Beranda
Destinasi Wisata
Gunung
Jawa Tengah
Wonosobo
Batu Pandang Ratapan Angin Dieng - Fasilitas dan Harga Tiket

Tempat terbaik untuk menyaksikan pemandangan alam adalah di ketinggian. Demikian juga bila Anda berlibur ke Dieng Plateau atau Dataran Tinggi Dieng Wonosobo. Batu Pandang Ratapan Angin adalah salah satu tempat wisata Dieng yang ideal untuk menikmati eksotika alam selain di puncak Bukit Sikunir.

Khususnya bila memang ada rencana mengunjungi Telaga Warna Dieng, Batu Pandang Ratapan Angin adalah tempat yang wajib dikunjungi agar bisa menikmati lanskap terbaik dari Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Lebih detail terkait fasilitas, harga tiket, dan rute ke objek wisata tersebut, baca ulasan berikut.

Daya Tarik Batu Pandang Ratapan Angin

Batu Pandang Ratapan Angin atau Batu Pandang Dieng merupakan salah satu objek wisata terkenal di Dataran Tinggi Dieng. Dengan lokasi yang strategis di ketinggian, tempat ini populer karena menawarkan pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Juga latar benteng alam khas Kawasan Wisata Dieng.

Sebagai kawasan bekas letusan gunung vulkanik purba, Dataran Tinggi Dieng menyisakan ragam pahatan alam berupa bukit, tebing, dan tonjolan bebatuan yang tertata sedemikian rupa. Batu Pandang Ratapan Angin adalah salah satunya, yang menjadi sangat terkenal karena berada di sekitar ikon pariwisata Dieng.

Berada di bukit di sekitar Dieng Plateau Theatre, spot Batu Pandang Dieng berupa dua batu bertumpuk di ketinggian 2.100 mdpl. Karena letaknya strategis, batu ini menjadi spot paling instagramable di Kawasan Wisata Dieng. Spot terbaik menyaksikan keindahan dan fenomena perubahan warna air di Telaga Warna.

Terlebih saat cuaca cerah, pemandangan Telaga Warna dari Batu Pandang Dieng demikian memikat bak lukisan berlatar hijaunya bentang alam pegunungan Dieng yang mengagumkan. Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan penyuka fotografi ataupun traveler milenial kekinian yang suka spot foto yang instagenik.

Terkait namanya, Batu Pandang Ratapan Angin merujuk pada bunyi hembusan angin. Karena berada di tempat tinggi dan dikelilingi pepohonan dan semak belukar, angin yang berhembus menghasilkan bunyi gemerisik seperti ratapan. Konon, dari hembusan angin inilah tempat ini dinamakan Batu Ratapan Angin.

Ada juga versi yang mengaitkan nama tempat ini dengan legenda di zaman dahulu tentang seorang putri yang menghianati suaminya yang seorang pangeran dengan berselingkuh di tempat ini. Sang putri lalu meratap-ratap serta memohon maaf ketika suaminya memergokinya sedang bersama kekasih gelapnya.

Pangeran yang sakti mandraguna murka dan terjadi perkelahian dengan kekasih istrinya. Ia mengerahkan ilmunya hingga muncul angin dahsyat memporakporandakan bukit tersebut. Lalu ia mengutuk keduanya menjadi batu. Sang putri menjadi batu terduduk adapun kekasihnya menjelma menjadi batu yang berdiri.

{next}

Fasilitas, Harga Tiket Masuk & Jam Buka

Sebagai destinasi wisata populer di Kawasan Wisata Dieng, Batu Ratapan Angin atau Batu Pandang Dieng atau Batu Pandang Telaga Warna dilengkapi fasilitas yang cukup memadai. Selain spot alami berupa batu, saat ini juga tersedia beberapa spot foto buatan yang instagramable. Salah satunya berupa balon udara.

Tersedia juga spot yang sekaligus menjadi wahana pemicu adrenaline bernama Jembatan Gantung Merah Putih. Jika berani, wisatawan bisa mencoba melintasi jembatan berbahan kayu dan tali pada ketinggian 10 meter di atas tanah. Permainan ini aman lengkap dengan alat keamanan serta ada petugas yang menjaga.

Wahana lain yang tak kalah menariknya adalah flying fox dengan 2 opsi lintasan menuruni bukit. Fasilitas lain umumnya tersedia di bawah yang mencakup lahan parkir kendaraan, warung makanan dan minuman. Serta mushola, sejumlah tempat istirahat berupa gubuk, kamar mandi atau toilet umum, dan banyak lagi.

Untuk harga tiket masuk Batu Pandang Ratapan Angin Dieng, pengunjung perlu membayar biaya masuk sebesar IDR 10.000. Biaya tersebut belum termasuk parkir kendaraan kurang lebih IDR 3.000 hingga IDR 5.000. Tiap wahana pastinya ada biaya tersendiri. Jam Buka Batu Pandang Dieng pukul 06.00 - 17.30 WIB.

Rute Lokasi Batu Pandang Dieng Plateau

Lokasi objek wisata Batu Pandang Ratapan Angin sangat strategis di dekat pusat Kawasan Wisata Dieng. Selain berjarak dekat dengan Telaga Warna, spot wisata ini juga tidak jauh dari Candi Arjuna dan Kawah Sikidang Dieng. Lokasinya di Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Lihat Peta Lokasi.

Sekira 30 kilometer atau 50 menit bila berkendara dari Wonosobo. Saat tiba di pertigaan Selamat Datang di Dieng, belok kiri dan lanjut sejauh 1,5 kilometer ke pertigaan perbatasan Wonosobo dan Banjarnegara. Belok kiri lagi hingga pertigaan terakhir menuju Dieng Plateau Theater dan Batu Pandang Ratapan Dieng.