10 Air Terjun Tertinggi di Indonesia - Paling Tinggi Hingga 250 Meter

Air terjun merupakan salah satu pesona alam yang banyak tersebar di Indonesia. Sekaligus, sebagai wisata alam terfavorit, selain gunung, danau, pantai, dan pulau. Ketinggian menjadi daya tarik utama yang mewakili eksotika air terjun. Untuk air terjun tertinggi di Indonesia, ada yang ketinggiannya mencapai 250 meter.

Air Terjun Tertinggi di Indonesia
credit: instagram.com/aryawiznu

Ada rencana menjelajah air terjun tertinggi di Indonesia? di bawah ini telah tersaji sejumlah air terjun Indonesia yang memiliki ketinggian spektakuler mulai 100-250 meter. Tentu, tidak mencakup semuanya, setidaknya terdapat 10 objek wisata air terjun tertinggi, terindah yang tersebar acak di berbagai daerah di Indonesia

Air Terjun Ponot yang Tertinggi di Indonesia

Air Terjun Ponot yang Tertinggi di Indonesia
credit: instagram.com/bangkiteng_

Air Terjun Ponot merupakan air terjun paling tinggi di Indonesia. Ketinggiannya mencapai 250 meter dan airnya jatuh dari tiga undakan. Air terjun ini berasal dari Sungai Ponot, anak Sungai Asahan. Selain tinggi dengan debit air yang besar, lanskap alamnya juga berhiaskan banyak batuan besar di dasar curahan airnya.
Lokasi: Jl. Sigura-Gura, Tangga, Aek Songsongan, Kab. Asahan, Sumatera Utara.

Air Terjun Madakaripura, Tertinggi di Jawa

Air Terjun Madakaripura, Tertinggi di Jawa
credit: Thomas Fuhrmann, CC BY-SA 4.0

Air terjun tertinggi kedua di Indonesia adalah Air Terjun Madakaripura dengan tinggi sekitar 200 meter di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Air terjun ini berada di ujung lembah sempit seperti ceruk. Airnya juga menetes di tebing curam yang mengelilinginya sehingga menciptakan hujan dan 3 air terjun yang lain.

Lokasi: Branggah, Sapih, Kec. Lumbang, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Air Terjun Nokan Nayan di Kalimantan Barat

Air Terjun Nokan Nayan di Kalimantan Barat
credit: instagram.com/emanuelluisrosario

Air terjun tertinggi ketiga di Indonesia berada di pedalaman Kalimantan yakni Nokan Nayan dan Jongonoi, setinggi 180 meter. Keduanya dari sungai yang berbeda namun bertemu di satu lembah yang sama dan bersebelahan. Debit air begitu besar, terlebih di musim hujan, sehingga sering muncul kabut tebal dan pelangi abadi.
Lokasi: Deme, Kecamatan Amabalu, Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

Air Terjun di Lembah Harau Sumatera Barat

Air Terjun di Lembah Harau Sumatera Barat
credit: instagram.com/bangkiteng_

Lembah Harau merupakan mahakarya alam di Sumatera Barat. Sebuah ngarai nan eksotis dengan dominasi dinding tebing terjal curam. Tak hanya itu, lanskap alamnya juga diwarnai oleh sejumlah air terjun cantik dengan tinggi bervariasi. Yang tertinggi bernama Air Terjun Akar Berayun dengan tinggi sekitar 150 meter.
Lokasi: Tarantang, Kecamatan Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Air Terjun Pangkalan/Batang Kapas di Riau

Air Terjun Pangkalan Batang Kapas di Riau
credit: instagram.com/hairul.24

Air terjun yang tertinggi di Indonesia juga ada di Provinsi Riau. Namanya Air Terjun Batang Kapas atau disebut juga Air Terjun Pangkalan Kapas. Tingginya mencapai 130 meter. Butuh sabar dan perjuangan jika ingin mencapainya, sementara mendaki bebatuan menjadi syarat utama. Usahakan tak datang di musim hujan.
Lokasi: Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Coban Tumpak Sewu, Terindah di Indonesia

Coban Tumpak Sewu, Terindah di Indonesia
credit: instagram.com/hardyzk

Selain masuk dalam daftar air terjun tertinggi di Indonesia, Tumpak Sewu atau Coban Sewu juga termasuk air terjun terindah di Indonesia. Dengan ketinggian kurang lebih 120 meter, air terjun ini melebar serta melingkar seperti tirai. Pemandangannya begitu spektakuler. Di saat cerah, panoramanya berlatar Gunung Semeru.
Lokasi: Besukcukit, Sidomulyo, Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Air Terjun Sipiso-piso di Karo Sumatera Utara

Air Terjun Sipiso-piso di Karo Sumatera Utara
credit: unsplash.com/@leosagala_

Sebagai danau terbesar di Indonesia, Danau Toba menawarkan banyak sekali sudut untuk menikmati pesona alamnya. Air Terjun Sipiso Piso di Kabupaten Karo adalah salah satunya. Selain menawarkan lanskap eksotis air terjun setinggi 120 meter, Sipiso-piso juga memiliki view point untuk melihat eloknya Danau Toba.
Lokasi: Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

Air Terjun Penimbunan di Pulau Lombok NTB

Air Terjun Penimbunan di Pulau Lombok NTB
credit: instagram.com/alfriedsch

Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani yang terkenal hingga ke mancanegara, Air Terjun Penimbungan menawarkan pesona alam yang megah dari ketinggian sekitar 110 meter. Keberadaannya cukup ikonik mewakili eloknya lereng Gunung Rinjani dan hanya bisa dinikmati pendaki yang memakai jalur Torean.
Lokasi: Sajang, Sembalun Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Air Terjun Coban Kabut Pelangi Jawa Timur

Air Terjun Coban Kabut Pelangi Jawa Timur
credit: instagram.com/ruangtertawa_

Lumajang, Jawa Timur adalah surga penyuka air terjun. Banyak air terjun tinggi di sana dan Air Terjun Kabut Pelangi termasuk salah satu yang tertinggi dan terkenal. Tingginya sekitar 110 meter dan memiliki debit air yang sangat tinggi. Lantaran sering kali muncul kabut dan pelangi, air terjun ini dinamakan Kabut Pelangi
Lokasi: Mulyoarjo, Pronojiwo, Kec. Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Air Terjun atau Coban Sedudo di Jawa Timur

Air Terjun atau Coban Sedudo di Jawa Timur
credit: Ania Tomczak, CC BY-SA 4.0

Air Terjun Sedudo mengakhiri daftar air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 105 meter. Lokasinya masih di Jawa Timur, yakni di daerah Nganjuk. Selain daya tarik alam, air terjun ini sarat dengan nuansa mistis, diyakini memiliki kekuatan supranatural. Air terjun ini menjadi lebih ramai ketika Tahun Baru Jawa.
Lokasi: Jl. Sedudo, Sawahan, Kec. Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur.
Demikian sekilas daftar 10 air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Jika ingin melihat daftar air terjun dengan urutan ketinggian yang lebih lengkap, lihat DI SINI. Kabupaten Lumajang di Jawa Timur menjadi daerah yang mengoleksi banyak air terjun tertinggi. Apabila ingin memulai penjelajahan dari daerah ini, lihat daftar Air Terjun di Lumajang.