Wisata Danau Toba - 8 Tempat Wisata Terbaik di Sekitar Danau Toba

Danau Toba, danau penuh legenda yang di segala masa akan selalu menjadi salah satu destinasi terbaik di Indonesia. Sebagai daya tarik utama di Sumatera Utara, wisata Danau Toba menawarkan banyak hal yang memastikan semua orang bertahan, mengagumi keindahan alam dan budaya masyarakat di sekitarnya.

Wisata Danau Toba
credit: unsplash.com/@irfnrdh

Sejarah mencatat, Danau Toba merupakan jejak dahsyatnya letusan supervulcano kurang lebih 74.000 tahun yang lalu. Ini adalah letusan eksplosif terbesar di bumi dalam kurun waktu 25 juta tahun terakhir. Menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, luas danau mencapai 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer.

Karena itu, tempat wisata di Danau Toba sangatlah beragam. Selain Pulau Samosir di bagian tengahnya, danau ini juga mencakup beberapa objek wisata lain yang tersebar merata. Meski secara keseluruhan semuanya menawarkan keindahan Danau Toba, masing-masing spot unik dengan daya tarik tersendiri.

Jika ada rencana wisata ke Danau Toba, pastikan memfilter tujuan agar bisa mendekati ekspektasi liburan. Sebagai gambaran awal sebelum Anda tiba di sana, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Danau Toba. Tidak mencakup semuanya, hanya beberapa spot terbaik, terindah, dan wajib dikunjungi.

Wisata Bukit Pusuk Buhit di Tepi Danau Toba

Puncak Pusuk Buhit Danau Toba
credit: Johnson Ringo, CC BY 2.0, cropped

Sianjur Mula-Mula merupakan kawasan wajib dikunjungi, terutama bagi para petualang alam. Siapkanlah waktu setidaknya 6 jam menjadi bagian alam nan indah dan sakral. Nikmati alam perbukitan dan melebar ke beberapa tempat wisata yang turut mewakili sisi religiusitas dan sejarah masyarakat Suku Batak.

Mengunjungi Batu Hobon, Air Tujuh Rasa, hingga monumen keturunan Raja Batak. Agar sempurna rasa ketakjuban Anda akan alam Danau Toba, lanjutkanlah mendaki bukit sakral yang bernama Pusuk Buhit. Tahukah Anda? kawasan perbukitan Pusuk Buhit inilah yang diyakini sebagai tempat kelahiran etnis Batak.

Cobalah bertahan, bermalam dengan camping mendirikan tenda. Menikmati suasana dan pemandangan di puncaknya yang berketinggian 1972 mdpl. Selain kental dengan aktivitas ziarah Suku Batak, Puncak Pusuk Buhit merupakan spot paling ideal untuk menikmati keindahan Danau Toba secara lebih sempurna.

Wisata Tomok dan Ambarita di Pulau Samosir

Wisata Huta Siallagan Samosir
credit: Marie, CC BY-SA 2.0

Hal menarik ketika berkunjung ke tempat-tempat baru adalah mencoba lebih dekat dengan jejak sejarah budaya masyarakat di sana. Di Pulau Samosir, ada dua desa yang sangat menarik, yakni Desa Tomok dan Desa Ambarita. Di Desa Tomok, wisatawan bisa mengunjungi Museum Batak dan Makam Raja Sidabutar.

Selain itu di Tomok Anda juga bisa mendapati patung Si Gale-Gale yang bisa menari. Meski bersifat sakral, patung ini terkenal di kalangan turis. Sementara itu, di Ambarita terdapat desa Batak Kuno, bernama Huta Siallagan. Desa ini menjadi saksi bahwa aktivitas kanibalisme benar-benar pernah terjadi di Tanah Batak.

Jejak tradisi kanibal di Huta Siallagan terutama bisa Anda lihat dari keberadaan meja dan kursi dari batu yang tersusun melingkar, Batu Persidangan Huta Siallagan namanya. Dahulu, di batu itulah orang-orang yang bersalah disidang. Di sini mereka dieksekusi hingga akhirnya dimasak dan dimakan bersama-sama.

Desa Wisata Lumban Suhi Suhi Toruan Samosir

Desa Tempat Wisata di Danau Toba Samosir
credit: Maula039, CC BY-SA 4.0

Tempat wisata Danau Toba yang terbaik selanjutnya adalah desa wisata Lumban Suhi Suhi Toruan. Seperti halnya dengan desa-desa lain di Pulau Samosir, lanskap keindahan Danau Toba akan menyambut Anda di desa ini. Tidak terkecuali Gunung Pusuk Buhit yang turut menyempurnakan pemandangan alamnya.

Suasana khas Batak semakin kentara melalui perkampungan rumah adat Batak "Jabu Bolon" di kiri kanan di sepanjang jalan. Kain Ulos menjadi alasan utama kenapa Anda wajib berkunjung ke desa ini. Kain tenun Ulos adalah mahakarya dari tanah Batak, sementara desa Lumban Suhi Suhi yang paling terkenal di sana.

Memasuki desa ini, melihat ibu-ibu dan para gadisnya menenun ulos akan memberi pengalaman wisata yang tak terlupakan. Apabila tertarik untuk membeli, harga Kain Ulos di sini sangatlah bervariasi dan juga bergantung dengan tingkat kerumitannya. Harganya mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Objek Wisata Alam Bukit Holbung Danau Toba

Objek Wisata Alam Bukit Holbung Danau Toba
credit: unsplash.com/@leosagala_

Wisata di Danau Toba menawarkan spot-spot keindahan alam dengan berbagai sudut pandang. Bukit Holbung merupakan salah satu tempat yang tidak boleh Anda lewatkan. Datang dan nikmati rasa nyaman penuh ketenangan. Anda bisa mencapai puncaknya dengan mendaki 10-15 menit dari Desa Holbung.

Bukit Holbung adalah bukit yang indah. Saking indahnya, warga setempat menjulukinya Bukit Teletubbies. Bahkan lebih indah, karena dari sini, Anda bisa menikmati lanskap nan menawan, termasuk megahnya Pusuk Buhit dan Danau Toba. Tidak hanya itu, Desa Holbung juga termasuk Air Terjun Turbo yang eksotis.

Tempat Wisata Menara Pandang Tele di Samosir

Keindahan Danau Toba
credit: unsplash.com/@irfnrdh

Objek wisata Danau Toba yang wajib Anda kunjungi juga termasuk Menara Pandang tele. Selain di Puncak Pusuk Buhit, di sinilah tempat terbaik melihat betapa indahnya lanskap Danau Toba. Menara ini menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan, terutama bagi para traveller yang doyan fotografi dan selfie.

Dari sini, terlihat sebagian daratan Pulau Samosir, berpadu dengan birunya danau, serta tidak ketinggalan Puncak Pusuk Buhit yang legendaris itu. Menariknya, Menara Pandang Tele dalam bentuknya mempunyai tiga tingkatan. Setiap tingkatan tersebut memiliki jarak pandang dan sudut pandang yang berbeda.

Jadi, pastikan saja untuk mengunjungi tempat ini dan nikmati sajian komposisi alam yang mempesona. Meskipun setiap waktu Danau Toba selalu indah, waktu terbaik berkunjung ke tempat wisata ini adalah sore hari. Saat sore tiba, perubahan warna alam menyajikan eksotika panorama yang cenderung berbeda.

Wisata Alam Pulau Paropo di Tepi Danau Toba

Wisata Paropo di Tepi Danau Toba
credit: unsplash.com/@goestock

Sebagai danau terluas di Indonesia dan Asia Tenggara, Danau Toba kaya akan sudut yang menawarkan keindahan tersendiri, salah satunya adalah Paropo. Sebuah desa yang elok nan permai yang lokasinya berada tepat di tepian Danau Toba. Sobat bisa mengunjunginya di Silahi Sabungan, Dairi, Sumatera Utara.

Datanglah dan jadilah satu di antara mereka yang berbahagia kala menikmati indahnya alam Danau Toba dalam nuansa sejuk dan menenangkan. Banyak yang bilang, apa yang tersaji di Desa Paropo sangat mirip dengan Ranu Kumbolo, yakni danau yang berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur.

Semua orang tahu bahwa danau yang populer di kalangan pendaki Semeru itu adalah salah satu yang tercantik di Indonesia. Seperti halnya di Danau Ranu Kumbolo, Paropo juga merupakan salah satu tempat camping terbaik. Selain di Pusuk Buhit dan Bukit Holbung, Anda juga bisa mendirikan tenda di tempat ini.

Wisata Bukit Gajah Bobok di Kabupaten Karo

Wisata Bukit Gajah Bobok
credit: pixabay.com/j_sie74

Teruntuk Anda yang benar-benar petualang sejati, gairah wisata haruslah berlebih. Bersiaplah melanjutkan perjalanan ke Bukit Gajah Bobok yang terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Mendakilah ke puncak bukit tersebut dan saksikanlah pemandangan alam yang luar biasa menawan di sejauh mata memandang.

Dari Bukit Gajah Bobok, komposisi alam Danau Toba benar-benar sempurna dengan formasi perbukitan yang mengelilinginya. Saran terbaik jika ingin berkunjung ke bukit ini adalah datang ketika malam hari. Di atas, Anda bisa bermalam dengan camping mendirikan tenda, sembari menunggu datangnya pagi hari.

Seiring dengan terbitnya matahari, Bukit Gajah Bobok benar-benar memanjakan siapapun dengan sajian keindahan yang maksimal. Ketika dominasi warna hijau alam perlahan tapi pasti disapa warna keemasan sinar mentari pagi. Hadirlah dan kemudian bersyukur mendapat kesempatan menikmati alam semolek ini.

Objek Wisata Air Terjun Sipiso Piso Karo Sumut

Air Terjun Sipiso Piso Karo Sumut
credit: B10m, CC BY-NC-ND 2.0

Setelah puas menikmati keindahan di Bukit Gajah Bobok, melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Sipiso Piso bisa menjadi ide yang bagus. Lokasinya di desa Tongging, kecamatan Merek, kabupaten Karo, Sumatera Utara. Termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai yang 120 meter.

Jika Anda sebelumnya berkunjung ke Bukit Gajah Bobok, air terjun ini berjarak kurang lebih 5 kilometer dari objek wisata alam tersebut. Wisata air terjun bertipe plunge yang ada di bibir kaldera Danau Toba ini terbentuk dari aliran Sungai Pajanabolon yang merupakan salah satu sungai penyuplai air danau tersebut.

Seperti umumnya objek wisata air terjun, pemandangan hijau sangat mendominasi suasananya. Karakter keras tebing yang basah seolah dibatasi oleh putihnya deras air yang mengucur membentuk garis vertikal sempurna. Tidak jauh dari Air Terjun Sipiso Piso, ada juga obyek wisata serupa, Air Terjun Merek namanya.


Demikian sekilas rekomendasi tempat wisata di Danau Toba yang menarik dan tentunya wajib dikunjungi. Sebagai salah satu tujuan wisata terkenal di Indonesia, berbagai fasilitas liburan tersedia di Danau Toba. Termasuk fasilitas akomodasi. Anda bisa melihat daftar rekomendasi hotel di sekitar Danau Toba, DI SINI.