Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Malang
Coban Jodo Malang - Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket, & Rute

Coban Jodo merupakan satu dari sekian banyak objek wisata alam berupa air terjun di Malang. Lokasinya terletak di sekitar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Lokasi tepatnya berada di Dusun Bendolawang, Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Daya Tarik Coban Jodo

Seperti umumnya air terjun, Coban Jodo menawarkan nuansa asri dan lanskap khas pegunungan yang indah. Airnya terjun terbagi menjadi dua dari tebing yang cukup tinggi yang nampak hijau dengan rimbun tetumbuhan. Tapi, hanya satu yang memiliki aliran dengan debit cukup besar.

Selain menikmati suasana alam dan mengagumi keindahannya, kamu juga bisa bermain air. Kolam air terjun terbilang dangkal dan penuh dengan batu-batu. Meskipun tidak cocok untuk berendam, wisatawan biasa bermain air dan menikmati segarnya cipratan butiran air yang jatuh.

Menariknya, berkunjung ke sini kamu tidak hanya disuguhi satu air terjun atau coban. Setidaknya ada tiga air terjun lain yang bisa ditemukan selama perjalanan menuju Coban Jodo. Pertama adalah Coban Kricik dengan air yang hanya bergemericik atau tidak begitu deras alirannya.

Berbeda dengan Coban Kricik, air terjun selanjutnya memiliki aliran yang besar dengan tebing yang cukup tinggi, namanya Coban Suko. Lalu ada Coban Singo atau Coban Arema yang airnya jatuh secara bertingkat. Baru kemudian Coban Jodo sebagai daya tarik utama di kawasan ini.

Bila kamu ingin lebih puas menikmati keindahan coban-coban di kawasan ini, rekomendasi terbaik adalah bermalam dengan berkemah. Di sekitar kawasan air terjun Coban Jodo terdapat camping ground dengan kapasitas sekitar 5 tenda. Sunrise dan sunset nampak menawan dari sini.

Mitos Penamaan Air Terjun

Tak hanya keindahan alam, air terjun ini juga menyimpan misteri, terutama berkaitan dengan namanya. Jodo berarti jodoh atau pasangan. Ini terkait dengan kisah pelarian seorang pemuda yang dikejar penjajah dan bersembunyi di kawasan ini hingga akhirnya menemukan jodoh di sini.

Terlepas dari benar tidaknya kisah tersebut, hingga kini banyak orang yang mempercayainya. Bahkan ada juga sejumlah mitos yang berkembang. Salah satunya dengan mengunjungi air terjun ini maka seorang jomblo akan segera dipertemukan dengan pasangan atau jodohnya.

Meskipun demikian, alasan yang lebih masuk akal berkaitan dengan penamaan Coban Jodo adalah karena di lokasi ini terdapat dua air terjun. Air terjun tersebut berdampingan, coban yang satu berada di tebing sebelah utara dan yang satunya lagi berada di tebing sebelah selatan.

{next}

Fasilitas dan Tiket Masuk

Air terjun Coban Jodo termasuk tempat wisata baru di Malang. Akses jalan masuk masih dalam tahap perbaikan, belum bagus dan lumayan terjal. Saran terbaik menggunakan sepeda motor. Kendaraan hanya bisa sampai area parkir, selanjutnya trekking cukup jauh ke lokasi air terjun.

Meski demikian, terdapat beberapa fasilitas berupa tempat peristirahatan. Warung makanan tersedia di jalur wisata. Ada juga toilet, tempat berkemah, dan mushola. Di camping ground, pengunjung bisa pesan makanan di petugas. Harga tiket Coban Jodo Rp 10.000, parkir Rp 5.000.

Rute ke Lokasi Coban Jodo

Coban Jodo terletak di Dusun Bendolawang, Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kira-kira 26 kilometer jaraknya dari Kota Malang atau kurang lebih 50 menit berkendara. Melalui Tumpang hingga di pertigaan belok kiri menuju Desa Ngadirejo. Lihat Peta.

Demikian sekilas informasi mengenai daya tarik, mitos, fasilitas wisata, rute lokasi, dan harga tiket masuk Coban Jodo Malang. Persiapkan fisik dan kendaraan yang prima karena aksesnya kurang bagus, trekkingnya pun jauh. Cek Air Terjun Indah di Malang untuk air terjun yang lainnya.