Destinasi Wisata Magelang

Candi Borobudur, Mahakarya Candi Buddha Terbesar di Dunia

0 Komentar
Beranda
Destinasi Wisata
Magelang
Candi Borobudur, Mahakarya Candi Buddha Terbesar di Dunia

Candi Borobudur merupakan salah satu daya tarik pariwisata yang paling ikonik di Indonesia. Termasuk tujuan utama bagi wisatawan mancanegara datang ke Indonesia. Lokasinya berada di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Daya Tarik Candi Borobudur

Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia. Sebuah mahakarya dari penganut Buddha Mahayana yang dibangun pada kisaran abad ke-8, di masa jaya dinasti Syailendra. Dalam bentuk bujur sangkar bergaya Mandala, Borobudur terdiri dari tiga pelataran melingkar.

Tak hanya menjadi yang terbesar, Borobudur juga mengoleksi relief Buddha terbanyak dan terlengkap di dunia. Koleksinya mencakup 2.672 panel relief serta 504 arca Buddha. Sebagai tempat ibadah, monumen candi ini menjadi model alam semesta untuk memuliakan Buddha.

Tiga pelataran yang melingkar mengisyaratkan tiga tingkatan ranah dalam kosmologi Buddha yakni Kamadhatu (hawa nafsu), Rupadhatu (berwujud), dan Arupadhatu (tak berwujud). Ini sesuai dengan fungsinya untuk menuntun manusia beralih dari nafsu duniawi menuju pencerahan.

Bagi wisatawan, khususnya yang menyukai sejarah dan budaya, Candi Borobudur merupakan mahakarya seni rupa Buddha dengan banyak hal menarik, baik sejarah maupun arsitekturnya. Pemandangan alamnya pun indah, sunrise di Borobudur terkenal di kalangan wisatawan.

Monumen yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1991 ini juga memiliki beberapa museum. Museum Karmawibhangga mengoleksi informasi pembangunan candi dan Museum Kapal Samudra Raksa dengan koleksi informasi sejarah perdagangan di Nusantara.

Ada juga Visitor Center dengan audio visual yang menyajikan pemutaran film tentang informasi apapun yang terkait dengan Borobudur. Selain itu, Taman Wisata Candi Borobudur memiliki latar hijau yang luas dengan aneka atraksi dan wahana, dari balon udara hingga safari gajah.

{next}

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas Candi Borobudur sangat lengkap. Tersedia beberapa wahana penunjang aktivitas wisatawan berupa beberapa museum dan visitor center. Ada penyewaan sepeda dan kereta kelinci untuk menjelajah. Lalu ada area permainan balon udara dan safari gajah di kompleks candi.

Banyak pilihan tempat makan dan kios oleh-oleh dan suvenir. Fasilitas wisata yang lain mencakup area parkir kendaraan yang luas, tempat ibadah, toilet, pemandu wisata, dan lain sebagainya. Banyak juga penginapan, hotel, dan vila di sekitar Borobudur. Berikut rekomendasinya:

{next}

Tiket Masuk Candi Borobudur

Tiket Masuk Wisatawan Nusantara
  • Usia 10 tahun ke atas: Rp 50.000
  • Usia 3 hingga 10 tahun: Rp 25.000
  • Rombongan Pelajar/Mahasiswa: Rp 25.000⋆
Tiket Terusan Prambanan/Ratu Boko
  • Usia 10 tahun ke atas: Rp 75.000
  • Usia 3 hingga 10 tahun: Rp 35.000

⋆Tarif rombongan pelajar/mahasiswa minimal 20 orang disertai surat pengantar sekolah/universitas.

Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara
  • Usia 10 tahun ke atas: 25 dolar AS
  • Usia 3 hingga 10 tahun: 15 dolar AS
  • Tiket masuk khusus pelajar: 15 dolar AS⋆
Tiket Terusan Prambanan/Ratu Boko
  • Usia 10 tahun ke atas: 45 dolar AS
  • Usia 3 hingga 10 tahun: 27 dolar AS

⋆Tiket khusus pelajar/mahasiswa asing berlaku dengan syarat memiliki kartu pelajar yang valid.

Tarif Parkir Kendaraan Bermotor
  • Motor: Rp 5.000
  • Mobil: Rp 20.000
  • Bus: Rp 30.000

Jam Buka, Rute, dan Lokasi

Taman Wisata Candi Borobudur buka setiap hari mulai pukul 06.30 hingga pukul 16.30. Lokasi kawasan objek wisata ini berada di Jalan Badrawati, Kawasan Candi Borobudur, Kelurahan Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.

Dari Yogyakarta lokasinya berjarak 40 kilometer. Rute dari Jogja untuk transportasi umum bisa naik Trans Jogja ke Terminal Jombor. Lalu, naik bus jurusan Borobudur. Adapun jika berangkat dari Bandara Adisutjipto, di sana tersedia bus Damri langsung ke kawasan candi ini.

Sementara itu untuk kendaraan pribadi, dari Yogyakarta ke arah Magelang. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 40 kilometer, kamu akan sampai di Tugu Bambu Runcing Muntilan. Lanjutkan hingga pertigaan Palbapang dan belok kiri menuju Borobudur. Lihat Peta