Beranda
Air Terjun
Destinasi Wisata
Jawa Timur
Kota Batu
Malang Raya
Coban Rais Batu - Daya Tarik, Fasilitas, dan Harga Tiket Masuk

Coban Rais. Karena berada di pegunungan, Kota Batu dianugerahi keindahan alam luar biasa. Seakan tidak ada habisnya, berbekal sudut-sudut alam yang molek, Batu memoles habis daerahnya dengan variasi wisata untuk memanjakan pengunjungnya.

Adalah Coban Rais, salah satu air terjun di Kota Batu yang pada gilirannya di permak habis. Ditambahkanlah beberapa obyek wisata pendukung di sekitarnya. Penasaran? kunjungi ke Kota Wisata Batu, Jawa Timur setelah tuntas membaca artikel ini.

Coban Rais bisa Anda kunjungi di Dusun Dredel, Oro-oro Ombo, Kota Batu, Jawa Timur. Air terjun ini sempat terkenal dengan nama Coban Sabrangan karena untuk mencapainya kita harus menyeberangi aliran sungai, selain juga harus mengitari sebuah bukit.

Daya Tarik Wisata Coban Rais Batu

Coban Rais adalah sudut yang melengkapi keindahan Gunung Panderman, bagian dari Pegunungan Putri yang memisahkan kawasan Malang Raya dengan Kabupaten Blitar. Lokasinya yang tersembunyi di perbukitan, memungkinkan nuansa kesejukan kian terasa.

Melalui tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat, Air di Coban Rais jatuh dari ketinggian 75 meter. Mencoba memamerkan warna putihnya memberi ketegasan pembatas rimbun kehijauan, sementara karakter tebing sesekali muncul melengkapi molek alamnya.

Air terjun ini sangat cocok bagi traveler petualang alam. Mengitari perbukitan dan memasuki hening, merasakan alunan musik alam, gemeretak ranting-ranting, gemericik aliran air yang semakin harmoni ketika burung-burung mampir bersenandung.

Dan, itu hanya tentang air terjunnya. Sejak tahun 2016 beragam wisata bertema alam telah menghiasi sejak di pintu masuk. Dibangunlah Batu Flower Garden di Bukit Bulu di kawasan Coban Rais. Tidak ketinggalan Machete Cafe yang ideal untuk nongkrong.

Lokasi & Rute Air Terjun Coban Rais

Untuk sampai di pintu masuk wisata air terjun Coban Rais butuh sekitar 30 menit dari Kota Batu. Dari pusat kota, lanjutkan perjalanan ke arah Studio Batu TV. Melewati persimpangan Pasar Batu, melewati Jawa Timur Park II dan BNS hingga di pertigaan Tugu Oro-Oro Dowo.

Masuklah mengikuti petunjuk jalan yang ada. Setidaknya 1 km untuk tiba di Stasiun Batu TV yang berarti sudah dekat dengan pintu gerbang Coban Rais, hanya 200 meter. Dari pintu masuk, Bukit Bulu masih 1 km lagi. Bisa berjalan kaki selama 30 menit atau menggunakan jasa ojek Rp 10.000.

Ada semacam persimpangan di bukit itu, satu jalur menuju ke Coban Rais dan satunya lagi ke Batu Flower Garden. Bagi yang ingin langsung ke air terjun, persiapkan energi lebih dan pastikan kondisi tubuh dalam keadaan prima. Dari sini perjalanan membutuhkan waktu sekira 1 jam.

Bersiaplah bersahabat dengan medan yang lumayan ekstrim naik dan turun. Menyusuri dan menyeberangi sungai, hingga memanjat bebatuan. Semangat berpetualang sangat diperlukan karena untuk mencapainya hanya dibekali beberapa papan penunjuk jalan sekadarnya.

Memasuki hutan, melalui jalan setapak, mengitari bukit dan yang terpenting yakinkan diri untuk sanggup melaluinya. Jangan lupa, selain energi, persiapkan juga perbekalan makanan dan minuman yang mencukupi. Untuk mempermudah, gunakan peta lokasinya, DI SINI.

{next}

Fasilitas Wisata dan Opsi Akomodasi

Seiring berkembangnya potensi air terjun Coban Rais, beragam fasilitas penunjang telah tersedia dan semakin lengkap. Peningkatan fasilitas termasuk akses jalan yang kini telah dipaving dan ada jasa ojek bagi yang tidak ingin bersusah payah menuju lokasi wisata.

Tentu, perbaikan jalan dan jasa ojek tidak sampai ke air terjun karena cukup jauh dari pintu masuk. Jadi bagi petualang, masih mungkin menikmati wisata dengan cara mereka. Fasilitas yang ada termasuk lahan perkemahan, Airsoft Gun, Paintball War Game, Off Road, Outbond dll.

Di sini tersedia banyak warung penjual makanan dan minuman, kamar mandi dan toilet, lahan parkir yang luas, tempat ibadah berupa mushola di sekitar area Bukit Bulu. Selain itu, ada Machete Cafe yang unik dan menarik yang lokasinya dikelilingi oleh hutan pinus.

Di kafe tersebut juga ada Free Wi-Fi dan taman bunga serta beberapa hammock. Bagi yang ingin menginap, banyak penginapan atau home stay di desa sekitar. Atau, pertimbangkan rekomendasi homestay, guest house, villa, dan hotel di Kota Wisata Batu berikut ini:

Harga Tiket Masuk Coban Rais & BFG

Seiring dengan peningkatan fasilitas di Coban Rais, pihak pengelola menaikan harga tiket masuk menjadi Rp 10.000. Tiket masuk tersebut hanya untuk wisata Coban Rais dan belum termasuk tiket ke Batu Flower Garden (BFG) dan biaya lain. Berikut daftar lengkapnya :

KeteranganHarga
Tiket MasukRp 10.000
ParkirSepeda MotorRp 2.500
 MobilRp 10.000
Jasa OjekRp 10.000
Tiket BFG : 2 spot gratis, Love & Ayunan (3x, 1 File)Rp 25.000
Spot LainHammock GardenRp 15.000
 Hammock TowerRp 20.000
 Flying HammockRp 20.000
 Gowes AirRp 20.000
 Spider HammockRp 20.000
 GantoleRp 50.000
Setiap Tambahan 1 File FotoRp 5.000
Membawa Kamera DSLRRp 15.000
Membawa Action CameraRp 10.000
Membawa Drone CameraRp 75.000
Note: harga tiket masuk Coban Rais yang tersebut dalam daftar di atas tidak selalu akurat karena berubah sewaktu-waktu.
{next}

Aktivitas di Air Terjun Coban Rais

Tidak ada yang lebih berarti bagi seorang petualang alam selain menikmati setiap penjelajahan. Coban Rais sangat memungkinkan hal itu. Jika Anda murni ingin menikmati pesona air terjun ini, setidaknya butuhkan sekira 1 jam trekking untuk tiba di lokasi.

Ikhlaslah pada perjalanan menyusuri jalanan setapak. Semangati diri dengan keindahan alam perbukitan, sementara kaki terus bergerak melintasi sungai-sungai, mengitari bukit. Cobalah berbaik sangka pada perjalanan yang sedikit membutuhkan perjuangan.

Ketika sampai di air terjun, jujurlah bahwa Anda kagum dengan apa yang tersaji. Sembari beristirahat setelah perjalanan yang melelahkan, perlahan biarkan diri memasuki ketenangan. Sepenuhnya, nikmati saja udara yang semakin lama semakin dingin itu.

Sesekali beranikan diri menyentuhkan kaki atau tangan di aliran Coban Rais. Andalah yang paling tahu cara mengungkapkan ketakjuban dan bersyukurlah telah mendapat kesempatan menikmati pesonanya. Cobalah bertahan lebih lama dengan penuh rasa manja.

Semua selalu bergantung dengan tujuan wisata Anda. Boleh juga sebelum ke air terjun, membayar sedikit lebih untuk menikmati apa yang tersaji di Bukit Bulu dan Batu Flower Garden (BFG). Tidak bisa kita pungkiri, obyek wisata ini turut andil mempopulerkan Coban Rais.

Aktivitas di Batu Flower Garden

Batu Flower Garden adalah tempat setiap pengunjung umumnya berbahagia melalui beragam spot foto berlatar indahnya perbukitan. Spot-spot selfie populer termasuk panggung I Love U, Ayunan, Bukit Flower, Hammock, Gardu Pandang, Sepeda Gantung dan banyak lagi.

Bagi yang suka berkemah, bisa juga mendirikan tenda untuk menikmati semalam dua malam berada dalam selimut dingin pengunungan. Selain itu, di sini juga  tersedia beragam wahana seperti Airsoft Gun, Paintball War Game, Off Road, Outbond dan lain sebagainya.

Jangan lupa mampir dan menikmati menu yang tersaji di Machete Cafe. Ada yang bilang kalau Machete akronim dari "Mangan, Nyemil dan Nyethe". Jika semangat wisata masih berlebih, bisa juga berkunjung ke Coban Putri yang terletak 1 km dari pintu masuk Coban Rais.

Menariknya, untuk menuju ke air terjun Coban Putri yang berketinggian 20 meter ini bisa menggunakan sepeda motor hingga di depan air terjunnya. Air terjun ini berlokasi di lembah yang sering terlihat menjadi latar belakang Wisata Batu Flower Garden.

Dengan beragam opsi wisata di Coban Rais, banyak orang yang mengunjunginya. Mereka menikmati dan mengabadikan keberadaan dengan latar indahnya perbukitan. Seperti halnya di Coban Rondo, hadirnya obyek wisata berkonsep alam di Coban Rais memberi warna baru.

Suasana di sekitar wana wisata ini menjadi lebih semarak dengan hiruk pikuk wisatawan yang ingin ber-selfie ria. Harapan penulis sebagai anak daerah, semoga Anda termasuk di antara mereka yang tidak melupakan keindahan air terjunnya. Selamat Berwisata!