Bengkulu Daftar Menarik

Wisata Bengkulu - 10 Tempat Wisata Terbaik di Bumi Rafflesia

0 Komentar
Beranda
Bengkulu
Daftar Menarik
Wisata Bengkulu - 10 Tempat Wisata Terbaik di Bumi Rafflesia

Menetapkan Bengkulu sebagai destinasi liburan adalah ide bagus. Pasalnya, wisata Bengkulu menjanjikan pengalaman yang berkesan. Demikianlah adanya, daerah yang terkenal dengan sebutan Bumi Rafflesia ini menawarkan pilihan wisata yang lengkap, mulai dari wisata sejarah, budaya, alam, hingga wisata kuliner.

Mengingat banyaknya opsi tempat wisata di Bengkulu, Anda perlu memfilter tujuan sebelum benar-benar berangkat ke sana. Sebagai gambaran awal, di bawah ini telah tersaji daftar rekomendasi destinasi wisata Bengkulu. Tidak mencakup semua, hanya 10 rekomendasi tempat terbaik, terkenal, dan wajib dikunjungi.

Benteng Marlborough di Bengkulu

Benteng Marlborough (Fort Marlborough) merupakan benteng bergaya Eropa yang berdiri pada kisaran tahun 1714-1719 sebagai benteng pertahanan Inggris di Kota Bengkulu. Bangunan dengan bentuk mirip kura-kura ini cukup ikonik mewakili lanskap Kota Bengkulu. Juga, sebagai tempat wisata populer di sana.

Dalam catatan sejarah, benteng yang berada di area seluas 44.000 meter2 ini pernah dibakar oleh rakyat Bengkulu. Turut menjadi saksi sejarah penjajahan Inggris, Belanda dan Jepang di Indonesia. Sementara itu, sejak tahun 1977, Benteng Marlborough diserahkan ke Depdikbud dan menjadi bangunan cagar budaya.

[alert]Lokasi: Jl. Benteng, Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu[/alert]

Wisata Pantai Panjang di Bengkulu

Seperti namanya, Pantai Panjang hadir dengan garis pantai yang sangat panjang. Panjangnya mencapai 7 kilometer dengan lebar 500 meter. Kawasannya mencakup tiga kecamatan sekaligus, yakni Ratu Agung, Teluk Segara, dan Ratu Samban. Salah satu tempat wisata populer di Bengkulu yang wajib Anda kunjungi

Pantai yang berjarak 4 kilometer dari pusat Kota Bengkulu ini kaya akan aktivitas dan fasilitas. Di Pantai Panjang telah tersedia sport center, restoran, cafe, penginapan, area bermain, hingga pusat perbelanjaan. Pantainya indah dengan ombak yang cukup besar, sehingga memungkinkan traveler untuk berselancar.

[alert]Lokasi: Jl. Pariwisata, Pantai Panjang, Lempuing, Ratu Agung, Kota Bengkulu[/alert]

Danau Mas Harun Bastari Bengkulu

Wisata alam akan selalu menjadi destinasi yang menarik. Mumpung di Bengkulu, pastikan juga datang ke danau di perbatasan Kota Curup dan Kota Lubuk Linggau ini. Menempati area seluas 3.600 hektar, Danau Mas Harun Bastari menawarkan panorama yang indah, sejuk, dan menenangkan berlatar hijau perbukitan.

Salah satu keunikan Danau Mas Harun Bastari adalah keberadaan pulau dengan bentuk seperti huruf C di bagian tengahnya. Pulau tersebut merupakan lambang dari Kota Curup. Selain indah, wisata alam ini juga menawarkan banyak aktivitas bagi wisatawan, mulai dari memancing hingga berperahu keliling danaunya.

[alert]Lokasi: Karang Jaya, Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu[/alert] {next}

Pendakian Bukit Kaba di Bengkulu

Bagi pendaki, Bengkulu menanti petualangan Anda di gunung berketinggian 1.938 mdpl, Gunung Kaba. Selama menempuh perjalanan trekking sekitar 2-3 jam dari pos pendakian, gunung berapi di Kabupaten Rejang Lebong ini akan memanjakan setiap pendaki dengan indahnya pemandangan khas pegunungan.

Sementara itu di puncaknya, gunung ini menampilkan eksotika alam melalui dua kawah berwarna hijau dan putih kecoklatan. Terutama ketika hari libur tiba, gunung yang oleh warga sekitar disebut Bukit Kaba ini sangatlah ramai. Tidak jarang para pendaki harus berebut tempat camping pada saat-saat seperti itu.

[alert]Lokasi: Desa Sumber Urip, Selupuh Rejang, Kab. Rejang Lebong, Bengkulu[/alert]

Danau Dendam Tak Sudah Bengkulu

Salah satu danau yang wajib dikunjungi saat wisata di Kota Bengkulu adalah Danau Dendam Tak Sudah, danau romantis yang sarat legenda. Wisata alam yang sejak 1936 menjadi cagar alam ini telah mengalami beberapa perluasan dengan luas akhir mencapai 577 hektare, sementara luas permukaannya 67 hektare.

Selain menawarkan panorama alam yang mengagumkan, danau ini terkenal menyimpan banyak legenda. Di antaranya adalah legenda buaya buntung, keramat pintu air, keramat danau dan lintah raksasa. Bahkan, mengisyaratkan luka dan dendam penduduk Bengkulu yang tak berkesudahan terhadap Kolonial Belanda.

[alert]Lokasi: Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu[/alert]

Pantai Tapak Paderi Kota Bengkulu

Bagi pecinta pantai, banyak sekali objek wisata pantai di Bengkulu. Salah satu rekomendasi terbaik adalah Pantai Tapak Paderi yang terletak di antara Pantai Panjang dan Pantai Jakat. Bahkan, letak pantai ini sangat dekat dengan Benteng Marlborough, sudah semestinya Anda jadikan satu paket wisata di Kota Bengkulu.

Pesona alam pantai ini sangatlah luar biasa, terlebih saat matahari terbenam. Tahukah Anda? sunset di sini adalah salah satu yang terindah di Bengkulu. Baru-baru ini, Tapak Paderi menjadi sangat ramai oleh kaum milenial yang suka selfie. Banyak spot foto instagramable dan yang populer adalah Pondok Sandal Jodoh.

[alert]Lokasi: Kebun Keling, Kecamatan Teluk Segara, Kota Bengkulu, Bengkulu[/alert]

Wisata Curug Sembilan di Bengkulu

"Curug" adalah bahasa lokal untuk menyebut air terjun, sementara "sembilan" mewakili jumlah tingkatan yang ada. Sudah pasti, air terjun bertingkat menawarkan pesona tersendiri. Ini juga yang menjadi alasan banyak wisatawan di Bengkulu yang memanjakan masa liburan ke tempat wisata ini, di Curug Sembilan.

Air terjun ini sangatlah direkomendasikan bagi traveler yang suka berpetualang alam, yang menganggap bahwa kesulitan dan keterbatasan adalah warna yang mengukuhkan petualangan mereka. Letak Curug 9 sendiri berada di hutan lindung yang sarat perbukitan terjal. Butuh energi dan gairah petualang berlebih.

[alert]Lokasi: Tanah Hitam, Padang Jaya, Marga Sakti, Padang Jaya, Bengkulu Utara[/alert] {next}

Wisata Arung Jeram Arus Ketahun

Suka olahraga air yang menguji adrenaline? Jika benar, Sungai Ketahun adalah tempat wisata di Bengkulu terbaik yang wajib Anda datangi. Di sinilah tempat ideal bagi traveler yang doyan berarung jeram. Sungai ini menawarkan sensasi arung jeram kurang lebih 14 kilometer dengan tingkat kesulitan rendah (grade 3).

Arung jeram Arus Ketahun cocok buat siapapun, kecuali anak-anak di bawah 15 tahun (ada larang dalam hal ini). Selama perjalanan air yang menegangkan di Sungai Ketahun, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan alam nan eksotik. Di sini Anda juga bisa menikmati produk unggulan Lebong, Jeruk Gerga.

[alert]Lokasi: Talang Ratu, Kec. Rimbo Pengadang, Kabupaten Lebong, Bengkulu[/alert]

Wisata Pulau Enggano di Bengkulu

Durasi liburan Anda berlebih? lanjutkan perjalanan wisata ke Kabupaten Bengkulu Utara untuk kemudian menuju pulau terluar Indonesia di Samudera Hindia, Pulau Enggano. Pulau dengan populasi sekitar 2.000 orang ini telah siap memanjakan liburan siapa saja yang gemar berpetualang alam liar dan wisata bahari.

Selain menjadi habitat bagi keanekaragaman sarwa liar, khususnya burung, Enggano juga memiliki pantai yang ideal bagi para peselancar. Tidak hanya itu, keindahan bawah lautnya yang menakjubkan juga bisa dinikmati dengan snorkeling dan diving. Aktivitas lainnya meliputi memancing, berenang, safari hutan, dll.

[alert]Lokasi: Pulau Enggano, Kec. Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu[/alert]

Pusat Pelatihan Gajah (PPG) Seblat

Rekomendasi tempat wisata di Bengkulu Utara yang lain adalah Pusat Pelatihan Gajah (PPG) Seblat. Ini adalah salah satu dari 5 balai konservasi gajah yang ada di Indonesia. PPG Seblat sangat bisa diandalkan jika Anda ingin memperkaya pengetahuan mengenai keragaman fauna khas Sumatera, terutama Gajah.

Selain mengkonservasi kurang lebih 200 ekor gajah liar Sumatera, PPG Seblat juga sebagai tempat bagi beberapa flora dan fauna langka khas Sumatra. Liburan ke Bengkulu, pastikan ada waktu berkunjung ke sini untuk melihat atraksi-atraksi gajah yang telah dijinakkan, sembari menambah ilmu tentang satwa ini.

[alert]Lokasi: Suka Medan, Kec. Putri Hijau, Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu[/alert]

Demikian daftar 10 rekomendasi tempat wisata di Bengkulu. Tentunya, yang tersebut dalam daftar hanya mencakup sebagian kecil destinasi wisata di provinsi tersebut. Bagi pecinta bangunan bersejarah, masih banyak tempat menarik, termasuk juga bagi pecinta pantai. Jangan lupa, cicipi ragam kuliner khas di sana.