Beranda
Destinasi Wisata
Jawa Tengah
Kebumen
Pantai
Pantai Gebyuran Kebumen - Harga Tiket Masuk, Fasilitas, Rute

Bagian selatan Kabupaten Kebumen yang berbatasan dengan luasnya Samudra Hindia berhiaskan pantai-pantai yang cantik dan mempesona. Pantai Menganti termasuk pantai yang cukup terkenal keberadaannya. Namun, tidak sedikit juga yang masih tersembunyi dan jarang dikunjungi. Pantai Gebyuran salah satunya.

Pantai Gebyuran Kebumen merupakan tujuan yang bagus untuk para petualang pantai anti mainstream. Letaknya terpencil di sekitar Tanjung Karang Penganten yang terjal dan sarat mitos. Lokasi tepatnya di Desa Pasir, Kec. Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Baca ulasan berikut bila Anda tertarik mengunjunginya.

Daya Tarik Keindahan Pantai Gebyuran

Pantai yang juga dikenal dengan sebutan Pantai Grujukan ini merupakan pantai dengan pemandangan eksotis di Kawasan Karst Gombong Selatan. Secuil surga yang tersembunyi di balik benteng tebing berkarakter khas berselimutkan hijau tetumbuhan. Area pantainya tidak luas, hanya sekira 100 meter panjangnya.

Selain dinding karst yang menjulang, pasir hitam kecoklatan yang menghampar landai berhiaskan sebaran bebatuan turut mewakili eksotika Pantai Gebyuran. Deburan ombak pantai selatan yang umumnya cenderung menggila sedikit reda sebab tertahan oleh banyaknya karang. Tak hanya itu, pantai ini juga punya goa.

Sejatinya, kawasan pantainya terletak di bawah tebing yang menjorok ke dalam, membentuk ceruk mirip goa. Lantaran berada di bawah permukaan tanah dan di balik punggung bukit, stalaktit goa di pantai ini terlihat masih aktif meneteskan air. Seperti nama pantainya, goa tersebut dinamakan Goa Gebyuran.

Demikianlah adanya, komposisi alam telah membentuk lanskap Pantai Gebyuran Kebumen begitu eksotik. Laksana hidden gems bagi para petualang pantai yang menganggap segala bentuk kesulitan mencapainya adalah kegembiraan. Suasananya pun sepi karena terpencil, seperti private beach atau pantai pribadi.

Sekedar bersantai memandang lautan luas adalah aktivitas yang menyenangkan sekaligus menyembuhkan, sejenak lepas dari penatnya rutinitas. Menjelajah ke berbagai sudut yang dimungkinkan juga merupakan ide bagus untuk mendapat keindahan yang berbeda. Pastinya banyak spot potogenik dan instagenik di sini.

Lantaran posisinya condong menghadap ke barat, panorama Pantai Gebyuran di Kebumen makin menawan seiring matahari terbenam di kala senja tiba. Apapun kegiatan Anda di sini, pastikanlah bertahan untuk menyaksikan indahnya sunset. Terlebih bila Anda naik ke atas bukit, lanskap senja demikian memanjakan mata.

Apabila durasi liburan kali ini panjang, banyak sekali spot menarik lain di sekitar kawasan Pantai Gebyuran. Selain Tanjung Karang Pengantin, ada juga beberapa goa, di antaranya Goa Wara-Wiri dan Goa Celeng. Selebihnya jika mau menginap, bisa camping mendirikan tenda di Pantai Lampon sebagai pintu masuk area ini.

{next}

Rute Lokasi Pantai Gebyuran Kebumen

Pantai Gebyuran ataupun Pantai Grujukan berlokasi di area hutan di Desa Pasir, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Lokasinya terletak di sisi tenggara Pantai Surumanis yang terkenal. Akan tetapi untuk mengakses pantai ini, Anda bisa memulainya dari Pantai Lampon yang berada di sebelah timurnya.

Dari Pantai Lampon, perjalanan dilanjut dengan trekking berjalan kaki melewati medan yang menantang dan panjang. Pantai Lampon sendiri berjarak sekitar 40 kilometer dari Kota Kebumen atau kurang lebih 1 jam durasi berkendara. Akses mudah namun akan melalui kawasan perbukitan yang berliku. Manfaatkan Peta Lokasi.

Fasilitas Wisata dan Harga Tiket Masuk

Untuk fasilitas, umumnya tersedia di Pantai Lampon. Fasilitas di pantai ini sudah cukup lengkap dan memadai. Tersedia jajaran warung makanan minuman, toilet umum, parkir kendaraannya luas, tempat istirahat dan bersantai berupa gazebo, mushola, dll. Bahkan, saat ini dilengkapi berbagai spot foto yang instagramable.

Fasilitas yang tersedia juga mencakup sejumlah wahana outbond serta camping ground yang berada di atas bukit Pantai Lampon. Sementara itu, tiket masuk ke Pantai Gebyuran juga menjadi satu dengan Pantai Lampon, sebesar Rp 10.000. Biaya lain untuk parkir sekira Rp 5.000 serta biaya camping sekitar Rp 15.000.