram.com/bangkiteng_

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Dolok Sipira Nauli merupakan tempat wisata baru yang sebelumnya tersembunyi, sehingga fasilitas belum benar-benar memadai. Sejauh ini, hanya berupa bukit kecil di ketinggian 400 mdpl yang menjadi alternatif tempat camping di Danau Toba. Jika tidak membawa alat-alat camping, bisa menyewa di rental terdekat.

Jalur trekking ke puncak Bukit Sipira lumayan mudah. Bahkan, telah ada akses sepeda motor dan mobil sampai di atas. Lalu, berapa harga tiket masuk Dolok Sipira Nauli? murah! kurang lebih lima ribu rupiah. Sementara itu, ada biaya tambahan apabila berniat camping. Biaya berkemah sebesar sepuluh ribu rupiah.

Camping di Dolok Sipira Nauli Samosir
credit: instagram.com/ajoaarguchi

Rute Lokasi Dolok Sipira Nauli Samosir

Lokasi Bukit Sipira di Desa Sipira, Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Untuk mencapai daerah Samosir, Anda perlu berkendara sekitar 200 kilometer atau 6 jam bila berangkat dari Medan. Menuju Kota Pangururan terus ke Desa Sipira, Onan Runggu. Lihat Peta untuk mempermudah