Beranda
Danau
Destinasi Wisata
Jawa Tengah
Wonosobo
Telaga Warna Dieng - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket & Rute

Pegunungan atau Dataran Tinggi Dieng, atau Plato Dieng Jawa Tengah memiliki pesona yang khas dalam berbagai hal. Selain sejarah dan budaya, keindahan alamnya pun menarik dijelajahi dan dikagumi. Telaga Warna Dieng dan Telaga Pengilon termasuk tempat wisata alam yang terkenal, sekaligus terunik di sana.

Dieng Plateau Jawa Tengah merupakan tujuan wajib bagi Anda pecinta wisata sejarah, budaya, dan alam pegunungan. Bila ada rencana ke Dieng, Telaga Warna mestinya ada dalam daftar kunjungan. Lokasinya terletak di Desa Dieng, Kejajar, Wonosobo. Perihal daya tarik, harga tiket dan rute, baca ulasan berikut ini.

Daya Tarik Wisata Telaga Warna Dieng

Seperti namanya, ciri khas dari Telaga Warna di Dieng adalah warna airnya yang berubah-ubah. Bisa hijau, kuning atau bahkan kadang berwarna-warni mirip pelangi. Fenomena tersebut terjadi karena kandungan sulfur yang cukup tinggi. Karena itu, air di telaga nampak berwarna-warni ketika terkena sinar matahari.

Fenomena alam melalui perubahan warna air memang menyajikan keunikan tersendiri, tapi itu hanyalah satu dari sekian pesona alamnya. Kawasan ini juga mencakup Telaga Pengilon yang terletak persis di sisi Telaga Warna Dieng. Menariknya, warna air Telaga Pengilon bening seakan tidak tercampur oleh belerang.

Selain itu, karena berlokasi di ketinggian 2000 mdpl, telaga ini semakin indah dikelilingi oleh perbukitan yang menjulang tinggi. Bukit-bukit tersebut juga menjadi lokasi ideal menikmati lanskap alamnya. Batu Ratapan Angin di atas bukit sisi timur menjadi spot terbaik menyaksikan indahnya lanskap Telaga Warna.

Spot favorit lainnya adalah Petak 9 Bukit Sidengkeng. Terlebih bagi pecinta landscape photography, Batu Ratapan Angin dan Petak 9 adalah tempat wajib dikunjungi. Pendaki Gunung Prau pun berkesempatan melihat telaga. Namun kurang jelas karena terlalu tinggi dan pemandangan sering tertutup kabut tebal.

Berwisata ke Telaga Warna Dieng Wonosobo, Anda bisa leluasa mengagumi eksotika alam pegunungan. Meresapi kesejukan udara serta suasananya yang khas. Sejenak retreat, jauhi hiruk-pikuk rutinitas harian. Jelajahi kawasan ini untuk mendapatkan sudut keindahan berbeda, banyak spot instagramable tentunya.

Selain berkunjung ke Batu Ratapan Angin dan Petak 9 Bukit Sidengkeng, datangi juga Jembatan Merah Putih Dieng. Jembatan ini pun menawarkan panorama Telaga Warna. Atau, kunjungi juga Dieng Plateau Theater untuk menyaksikan film terkait sejarah, budaya, atau apapun yang menyangkut Dieng Plateau.

Di tepian telaga ada goa-goa eksotis yang kaya mitos bernuansa mistis. Sering menjadi tempat bertapa atau meditasi. Nama gua-guanya adalah Gua Pengantin, Gua Sumur Eyang Kumulasari, Gua Jaran Resi Kendaliseto. Serta, yang paling terkenal adalah Gua Semar dengan patung Semar dan kolam penyembuh.

{next}

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Kawasan Wisata Telaga Warna Dieng adalah tempat wisata andalan atau ikon dari wisata di Dieng selain Candi Arjuna. Sehingga, fasilitas wisatanya terbilang lengkap memadai. Telah tersedia toilet atau kamar mandi umum, area parkir yang luas, mushola, area istirahat saung atau gazebo. Serta, berbagai spot foto.

Banyak warung makanan minuman tersedia. Bila butuh tempat menginap, banyak pilihan penginapan di Kawasan Wisata Dieng. Umumnya berupa homestay dan guesthouse. Sejak tahun 2020, pengelola Telaga Warna dulunya Dinas Perhutanan namun saat ini berganti pihak swasta sehingga banyak pembangunan.

Pembenahan serta pembangunan fasilitas di Telaga Warna juga memungkinkan perubahan harga tiket. Untuk harga tiket masuk Telaga Warna Dieng yang sebelumnya sekitar Rp 15.000, pada tahun 2022 naik menjadi Rp 21.000 untuk wisatawan nusantara. Sementara itu, tiket wisatawan mancanegara Rp 163.500.

Rute ke Telaga Warna Dieng Wonosobo

Wisata Telaga Warna merupakan bagian dari Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. Secara administratif berada di Desa Dieng (Dieng Wetan), Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Dieng Plateau berjarak kurang lebih 28 kilometer atau 50 menit berkendara dari Wonosobo. Rutenya mudah gunakan Peta Lokasi

Saat sudah tiba di Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng Anda akan menjumpai pertigaan. Belok ke arah kiri di pertigaan tersebut untuk menuju lokasi Telaga Warna. Jaraknya dari pertigaan itu pun sangat dekat hanya sekitar 500 meter saja. Jam operasional tempat wisata ini buka mulai pukul 07:00 hingga 17:00 WIB.