Beranda
Badung
Bali
Destinasi Wisata
Pantai
Pantai Mengening Cemagi Bali - Daya Tarik, Fasilitas, dan Rute

Sedari dulu Badung adalah pusat wisata Bali dengan banyak sudut yang sudah semestinya dikagumi. Tak hanya di kawasan Kuta yang terlanjur menjadi primadona, Kabupaten Badung juga mencakup Mengwi. Selain Pura Taman Ayun, Mengwi punya sejumlah pantai indah. Pantai Mengening Cemagi salah satunya.

Jadi, saat berlibur di Bali, cobalah melebar ke Mengwi. Terutama bagi traveler pecinta wisata pantai, wajib mengunjungi Mengening Beach. Letaknya di Desa Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Lebih detail mengenai daya tarik wisata, fasilitas, harga tiket masuk, dan rutenya, baca ulasan berikut ini.

Daya Tarik Pantai Mengening Cemagi

Pantai Mengening atau yang kini populer dengan nama Pantai Cemagi merupakan pantai yang unik dan eksotik. Struktur alamnya menyajikan dominasi bebatuan karang yang menghiasi pesisir dengan karakter khas. Eksotika alamnya makin kentara dengan hamparan pasir hitam legam di sepanjang garis pantainya.

Banyak yang mengatakan pemandangan Pantai Mengening Cemagi sekilas mirip Tanah Lot Bali. Terlebih melalui keberadaan Pura Luhur Gede Batu Ngaus di tanjung karang yang menjorok ke laut. Selain sarat mitos, tanjung dengan pura ini menjadi pemecah ombak sehingga nampak epik ketika ombak menerpa.

Selain itu, Mengening Beach termasuk tempat wisata hits di Bali berkat panorama sunset yang menawan dan sedap dipandang mata. Kunjungan wisatawan meningkat cukup pesat sejak sunset Pantai Mengening Cemagi viral di Instagram dan Tiktok. Seolah destinasi baru meskipun sudah lama menjadi tempat wisata.

Begitulah adanya, momen matahari terbenam merupakan salah satu alasan utama wisatawan berkunjung ke Pantai Cemagi. Nama Cemagi merujuk nama desa sebagai lokasi pantainya, yakni Desa Cemagi. Desa ini berstatus desa wisata. Selain Pantai Cemagi, kawasan Desa Wisata Cemagi juga meliputi Pantai Seseh.

Berkat pemandangan yang eksotis, Pantai Cemagi perlahan tapi pasti menjadi sangat terkenal, terutama di kalangan pecinta landscape photography. Tidak hanya sunset, benturan ombak dan karang di sini pun menawarkan efek dramatis. Bagi traveler milenial, tentunya mudah menemukan spot foto instagramable.

Pengunjung bisa menjelajah untuk menemukan keindahan dari sudut pandang yang berbeda. Banyaknya aktivitas pemotretan prewedding, photoshoot, serta video shooting cukup menggambarkan bahwa Pantai Mengening Cemagi adalah pantai indah. Juga, sebagai tempat terbaik untuk nongkrong dan memancing.

{next}

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Pantai Mengening Cemagi Bali merupakan destinasi wisata yang terus berkembang. Sejak menjadi bagian dari Desa Wisata Cemagi, fasilitas wisatanya semakin lengkap dan memadai. Akses jalan hingga ke lokasi juga bagus dan mudah menemukan aneka menu kuliner karena banyak warung dan kafe di kawasannya.

Fasilitas lain mencakup kamar mandi atau toilet umum, area parkir kendaraan luas, dan masih banyak lagi. Jangan khawatir bila membutuhkan tempat menginap, berbagai jenis penginapan tersedia di dekat lokasi, umumnya berupa vila. Harga tiket masuk Pantai Mengening Cemagi sebesar IDR 2.000, parkir IDR 5.000.

Rute dan Lokasi Pantai Mengening Bali

Pantai Mengening berlokasi di Desa Wisata Cemagi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Kurang lebih 20 kilometer atau 50 menit berkendara jika Anda berangkat dari kawasan Kuta atau Bandara Ngurah Rai Bali. Lokasinya tak terlalu jauh dari Tanah Lot, sekitar 9 kilometer atau 17 menit perjalanan berkendara.

Rute ke Pantai Mengening sangatlah mudah, dari Kuta maupun Denpasar tinggal memakai rute Tanah Lot melalui Jalan By Pass Tanah Lot. Kurang lebih 3 kilometer sebelum kawasan Tanah Lot terdapat perempatan. Belok ke arah kiri ke Jalan Pantai Seseh kemudian ke Jalan Pantai Mengening. Manfaatkanlah Peta Lokasi.